Tokyo merupakan salah satu tujuan wisata turis mancanegara tidak terkecuali Indonesia. Namun, bagi para pelancong muslim, mungkin akan was-was mengenai masalah makanan. Budaya kuliner Jepang umumnya mengandung campuran babi atau sake. Karena itu bermunculanlah agen pariwisata halal di Jepang untuk mengambil celah pasar.

Selain itu, makan di restoran biasa di Tokyo juga cukup mahal. Jika dirupiahkan, sekali makan bisa habis Rp. 70.000 - Rp. 120.000 (sekitar 600-1000 yen). Maklum, Tokyo memang merupakan kota termahal ke empat di dunia. Ditambah lagi, jika anda ingin makan di restoran halal, harganya bisa berlipat-lipat! Sekali makan bisa habis 2000 yen!

Namun tenang, pengalaman saya selama beberapa bulan hidup di Tokyo membuktikan bahwa terdapat beberapa restoran-restoran halal yang best value for money. Restoran-restoran ini adalah restoran halal dengan fitur nambah yang gratis alias all you can eat. Dalam bahasa Jepang dinamakan Tabe Hodai. Salah satu tips jika ingin pergi makan di restoran, pergilah saat siang hari, harga pada siang hari lebih murah dari malam hari. Menikmati kuliner di restoran ini dijamin puas tanpa mencekik dompet! Berikut restoran-restoran tersebut.

1. Potohar

livedoor.blogimg.jp

livedoor.blogimg.jp via http://livedoor.blogimg.jp

Potohar adalah restoran India yang menyajikan kari India, roti nan, minuman lasi segar, serta tentu saja nasi. Restoran ini menurut saya adalah restoran terbaik dari segi value for money. Rasanya juga boleh diadu dengan restoran India lain. Jika anda memesan menu all you can eat pada siang hari, makan anda dikenakan biaya 1000 yen.

Di awal anda akan diberi menu set awal nasi, nan, kari, salad, dan lasi. Setelah itu jika anda ingin menambah apapun, kecuali salad, anda tinggal bilang dan pelayan akan langsung menyediakan untuk anda. Pilihan kari yang ada adalah kari ayam, kari kacang, dan kari sayuran.

Advertisement

Potohar ini terletak di daerah Kichijoji. Kichijoji ini dinobatkan sebaga tempat tinggal paling nyaman di Tokyo. Jika anda mampir ke sana, berkelilinglah ke pertokoan besar di sekitar stasiun. Tidak jauh dari stasiun juga ada taman besar dan indah bernama Inokashira Park. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa naik kereta dan turun di stasiun Kichijoji yang berada di JR Chuo Line, Potohar terletak tidak jauh dari stasiun.

Nama : Potohar

Lokasi : Kichijoji [ https://goo.gl/maps/XDsTzYcpk612 ]

Advertisement

Stasiun Terdekat : Kichijoji Station (Chuo Line)

Menu : Indian Kare

Harga : 1000 yen

2. The Oven : American Buffet

irs2.4sqi

irs2.4sqi via https://irs2.4sqi.net

The Oven adalah restoran American Buffet yang terletak di daerah wisata terkenal Odaiba. Restoran ini terletak di dalam mall Aqua City. Restoran ini menyediakan menu-menu barat dan Jepang, tentu saja halal. Pilihan menu lengkap dari mulai appetizer seperti salad, main course berisi berbagai masakan seperti ayam, ikan, mie, roti, hingga desert seperti puding, coklat, es krim, dan masih banyak lagi. Pilihan menunya sangat banyak!

Model restoran ini adalah self service/buffet dimana anda mengambil sendiri makanan yang anda inginkan. Jika anda ke sana pada siang hari, anda akan dikenai biaya 2000 yen.

The Oven terletak di daerah Odaiba. Di sekitar restoran tersebut terdapat banyak tempat wisata lain. Ada replika patung Liberty di pantai, Museum Toyota Mega Web yang berisi pameran teknologi Toyota, serta patung life size Gundam yang sangat besar. Jika anda ingin pergi ke restoran ini, anda bisa naik kereta dan turun di stasiun Tokyo Teleport atau stasiun Daiba

Nama : The Oven – American Buffet

Lokasi : Odaiba [ https://goo.gl/maps/2PMhHUhaFyQ2 ]

Stasiun Terdekat : Tokyo Teleport dan Daiba

Menu : Western and Asian Cuisine

Harga : 2000 yen

3. Kuronjyou/Kowloon Jyou

Kuronjyou adalah chinese restaurant halal di Tokyo. Nama Chinese-nya Kowloon Jyou namun disebut Kuronjyou di Tokyo karena sulit menyebut huruf ‘L’. Restoran ini menawarkan 3 jenis all you can eat yang bisa anda nikmati.

Yang pertama adalah chinese food. Terdapat berbagai menu masakan cina seperti dumplin, dim sum, ramen, nasi goreng, berbagai daging dan sayuran, kue manis, puding tahu, dan masih banyak lagi. Menu ini hanya disediakan saat siang hari. Jika anda memesan menu ini anda akan dikenai biaya 1200 yen.

Yang kedua adalah yakiniku. Yakiniku adalah daging barbeque Jepang. Cukup sulit untuk menemukan yakiniku halal di Tokyo, apalagi yang all you can eat. Anda akan diberikan set daging yakiniku di awal. Anda dapat membakarnya di meja, jika habis pelayan akan menyediakan lagi. Menu ini dihargai 2200 yen.

Yang ketiga adalah shabu-shabu. Shabu-shabu adalah makanan Jepang yang berisi sayur-sayuran dan daging tipis yang dimasak dalam pot. Di menu ini anda bebas menambah daging semampu anda, tentu saja halal. Menu ini dihargai 2200 yen juga.

Jika anda ingin mencoba semua menu, ada pilihan untuk itu dimana anda bisa meminta yakiniku/shabu-shabu dan chinese food. Namun, pilihan ini tidak saya rekomendasikan karena harganya cukup mahal dan anda tidak akan kuat makan semua menu! Lebih baik pesan menu set biasa tanpa all you can eat.

Restoran ini terletak di daerah Kameido. Stasiun terdekat adalah stasiun Kameido yang terletak di JR Sobu Line.

Nama : Kuronjyou

Lokasi : Kameido [ https://goo.gl/maps/uRWstL13RS32 ]

Stasiun Terdekat : Kameido Stastion (JR Sobu Line)

Menu : Chinese Food, Yakiniku, Shabu-shabu

Harga : 1200 – 2200 yen

4. 2×2=8

2×2=8 adalah nama unik sebuah restoran halal India di daerah Shimokitazawa. Konon filosofi nama tersebut adalah jika anda mengira 2×2=8 adalah benar berarti anda sedang lapar. Restoran ini menyediakan menu all you can eat dengan model self service/buffet. Menu yang disediakan adalah kari ayam, kari kambing, kari sayuran, roti nan, roti nan keju, nasi, salad, dan ayam tandoori. Menu ini dihargai 1000 yen saja, namun anda harus membeli minuman per orang dengan harga antara 200-400 yen.

Perbedaan 2×2=8 dengan Potohar adalah model restoran dimana 2×2=8 adalah buffet sedangkan Potohar makanan disediakan pelayan. Selain itu menu di 2×2=8 lebih lengkap daripada di Potohar karena ada kari kambing, ayam tandoori, dan nan keju. Namun, minuman di 2×2=8 tidak termasuk all you can eat sehingga harganya sedikit lebih mahal, sedangkan di Potohar minuman termasuk menu all you can eat.

Restoran ini terletak di daerah Shimokitazawa dengan stasiun terdekat adalah stasiun Shimokitazawa.

Nama : 2×2=8

Lokasi : Shimokitazawa [ https://goo.gl/maps/jXvQLRMsbyH2 ]

Stasiun Terdekat : Shimokitazawa

Menu : India kari

Harga : 1200 yen

5. Sweer Paradise

anibee

anibee via http://anibee.tv

Sweet Paradise adalah restaurant yang menawarkan konsep buffet all you can eat. Menu yang ditawarkan terfokus pada makanan dessert manis berbagai macam. Mereka memiliki cake, pastry, pancake, chocolate, pies, puding, custard, dan es krim. Topping yang disediakan juga sangat banyak seperti blueberry, cinnamon, gula, madu, coklat, dll.

Selain itu, mereka juga menyediakan makanan berat yang tidak manis alias asin seperti pasta, kari, nasi, dll. Biaya yang dibutuhkan adalah 1.500 yen dengan waktu makan 90 menit. Oh ya, jika restaurant lain di list ini melabeli diri sebagai restaurant halal, Sweet Paradise adalah satu-satunya yang tidak melabeli diri halal.

Bagi kalian yang ingin ke sana bisa memilih makanan yang komposisinya halal, atau jika ingin lebih pasti silakan minta list daftar alergi makanan kepada staff disana, setelah itu anda bisa memilih yang tidak mengandung alkohol atau daging. Saya pribadi belum pernah mengunjungi restaurant ini. Untuk lokasi, Sweet Paradise terletak di banyak lokasi di Tokyo.

Nama : Sweet Paradise

Lokasi: Atsugi, Funabashi, Harajuku, Kamioka, Kashiwa, Kawasaki, Kichijoji, Kinshicho, Machida,Minatomirai, Shibuya, Shinjuku, Tachikawa, Ueno, Yokohama,

Menu : Dessert

Harga : 1500 yen

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya