5 Situs CV Maker Online Gratis untuk Gen Z dan Milennial

Melampirkan dokumen CV saat melamar adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Rupanya masih banyak Gen Z dan Milennial yang kebingungan bagaimana cara menyusunnya dengan baik dan benar.  

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir sebab banyak situs atau platform yang dapat membantumu membuat CV profesional secara gratis kok!

Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang mereka tawarkan agar kamu dapat memaksimalkan isi CV yang akan kamu gunakan untuk melamar nantinya. Nah, kira-kira apa saja sih situs tersebut?

Berikut adalah ulasan mengenai 5 situs CV maker online gratis yang bisa kamu coba!

Advertisement

1. Canva – CV Kreatif

Terkenal sebagai situs desain gratis, Canva juga menyediakan banyak template untuk membuat CV kreatif. Setiap template menyuguhkan desain menarik yang berbeda-beda. Untuk membuatnya, kamu cukup memilih template yang ingin kamu gunakan dan langsung edit di halaman CV.

Perlu kamu ingat, CV yang kamu buat melalui Canva adalah CV kreatif (sulit untuk di-track menggunakan software ATS) . Biasanya tipe dokumennya sendiri adalah pdf. Untuk kamu yang memiliki niat bekerja di bidang kreatif atau media, buat CV di Canva cukup recommended.

Advertisement

2. Kinobi – CV ATS-Friendly

ATS atau Applicant Tracking System adalah sistem yang perekrut gunakan untuk menyaring CV pada proses seleksi kandidat. Berbeda dengan Canva, Kinobi menyediakan fitur CV Maker gratis khusus CV ATS. Tentunya, CV ATS jauh lebih menguntungkan karena dapat dengan mudah di-track dan mempermudah perekrut.

Pada situs ini, terdapat banyak template CV ATS sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali membuat CV, Kinobi memberikan banyak contoh yang bisa menjadi referensi pembuatan CV kamu.

Uniknya lagi, Kinobi menyediakan fitur Tips yang memberikanmu saran bagaimana cara membuat kalimat yang baik di dalam CV serta fitur Score My Resume yang dapat menilai seberapa bagusnya isi CV kamu agar bisa lolos tahap seleksi awal. Mengingat Kinobi berfokus pada CV ATS, tidak ada template CV Kreatif di situs ini.

Advertisement

3. Novoresume – CV Bahasa Inggris

Novoresume

Novoresume via https://novoresume.com

Situs Novoresume menyediakan banyak template CV gratis dengan pilihan warna dan latar belakang. Template yang tersedia biasanya berisi bahasa Inggris. Jadi, kalau kamu cari referensi CV berbahasa Inggris, kamu bisa lihat-lihat template-nya. Untuk mengaksesnya kamu harus memiliki akun terlebih dahulu.

Novoresume tidak menyediakan banyak editing tools seperti Canva, namun layout CV akan menyesuaikan dengan kondisi kamu. Misalnya kamu belum memiliki pengalaman, maka isi CV akan lebih terfokus pada pendidikan atau pencapaianmu. Begitupun ketika kamu seorang profesional maka isi CV akan berfokus pada pengalaman kerja kamu.

4. Zety – CV Profesional

Situs CV Maker selanjutnya adalah Zety. Zety menyediakan kurnag lebih 20 template CV profesional yang terkesan modern, kreatif, dan elegan. Template-nya sendiri biasanya merupakan kombinasi warna hitam dan putih. Namun, kamu bisa memilih warna lain sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Sebelum kamu membuat CV, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa bidang kerja yang akatemplaten kamu lamar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memilih CV yang sesuai dengan yang kamu butuhkan melalui Zety. Kamu juga bisa melihat saran pembuatan CV  di Zety melalui menu Resume Example.

5. CakeResume – CV Profesional

Terakhir, CakeResume adalah CV Maker gratis yang menyediakan banyak template dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Lebih dari 50 template CV bisa kamu gunakan atau jadikan referensi. Bahkan, kamu bisa membuat CV dengan mudah melalui handphone, lo. Banyak sekali template yang bisa kamu pakai, mulai dari CV kreatif hingga CV modern.

Hasil pembuatan CV biasanya berbentuk pdf. Kamu juga bisa membagikan tautan CV secara online di CakeResume. Sebab itu, kamu dapat melampirkan video, link, atau gambar yang kamu ingin cantumkan ke dalam CV.

6. Kesimpulan

Gen Z and Millennial created by pikisuperstar

Gen Z and Millennial created by pikisuperstar via https://img.freepik.com

Nah, itu dia SoHip 5 situs buat CV gratis yang kekinian dan cocok untuk Gen Z maupun Millennial. Dengan menggunakan situs tersebut, pastinya membuat CV akan jauh lebih mudah karena kamu bisa menjadikan templatenya sebagai referensi atau patokan membuat CV. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Senang bermain dan merajut satuan bahasa terkecil yang bermakna.

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE