5 Strategi Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Covid-19. Coba Lebih Fokus dan Kreatif Yuk!

Strategi bertahan hidup saat corona

Hampir semua sisi kehidupan terimbas akibat pandemi yang melanda dunia saat ini. Oleh karena itu sangat dibutuhkan strategi bertahan hidup di tengah pandemi Covid 19. Meskipun sudah ditemukan vaksin untuk covid 19 namun kondisi ekonomi seluruh dunia masih belum kembali berjalan normal seperti sedia kala. Roda kehidupan dan perekonomian sudah dibuka kembali dan berjalan dengan adanya peradaban baru atau new normal.

Akibat pandemi Covid 19, banyak pihak yang mengalami gangguan ekonomi. Pendapatan mereka berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Untuk mensiasati bertahan hidup ditengah terpaan ekonomi yang terimbas dibutuhkan strategi masing masing sesuai dengan talenta dan kemampuan. Ada berbagai strategi yang saat ini dilakukan oleh pihak pihak yang ekonominya terimbas. Yuk, simak!

Advertisement

1. Mengurangi pembelanjaan sesuai dengan kebutuhan

Beli sesuatu sesuai kebutuhan. Photo by Erik Scheel from Pexels

Beli sesuatu sesuai kebutuhan. Photo by Erik Scheel from Pexels via https://www.pexels.com

Pergunakanlah uang yang ada hanya sesuai dengan kebutuhan yang mendasar yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila selama ini sebelum adanya pandemi kita bisa belanja untuk mengikuti bahkan menuruti gaya hidup semata, selama pandemi ini berusalahah untuk membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan.

Karena sesuatu yang kita butuhkan sudah pasti kita perlukan, tetapi sesuatu yang kita inginkan belum tentu kita butuhkan apalagi dalam konteks situasi pandemi.

Advertisement

2. Membelanjakan uang yang ada hanya untuk kebutuhan primer

Foto oleh Cats Coming dari Pexels

Foto oleh Cats Coming dari Pexels via https://www.pexels.com

Uang yang kita miliki kita belanjakan hanya untuk kebutuhan primer itupun hanya pangan, sementara untuk kebutuhan sandang dan papan apalagi kebutuhan sekunder dan persier ditunda dulu sampai kondisi keuangan pulih dan membaik kembali. Untuk membeli kebutuhan yang lain selain pangan usakan kebutuhan yang menjadi prioritas yang harus kita beli yang tidak bisa ditunda demi keberlangsungan hidup. Juga biaya biaya yang tak terduga yang harus kita penuhi.

3. Mempergunakan uang tabungan apabila masih ada

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels via https://www.pexels.com

Untuk membantu keuangan dan bertahan hidup pergunakanlah sisa tabungan apabila masih ada. Dengan catatan jangan sekaligus dihabiskan tetapi sedikit demi sedikit. Uang tabungan yang kita miliki sebelum pandemi merupakan secercah harapan yang sangat membantu bagi orang yang penghasilan nya terdampak berkurang apalagi sampai berhenti. Pergunakanlah searif dan sebijak mungkin tabungan yang masih ada untuk tetap bisa bertahan sampai kondisi ekonomi berangsur pulih dan membaik.

4. Menciptakan sumber ekonomi dengan spontan

Advertisement
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels via https://www.pexels.com

Pada situasi sulit saat ini setiap orang dituntut oleh keadaan untuk menjadi orang yang kreatif dan bisa mencari peluang untuk bisa menghasilkan uang. Seperti menjadi petani dadakan, berjualan dadakan, membuat hasil karya yang bisa dijual secara cepat, yang bisa menjadi sumber ekonomi yang halal.

Kebanyakan orang memanfaatkan media sosial untuk berusaha memberitahukan dan memasarkan produk mereka baik ke khalayak umum maupun sesama teman. Dengan cara ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar membuat atau membangun untuk tempat penjualan.

5. Mencari dan mengikuti sumber bantuan ekonomi

Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels via https://www.pexels.com

Saat ini banyak program yang bisa kita ikuti sebagai tambahan sumber ekonomi baik dari pemerintah maupun swasta. Seperti ikut program pemerintah dengan Kartu Prakerja, bantuan untuk UMKM, bantuan sosial, berbagai program BLT (Bantuan Langsung Tunai), dll yang bisa kita ikuti asalkan memenuhi syarat yang diminta. Berusalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang ini baik dari media sosial, media elektronik, tempat kita bekerja, tempat tainggal, saudara atau siapapun juga yang bisa menjadi sumber yang akurat dan dapat dipercaya.

Demikian beberapa strategi bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19 yang bisa kita terapkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE