Perang sendiri melahirkan para tokoh ahli strategi atau para jendral tangguh. Perang tanpa strategi mungkin mustahil, karena perang terlahilah para jendral cerdas dan tangguh. Di bawah ini ada 5 strategi perang terbaik menurut saya yang pernah di praktekan didunia nyata.

1. Gerilya

JENDRAL SOEDIRMAN via http://google.com

Perang gerilya adalah perang sembunyi sembunyi dan menyerang musuh sewaktu lengah. Gerilya sendiri berasal dari bahasa Spanyol : Guerrilla yang secara harafiah baerarti perang kecil. Strategi ini juga yang diterapkan oleh bangsa Indonesia untuk melawan penjajahan, selain Indonesia konon kubu Vietnam juga menggunakan taktik gerilya untuk melawan AS yang dipelajari dari buku A.H. Nasution (pokok – pokok gerilya).

Beberapa tokoh ahli strategi perang gerilya:

1. Jendral Soedirman

Advertisement

2. Jendral A.H. Nasution

3. Vo Nguyen Giap

4. Che Guevara

5. Mao Zedong

6. Lawrence of Arabia

Itulah para tokoh master gerilya, ternyata bukan hanya Indonesia yang mempraktekan strategi gerilya saja banyak negara lain yang mempraktekan nya karena memang dahsyat ampuh strategi yang satu ini.

2. Blitzkrieg

BLITZKRIEG via https://www.google.com

Blitzkrieg adalah perang kilat yang dilakukan oleh Nazi jerman untuk menginvansi Polandia, yang terbukti sukses. kata Blitzkrieg sendiri berasal dari jerman yaitu blitz berarti kilat krieg berarti perang. tokoh pencetus strategi Blitzkrieg adalah Heinz Guderian salah satu Jendral andalah Hitler. Strategi ini juga di praktekan lagi oleh Taliban dalam perang Afghanistan, Perang Teluk pembebasan Kuwait, Enduring Freedom invansi AS ke Afghanistan, Iraqi Freedom operasi militer sekutu pimpinan AS.

Konsep strategi Blitzkrieg:

1. Angkatan udara menyerang garis depan dan samping, jalan utama, bandara, pusat komunikasi. secara bersamaan pasukan darat menyerang garis pertahanan musuh.

2. Memusatkan tank tank menghancurkan pertahanan musuh dan masuk ke wilayah musuh.

3. Infantri dan pasukan lain menyerang sisi musuh disebut (enemy flank), menguasai tempat strategi dan mengepung musuh.

4. Pasukan yang sudah dimekanisasi masuk ke daerah musuh dan melakukan pertahanan yang efektif.

5. Pasukan utama ikut bergabung dengan pasukan yang telah lebih dulu mengepung dan selanjutnya menyerang musuh.

Itulah konsep Blitzkrieg yang sangat mengagumkan.

3. Kamikaze

Kamikaze adalah strategi perang yang didefinisikan menggunakan pesawat atau kapal untuk di tabrakan kepihak lawan. Pencetus strategi ini adalah Laksamana Takijiro Ohnishi, komandan armada udara I di Filipina. Tradisi BUSHIDO yang sudah mendarah daging oleh bangsa Jepang, mereka rela berkorban demi kaisar atau negaranya bahkan tradisi ini sudah dilakukan dari zaman samurai.

Ane sendiri pernah diceritain guru sejarah waktu SMP kelas 3 entah bener atau tidak kurang lebih guru ane bilang kaya gini .> alasan Jepang menang karena kaisar jepang berpidato yang isinya "Wahai rakyatku negara kita memiliki warga yang terlalu banyak sedangkan wilayah kita terlalu kecil, lebih baik kita berperang jika menang maka kita dapat wilayah baru dan jika kalah maka mengurangi rasio penduduk".

Itu yang diatas belum pasti benernya guys. Kalau dari kalian tau tentang fakta diatas silakan tinggalkan sumber di kolom komentar.

4. Setelah Sampai di Daerah Musuh, Bakar Kapal dan Persediaan Makan

Xiang yu adalah salah satu jendral tertangguh dalam sejarah china bahkan sering dibandingkan dengan Lü Bu.

Maksud dari strategi diatas adalah bertempur mati matian samapai titik darah penghabisan hampir mirip perang puputan, maka cara yang ditempuh xiang yu adalah membakar kapal dan bekal makanan yang mengancam kelangsungan hidup para tentara nya.Maka jika mereka ingin tetap hidup jalan satu – satunya adalah menang dalam perang karena saat mereka menang berarti dapat merampas kebutuhan yang mereka inginkan dari musuh yang kalah kata lain nya dapa makanan dari persediaan musuh.

Strategi ini bisa dibilang strategi menumbuhkan moral tentara karena tidak ada pilihan lain selain menang karena kapal yang digunakan untuk kembali sudah dibakar dan persediaan makanan pun ikut dibakar.

5. Strategi Kota Kosong

Strategi kota kosong populer lewat novel smkok yang dipraktekan oleh ahli strategi Zhuge Liang. Pada saat itu Zhuge liang menjaga kota Yang ping dengan sedikit pasukan, sedangkan jendral Wei Yan dan bawahanya diperintahkan menyerang pasukan Wei.

Pada saat yang bersamaan Sima yi yang memimpin pasukan Wei juga menyerang Yang ping dengan jalur lain.Zhuge tidak mungkin menarik pasukan Wei yan yang sudah berjalan jauh dan akhirnya zhuge memilih tetap tenang dan membuat strategi Kota kosong yang bisa dibilang nekat.

Cara pelaksananya:

1. Menyembunyikan semua tentara

2. Menurunkan bendera bendera

3. Membuka gerbang kota lebar lebar

Tetapi ada yang beranggapan strategi kota kosong adalah ciptaan Liu Bowen seorang Daois penasehat militer Zhu Yuanzhang (pendiri dyansti Ming).

catatan: strategi ini termasuk nekat