5 Suka Duka Masuk Jurusan Bahasa. Jurusan Sepi Peminat Tapi Menyenangkan

masuk jurusan bahasa

Teruntuk anak SMP yang sebentar lagi lulus pasti merasakan dilema. Aduh, mau ambil SMA atau SMK? Nanti jurusan apa? Hehehe, rasanya galau banget ya. Nah, kali ini aku mau kenalin kalian sama jurusan bahasa. Sejujurnya, nggak semua SMA ada jurusan ini, jadi bisa dibilang istimewa. Sama aja kaya jurusan lain yang punya kelebihan dan kekurangan. Ingat ya, nggak ada yang sempurna. Langsung saja kita kupas di sini.

Advertisement

1. Banyak belajar mata pelajaran bahasa asing

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

 Ini yang the best pokoknya. Kalau kalian masuk jurusan bahasa, aku pastikan ada mata pelajaran bahasa asing. Minimal satu atau dua, bahkan lebih. Keren banget bukan? Misalnya, jalan-jalan ke luar negeri udah nggak perlu khawatir lagi tentang komunikasinya. Setauku ada bahasa Jepang, Mandarin, Perancis dan masih banyak lagi. Bagus deh, dijamin enak kalau niat.

2. Sepi peminat dan sering diremehkan

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Jadi anak bahasa itu mentalnya harus kuat, mirip baja. Kenapa? Pahami kalimat ini sebelum kena mental breakdown. Udah sepi peminat ditambah sering diremehkan. Parahnya lagi, kadang nggak dianggap. Pemikiran orang-orang kadang kuno, dikiranya anak bahasa buangan dari jurusan lain. Faktanya, itu salah besar. Ada beberapa temanku yang memang nilai tinggi, ndaftar pakai jalur prestasi lalu sengaja milih jurusan ini. Cuma ya, dibikin enjoy aja. Jangan mikirin omongan orang.

Advertisement

3. Jumlah siswanya paling sedikit

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Di antara anak IPA dan IPS yang kelasnya ada tiga atau enam, jurusan ini cuma punya satu atau dua. Sedikit banget ya, pantes aja dikira buangan,walau kenyataanya bukan. Enaknya apa? Karena siswanya nggak banyak, jadi rasa solidaritasnya kuat (tergantung siswanya). Ya, saingannya sedikit, beda sama jurusan lain.

4. Jarang ketemu angka

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Biasanya, cuma ada matematika wajib sama pelajaran lintas jurusan yang mengitungnya sedikit. Daripada stres mikir matematika nanti tekanan batin lagi.  Di sini lebih banyak membaca, menulis, menganalisis, mengamati dan berbicara. Pada dasarnya mempelejari seluk beluk bahasa jadi banyak praktiknya, tapi mengasyikan kok.

5. Mempelajari ilmu Antropologi

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Di SMP pasti nggak ada pelajaran ini ya? Nah, ini salah satu keunggulannya. Di sana kita diajarin mempelajari manusia. Apa yang pelajari? Tentang peradabannya, kebiasaan sampai struktur sosial atau masyarakat. Kalau anak IPS punya Sosiologi maka di jurusan ini punya Antropologi. Menurutku, semua jurusan bagus.  Apa pun jurusanmu, semoga bisa membantumu mewujudkan mimpimu.Walaupun anak bahasa nggak bisa linjur (lintas jurusan), semoga kamu bahagia kalau masuk sana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE