Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang sebagian besar daerahnya adalah perairan. Negara yang mempunyai julukan Zamrud Khatulistiwa, yang sebagian daerah di Indonesia berwarna hijau seperti batu zamrud. Terdapat juga berjuta-juta keindahan yang berada di negeri ini. Keindahan yang sudah terjamah oleh manusia maupun yang masih tersembunyi. Keindahan-keindahan yang antara lain berupa lautan, pegunungan, hutan, dan lain-lain bak perhiasan yang menghiasi negeri ini.

Salah satunya di Kabupaten Pati, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, menyimpan sejuta keindahan yang masih tersembunyi. Kabupaten yang kaya akan budaya, adat istiadat, penduduknya yang ramah ini mempunyai beberapa wisata yang pastinya akan memanjakan mata para wisatawan. Berikut ini adalah beberapa wisata yang berada di Kabupaten Pati.

 

1. Air Terjun Sekar Gading; lokasi tepat untuk melepas penat dan kejenuhan kota

Air Terjun Sekar Gading

Air Terjun Sekar Gading via http://www.pictaram.com

Air terjun ini terdapat di Desa Plukaran di Kabupaten Pati. Sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Muria, sebagian besar masyarakat di desa tersebut berkebun. Letak air terjun ini tidak jauh dari pusat desa, tetapi untuk menuju ke air terjunnya kita harus berjalan kaki. Setelah berjalan kaki sampai ke air terjun, kalian akan disuguhi keindahan dari air terjun Sekar Gading ini. Kalian akan menjumpai dua air terjun yang saling berhadapan yang diapit oleh dua buah tebing.

2. Ingin berfoto di lokasi ciamik nan instagram-able? Datang saja ke Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo via http://www.lihat.co.id

Waduk Gunung Rowo adalah salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Waduk ini terletak di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong, terletak lembah di antara beberapa puncak bukit di lereng Gunung Muria. Di sebelah waduk juga ada sebuah bukit, di mana biasanya bukit ini dijadikan bumi perkemahan. Dari bukit itu juga kalian bisa melihat sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari, kalian juga bisa melihat hamparan Gunung Muria dan dari arah timur kalian juga bisa melihat luasnya Laut Jawa.

3. Atau, bisa juga abadikan momen liburanmu di Waduk Seloromo

Waduk Seloromo

Waduk Seloromo via https://lihat.co.id

Waduk Seloromo terdapat di Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Waduk ini pertama kali dibangun pada masa pemerintah kolonial Belanda. Waduk Seloromo juga berdekatan dengan Waduk Gunung Rowo yang tepatnya di sebelah timurnya. Waduk ini sebagian besar dimanfaatkan oleh para penduduk untuk mencari ikan, tapi saat ini waduk tersebut banyak dikunjungi oleh pasangan muda-mudi walaupun hanya untuk sekedar berfoto-foto ria. Tempat ini juga cocok untuk melihat sunrise dan sunset. Di sekitaran waduk pun banyak warung-warung atau kedai-kedai yang menjajakan ikan bakar hasil tangkapan dari nelayan setempat.

4. Segarnya air dan udara di Kedung Prau ~

Kedung Prau

Kedung Prau via http://www.lakako.com

Kedung Prau merupakan sebuah tempat di mana bentuk fisiknya seperti sebuah sungai yang terdapat batuan-batuan besar sehingga membentuk sebuah struktur yang indah. Di sana juga kalian akan menemui air terjun mini. Kedung Prau ini terletak di daerah Tambakromo, tepatnya di Dukuh Slening Desa Larangan. Tempat ini berada di Pegunungan Kendeng Pati. Di sana kalian akan melihat betapa rindangnya pepohonan yang masih terjaga kelestariannya.

5. Pulau Seprapat. Hmmm, kira-kira seperti apa ya penampakannya? Ini dia!

Pulau Seprapat

Pulau Seprapat via http://www.teluklove.com

Pulau seprapat adalah sebuah pulau yang ada di tepi barat Sungai Silugonggo yang terdapat di Kecamatan Juwana. Kata 'Seprapat" dalam bahasa Jawa adalah seperempat, karena diyakini bahwa ada seperempat harta karun dari Dampo Awang yang tertinggal di pulau ini. Pulau ini mempunyai keindahan alam yang tiada tara. Rimbunnya pohon-pohon yang mengitari pulau ini seakan-akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau ini.

Hal ini cocok untuk kalian yang ingin refreshing bersama pasangan kalian, melihat luasnya sungai Silugonggo ataupun hanya sekadar berfoto-foto ria. Pada sore hari, kalian juga bisa melihat sunset sang surya yang tenggelam di balik Gunung Muria. 

Indah-indah 'kan? Yuk, ke Pati!