5 Tablet Terbaik Rasa Laptop, Bikin Produktif Kuliah Online hingga Kerja

Tablet kecil dengan performa seperti Laptop

Jangan salah, tablet punya banyak fungsi selain untuk main game atau binge-watching drama Korea atau film, lho. Gawai pintar ini ternyata bisa banget kamu jadikan pengganti laptop untuk kerja maupun kuliah online selama di rumah aja! 

Tablet punya ukuran yang lebih kecil dari laptop dengan fitur yang lebih simpel. Selain itu fungsinya yang serupa dengan smartphone buat kamu jadi lebih punya banyak opsi aplikasi baik untuk kerja maupun kuliah. Beberapa tablet bahkan punya pen atau stylus yang bisa difungsikan untuk menulis dan menggambar di tablet. Menarik, kan? 
Nah, tertarik buat menggunakan tablet untuk kerja atau kuliah online? Ini daftar tablet terbaik rasa laptop yang bisa bikin kamu lebih produktif. Harganya mulai 2 jutaan hingga 7 jutaan, lho!

Advertisement

1. Huawei MediaPad T5, Mata Nyaman Kerja Berjam-Jam

Huawei MediaPad T5

Huawei MediaPad T5 via https://consumer.huawei.com

Huawei MediaPad T5 merupakan salah satu tablet terbaik rasa laptop dengan harga terjangkau. Harga Huawei MediaPad T5 ini sekitar 2,5 jutaan dan Huawei Indonesia telat memboying tablet satu ini sejak Desember 2019. Huawei MediaPad T5 ini berukuran 10.1 inci, beresolusi 1920 x 1200 pixels, dan memiliki layar bertipe IPS LCD. Performanya sendiri didukung oleh chipset HiSilicon Kirin 659, CPU Octa-Core, serta RAM 2GB/3GB dengan memori internal 16GB/32GB. 

Menariknya, Huawei MediaPad T5 ini dilengkapi dengan fitur Eye-Comfort Mode yang secara otomatis mengurangi cahaya blue screen. Mau kerja berjam-jam di depan tablet atau kuliah online non-stop, mata kamu nggak akan merasa lelah. Tak hanya itu Huawei MediaPad T5 dapat menyesuaikan keterangan cahaya layar sesuai kebutuhanmu. 

Advertisement

Nah, lalu bagaimana dengan spek kameranya? Huawei MediaPad T5 dibekali kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP yang sangat cukup untuk melakukan video call untuk meeting atau kuliah online. Kapasitas baterainya pun cukup besar yaitu 5100mAh. Cukup banget buat kamu yang hobi pindah-pindah tempat kerja atau belajar di rumah dan nggak ada colokan listrik.

2. Samsung Galaxy Tab A with S Pen, Produktivitas Meningkat Berkat S Pen

Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Samsung Galaxy Tab A with S Pen via http://samsung.com

Samsung Galaxy Tab A with S Pen adalah varian tablet murah dari Samsung. Tablet Samsung ini memiliki ukuran layar 8 inci beresolusi 1920 x 1200 pixels dengan teknologi IPS. Salah satu keunggulan utama tablet ini adalah hadirnya S Pen yang dapat digunakan untuk menulis catatan, menggambar, serta berbagai aktivitas lainnya yang mendukung pekerjaan maupun kuliah. Kehadiran S Pen ini membuat kamu merasa seperti menggoreskan pena layaknya menulis atau menggambar di atas kertas sungguhan. 

Advertisement

Tablet Samsung ini dibekali pula dengan hardware yang gahar yaitu chipset Exynos 7904 Octa-core dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB serta tambahan memori eksternal mencapai 512GB. Dengan prosesor tersebut, Samsung Galaxy A with S Pen mampu menjalankan berbagai aplikasi tanpa hambatan. 

Untuk kameranya sendiri Samsung Galaxy Tab A with S Pen ini memiliki kamera utama 8MP dengan LED Flash serta kamera depan 5MP untuk keperluan video call. Baterai tablet ini meski berkapasotas hanya 4200mAh, namun mendukung fitur fast charging sehingga kamu nggak perlu menunggu lama untuk pengisian daya. Harganya pun murah hanya 3 jutaan saja. 

3. Xiaomi Mi Pad 4 Plus, Tablet Tangguh dengan Kapasitas Baterai Besar

Xiaomi Mi Pad 4 Plus

Xiaomi Mi Pad 4 Plus via https://xiaomi-mi.com

Xiaomi Mi Pad 4 Plus masih menjadi tablet Xiaomi idola meski telah dirilis sejak 2018. Apalagi tablet Xiaomi ini punya prosesor yang tangguh serta kapasitas baterai yang besar banget. Xiaomi Mi Pad 4 Plus hadir dengan layar 10.1 inci beresolusi 1920 x 1200 pixels. Bodinya tipis dan ringan sehingga tampak stylish serta mudah dibawa kemana saja. Mau kerja di meja kerja atau di tempat tidur sekalipun sambil rebahan nggak jadi masalah!

Dari segi performa, Xiaomi sengaja mengatur prosesor di dalam Xiaomi Mi pad 4 Plus ini supaya bisa bekerja dengan stabil dan optimal. Tablet ini dibekali chipset Snapdragon 660 berbekal RAM 4GB LPDDR4X dengan memori internal 64GB/128GB. Jadi saat kamu video call, membaca materi online, dan menjalankan aplikasi lainnya, tablet ini tidak akan bekerja lambat. 

Menariknya, kapasitas baterai Xiaomi Mi Pad 4 PLus ini cangat besar yaitu 8260mAh sehingga seharian bekerja kamu nggak perlu kehabisan baterai. Sementara untuk segi kamera, Xiaomi Mi Pad 4 Plus ini dibekali kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP.

4. Apple iPad Generasi 7, Tablet Terbaik untuk Pekerja Kreatif

Apple iPad Generasi 7

Apple iPad Generasi 7 via http://ibox.com

Menyoal tablet terbaik, sudah bukan rahasia lagi kalau Apple iPad merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Desember 2019, Apple melansir iPad Generasi 7 dengan layar Retina Display seluas 10.2 inci, lebih besar sedikit dari pendahulunya. Desainnya pun tipis dan ringan. Selain itu iPad terbuat dari 100 persen alumunium daur ulang sehingga ramah lingkungan. Tema ini juga diusung untuk produk iPhone dan beberpa perangkat Apple lainnya.

Nah, Apple iPad Gen 7 ini dibekali chipset A10 Fusion Quad-Core untuk kinerja yang optimal. Berkat efisiensi chip A10 Fusion ini pula, Apple iPad Gen 7 hemat daya hingga bisa digunakan selama 10 jam. Untuk segi fotografi, Apple mengusung kamera utama 8MP dan kamera depan 1,2MP. Meskipun resolusi kameranya tidak sebesar tablet lainnya, namun Apple mampu menghasilkan gambar yang bagus. Terlebih kamera depannya merupakan kamera FaceTime HD bawaan sehingga video call dengan tablet Apple ini sudah pasti jernih. 

Tablet lansiran Apple satu ini pun mendukung penggunaan stylus Apple Pencil serta memiliki fitur Smart Connector untuk menghubungkan Smart Keyboard yang dapat dibeli terpisah. Untuk harganya memang tidak semurah tablet lainnya yaitu sekitar 6,5 jutaan.

5. Samsung Galaxy Tab S5e, Grafis dan Audio yang Apik untuk Work/Study From Home yang Lebih Seru

Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e via http://samsung.com

Satu lagi tablet terbaik rasa laptop dari Samsung yaitu Samsung Galaxy Tab S5e. Tablet ini merupakan seri tablet Samsung kelas atas yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman multimedia yang terbaik. Kamu dapat melihatnya sendiri dari spek layar Super AMOLED 10.5 inci beresolusi WQXGA (2560 x 1200 pixels) sehingga kualitas gambar pun sangat bagus. Tak hanya itu tablet  ini juga dilengkapi empat speaker di bagian atas dan bawah dengan dukungan teknologi Dolby Atmos yang menghasilkan suara 3D. Kebayang dong gimana serunya kuliah online atau dengerin presentasi meeting dengan layar dan suara yang bagus? Kamu pasti semakin termotivasi. 

Untuk segi prosesor, Samsung Galaxy Tab S5e ini ditenagai chipset Snapdragon 670 yang mampu membuat kinerja CPU mencapai 15 persen lebih tinggi, kinerja grafis 25 persen lebih baik, serta efisiensi daya 30 persen lebih irit. Kemampuan chipset ini berpadu dengan RAM berkapasitas 4GB/6GB untuk memori internal 64GB/128GB.

Kapasitas baterai Samsung Galaxy S5e ini pun jangan diragukan. Tablet ini berbekal baterai 7040mAh dengan teknologi fast charging dan POGO Charging. Nah, dengan chipset serat kapasitas baterai ini, tablet Samsung ini dikalim mampu bekerja selama 14,5 jam, lho. Lama banget, kan!

Gimana? Daripada monoton kerja atau kuliah cuma pakai laptop, ganti jadi tablet seru juga, lho. Apalagi harga tablet seperti harga Huawei MediaPad T5 cukup terjangkau, kan? 

Jadi kira-kira mana nih tablet yang menjadi incaranmu?

Artikel ditulis oleh

Indira Listiarini

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE