5 Tahapan Skincare untuk Remaja, Agar Selalu Glowing Bahkan Tanpa Make Up

Kira-kira, apa saja ya tahapan skincare untuk remaja?

Di tahun 2021 rupanya tren skin care semakin digilai oleh semua kalangan termasuk para remaja. Demam skin care ini juga membuat jenis produk yang tersedia di pasaran semakin banyak jumlahnya dan bikin kepala pusing harus beli yang mana saja. Berikut 5 tahapan skin care yang benar-benar diperlukan oleh remaja agar hemat uang jajan, yuk simak selengkapnya!

Advertisement

1. 1. Cleansing Oil

Photo by Sora Shimazaki on Pexels

Photo by Sora Shimazaki on Pexels via http://www.pexels.com

Cleansing oil adalah tahapan paling pertama yang wajib digunakan. Setelah beraktivitas seharian menggunakan make up kamu harus memastikan bahwa kulitmu benar-benar bersih dari sisa make up sebelum melanjutkan skin care routinemu. Dengan bantuan cleansing oil kamu dapat meluruhkan seluruh make up dan kotoran yang menempel di kulitmu.

Cleansing oil juga dapat kamu gunakan sehari-hari walau kamu tidak menggunakan make up sekalipun. Hal ini disebabkan karena kandungan sunscreen yang digunakan sehari-hari dapat berpotensi menyebabkan komedo jika tidak dibersihkan secara menyeluruh. Yuk mulai gunakan cleansing oil dalam skin care rutinmu.

Advertisement

2. 2. Facial Wash

Photo by Shiny Diamond on Pexels

Photo by Shiny Diamond on Pexels via https://www.pexels.com

Setelah mengangkat kotoran dengan cleansing oil kamu harus membilasnya menggunakan facial wash. Teknik ini dinamakan double cleanse, di mana kamu membersihkan wajah dalam 2 tahap, dengan minyak dan dengan air. Facial wash akan membersihkan sisa-sisa minyak dari cleansing oil yang kamu gunakan agar tidak meninggalkan residu.

Berbeda dengan cleansing oil, facial wash dapat kamu gunakan di pagi dan malam hari. Kamu bisa menggunakan facial wash dari brand apa pun asal kamu bisa memastikan facial wash tersebut memiliki kadar PH yang mirip dengan PH kulit agar kulitmu tidak terasa kering setelah mencuci muka.

3. 3. Moisturizer

Photo by Polina Kovaleva on Pexels

Photo by Polina Kovaleva on Pexels via https://www.pexels.com

Kulit remaja sebetulnya masih bekerja dengan sangat optimal untuk melakukan regenerasi sehingga kamu sebetulnya belum terlalu membutuhkan toner, serum, ampoule, dan lain sebagainya. Namun, kamu memerlukan pelembap atau moisturizer yang dapat membantu mengunci kelembapan di dalam kulitmu agar tidak menguap.

Moisturizer dapat membanth kulitmu untuk bekerja lebih optimal sehingga kulitmu dapat terlihat lebih sehat dan glowing. Pilihlah moisturizer yang cocok dengan kondisi kulitmu, jika kulit wajahmu berminyak pilihlah moisturizer yang water based dan jika kulitmu kering moisturizer oil based mungkin akan menjadi solusi yang tepat untukmu.

4. 4. Spot Treatment

Photo by Anna Nekashevich

Photo by Anna Nekashevich via https://www.pexels.com

Selain kisah kasih di sekolah ternyata jerawat juga menjadi satu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan remaja. Kondisi hormon yang masih belum stabil seringkali membuat kulit wajah remaja dipenuhi dengan jerawat.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat kamu bisa menambahkan spot treatment ke dalam skin care routinemu. Biasanya spot treatment hanya digunakan pada daerah kulit tertentu yang memang ditumbuhi jerawat. Spot treatment memiliki berbagai variasi mulai dari bentuk stiker, krim, cairan, dan masih banyak lagi. Pilihlah spot treatment yang paling sesuai dengan jenis jerawatmu ya. 

5. 5. Sunscreen

Photo by Linda Prebreza on Pexels

Photo by Linda Prebreza on Pexels via https://www.pexels.com

Sunscreen adalah tahapan skincare yang paling utama dan terutama. Sinar matahari dapat menimbulkan banyak permasalahan bagi kulitmu. Dari mulai hiperpigmentasi, kerutan halus, hingga meningkatkan potensi menderita kanker kulit! Tentunya kamu gak mau dong mengambil resiko yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari pada kulitmu? Maka dari itu kamu harus selalu menggunakan sunscreen di pagi hari sebelum beraktivitas.

Sunscreen akan melindungi kulitmu dari sinar matahari. Di pasaran biasanya ada 2 jenis sunscreen yang tersedia, physical dan chemical sunscreen. Fungsi keduanya sama yang membedakan hanya preferensi orang saat menggunakan sunscreen. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu ya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi Marketing Communication Binus University

CLOSE