Kisah Romantis Nggak Selalu Berbuah Manis, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Telah Mencintai Orang yang Salah!

Jangan salah menaruh hati

Jatuh cinta berjuta rasanya … katanya sih gitu. Setidaknya, penggalan dari lagu berjudul Jatuh Cinta oleh Titi Kamal itu telah dirasakan oleh banyak orang, nggak terkecuali kamu yang baca artikel ini. Tapi, apakah kamu sudah memastikan bahwa orang yang kamu cintai adalah orang yang tepat? Atau pernah terbayang nggak kalau kamu ternyata telah terlanjur menaruh hati pada orang yang salah? Setidaknya, ada lima tanda yang perlu kamu ketahui untuk memastikan apakah si dia yang kamu cintai adalah orang yang tepat atau nggak.

Advertisement

1. Kamu kehilangan diri sendiri

Photo by John Diez from Pexels

Photo by John Diez from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu mungkin biasanya adalah orang yang apa adanya, punya sikap jujur, dan sebagainya. Tapi sejak kenal dia, kamu perlahan mulai berubah. Bukannya ke arah yang positif, kamu malah berani membohongi orang lain bahkan dirimu sendiri.

Kamu menghalalkan segala cara agar kamu bisa berada di dekatnya, dan memilikinya. Kamu nggak bisa menjadi dirimu sendiri hanya untuk membuat dia terkesan. Atau mungkin sebaliknya, dia yang terlalu banyak menuntutmu untuk berubah sesuai dengan yang dia inginkan.

Advertisement

Jika kamu mengalami hal ini, bisa jadi kamu telah mencintai orang yang salah untukmu. Sementara, orang yang tepat tentu akan senang melihat dirimu apa adanya. Ia akan mampu untuk menerima dirimu dengan semua kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

2. Emosi terkuras

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Seluruh waktumu dihabiskan untuk memikirkan dia, kamu kelelahan dan kewalahan untuk mengontrol pikiranmu sendiri. Kamu kesulitan untuk memikirkan hal lain yang sebenarnya lebih penting.

Advertisement

Sudah selayaknya cinta membuatmu bergairah, bukan justru membuat lelah. Jika hanya rasa lelah yang kamu rasakan selama mencintai dia, kamu mungkin telah menaruh hati pada orang yang salah.

Tanda ini mengindikasikan bahwa kamu nggak bisa merasakan kebebasan secara emosional dengan si dia. Kamu bahkan nggak jarang merasa ragu dengan perasaanmu, dan mempertanyakan kenapa hubungan yang kamu jalani terasa begitu menguras tenaga.

3. Keseharianmu terganggu

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels via https://www.pexels.com

Saat pikiranmu terganggu, waktumu tersita karena terus memikirkannya dan emosimu telah terkuras habis, kamu pasti akan terganggu untuk menjalani aktivitas lain. Kamu sulit berkonsentrasi hingga pekerjaan atau kegiatanmu terbengkalai.

 

Kamu sudah meraskan kelelahan secara emosional dan itu menurunkan produktivitasmu. Padahal, cinta seharusnya membuatmu mampu untuk bertumbuh, bukan malah menjadi penghalang kemajuanmu.

4. Dia sudah punya pasangan, tapi masih suka menebar harapan

Foto oleh Alena Darmel dari Pexels

Foto oleh Alena Darmel dari Pexels via https://www.pexels.com

Tanda selanjutnya yang perlu kamu waspadai adalah perilakunya yang suka menebar harapan. Kamu mungkin tahu bahwa dia sudah ada yang punya. Kamu ingin menjauh, tapi di saat yang sama dia nggak mau melepaskanmu. Dia seolah membuka pintu lebar-lebar dan mempersilahkan kamu masuk. Dia memberikanmu ruang untuk berharap padanya.

Kalau kamu sudah menjumpai tanda ini, kamu berpotensi hanya akan dijadikan sebagai selingkuhan. Kalau pun pada akhirnya dia memilihmu, apa kamu yakin dia nggak akan melakukan hal yang sama pada orang lain ke depannya? Kalau nemu yang kaya gini, mending cari yang lain aja. Kamu berharga dan layak untuk mendapatkan yang lebih baik.

5. Dia hanya ingin menjalin hubungan tanpa status

Photo by Khoa Võ from Pexels

Photo by Khoa Võ from Pexels via https://www.pexels.com

Ada tanda lain bahwa kamu telah mencintai orang yang salah. Yaitu ketika si dia membiarkanmu dalam tanda tanya. Saat kamu bertanya mengenai kejelasan status kalian, dia enggan membicarakannya atau malah mengalihkan pembicaraan. Dia nggak ingin memilikimu, tapi di saat yang sama dia juga nggak membiarkan kamu pergi meninggalkan dia. Menyebalkan, bukan?

Dia yang benar-benar mencintaimu tentu tidak akan membuatmu menunggu terlalu lama dalam ketidakjelasan. Berbeda dengan dia yang hanya ingin bermain-main saja.

Sebetulnya, masih ada banyak sekali tanda bahwa kita menaruh hati pada orang yang salah. Tanda-tanda itu akan dibahas di lain kesempatan dalam artikel berbeda. Untuk sementara ini, ada baiknya kita berdoa agar dijauhkan dari orang yang salah dan dipertemukan dengan orang yang memang layak untuk kita cintai.

Kamu punya pengalaman apa nih tentang mencintai orang yang salah? Sharing, yuk!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsian. Suka berbagi informasi seputar kesehatan mental dan komunikasi interpersonal, serta hal-hal lain yang masih relevan. Lebih suka menuangkan isi kepala ke dalam tulisan karena lebih enak aja gitu.

CLOSE