Di saat kamu sedang menjalin suatu hubungan dengan pasangan, amat susah rasanya melihat apakah hubungan kamu dengan pasangan termasuk dalam hubungan yang harmonis atau tidak, karena kalian sudah menghabiskan banyak waktu bersama dalam menjalin hubungan tersebut. Sering juga kalian tidak peka terhadap tanda-tanda sepele yang bisa memicu perbedaan pendapat sampai pertengkaran dalam suatu hubungan.

Hubungan yang tidak harmonis akan memberikan efek negatif bagi kehidupan kamu, terutama dalam hal emosional dan mental. Kamu akan sulit berpikir jernih ketika berada dalam situasi hubungan yang seperti ini. Lalu hubungan yang tidak harmonis itu yang seperti apa, sih?

1. Kurang Punya Waktu Dengan Pasangan

ilustrasi saling sibuk

ilustrasi saling sibuk via http://ciricara.com

Tanda yang pertama ini adalah tanda yang paling sering membuat hubungan kalian bermasalah dan sulit untuk dipertahankan lagi. Semakin lama kita menjalin hubungan dengan seseorang, justru kita seolah mengacuhkan mereka karena urusan-urusan yang kita rasa lebih penting. Kita seolah menomorduakan orang yang kita cinta padahal dulunya begitu kita puja.

Padahal quality time dengan pasangan itu penting. Luangkan waktu untuk saling menghubungi memberi kabar di saat saling sibuk walaupun hanya beberapa menit sebagai ungkapan rasa saling peduli satu sama lain. Suatu hubungan percintaan adalah sesuatu yang hidup, perlu dipupuk agar selalu tumbuh subur. Kalau kalian sudah tidak bisa menyisihkan waktu satu sama lain, itu adalah salah satu tanda hubungan tidak harmonis.

2. Saling Memendam Perasaan di Saat Ada Masalah

ilustrasi saling memendam perasaan

ilustrasi saling memendam perasaan via https://www.kitamuda.id

Advertisement

Kamu dan pasangan sedang bertengkar. Tapi alih-alih berbicara secara terbuka tentang masalah yang sedang terjadi, kalian malah saling memendam perasaan dan menganggap bahwa semua itu baik-baik saja. Kemudian kalian berdua mulai berprasangka buruk satu sama lain.

Misalkan, kamu lagi ngambek gara-gara pasangan menjemput kamu tidak tepat waktu. Bukannya langsung bicarakan masalah ini, kamu malah berdiam diri dan ngambek gak jelas bahkan berpikiran untuk balas dendam di kemudian hari, untuk berbalik mengecewakan pasangan. Ini bukanlah cara yang benar dalam menjalani sebuah hubungan. Jika Kamu sering mengalami masalah seperti ini, itu merupakan tanda hubungan yang tidak harmonis.

3. Sulit Memaafkan Pasangan

ilustrasi sulit memaafkan

ilustrasi sulit memaafkan via https://artikelcerdas.com

Amat penting jika sadar bahwa kamu dan pasangan tidak ada yang sempurna. Kalian berdua akan selalu membuat sedikitnya kesalahan dalam hubungan yang sedang dijalani. Sehingga penting bagi Kamu untuk saling memaafkan dan membangun kembali kepercayaan pada pasangan.

Advertisement

Maksud memaafkan di sini bukan hanya pada masalah-masalah besar, tapi juga memaafkan kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi. Kalau kamu sudah sulit untuk memaafkan kesalahan sepele, walaupun pasangan sudah berkali-kali mencoba untuk minta maaf, ini tanda hubungan Kamu dengan pasangan tidak harmonis.

4. Tidak Jujur Satu Sama Lain

ilustrasi tidak jujur

ilustrasi tidak jujur via https://statik.tempo.co

Suatu hubungan yang harmonis itu dibangun dengan adanya rasa saling jujur satu sama lain. Jadi, saat pasangan kamu mulai belajar berbohong kepada kamu meskipun itu berbohong hal yang sepele, itu merupakan tanda bahwa hubungan kalian sedang tidak harmonis.

Karena jika seseorang mencoba untuk membuat satu kebohongan, dia akan melakukan kebohongan-kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya sudah dia lakukan. Kalau pasangan sudah berani bohong kepada Kamu, itu tanda kalau dia sudah tidak respect dan tidak cukup percaya sama Kamu.

5. Saling Menuduh Pasangan

ilustrasi saling menuduh

ilustrasi saling menuduh via http://wdy.h-cdn.co

Terjadi pertengkaran itu wajar dalam sebuah hubungan percintaan, tidak ada hubungan yang sama sekali tidak mengalami pertengkaran. Pertengkaran yang baik itu adalah pertengkaran yang bisa menemukan jalan tengah dan berbuah solusi diantara kedua belah pihak. Jadi, kamu dan pasangan saling mengeluarkan uneg-uneg yang terpendam kemudian berusaha mencari solusinya bersama.

Sedangkan pertengkaran yang buruk adalah di mana kalian berdua saling mencari kesalahan satu sama lain dan berujung dengan saling menuduh bahwa pasangan kalian lah yang melakukan kesalahan. Pertengkaran seperti ini hanya akan menghasilkan saling menyakiti hati satu sama lain tanpa adanya pemecahan masalah. Pertengkaran jenis kedua inilah yang jadi tanda hubungan Kamu dengan pasangan tidak harmonis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya