#BeraniWujudkanMimpi-5 Tempat Impian yang Ingin Dikunjungi di Kota Makkah dan Madinah, Nyaman nan Membuat Hati Damai.

Pernah terbayang ngga, kalau tempat yang pengen banget kamu kunjungi sampai kebawa mimpi~

Menjadi keinginan bagi semua umat Islam agar dapat berkunjung ke tempat yang memiliki arti yang penting dalam sejarah bagi agama islam. Mekkah dan Madinah, menjadi kota yang memiliki saksi peradaban terjadinya peristiwa penting yang penuh akan nilai Islami. Kota Mekkah merupakan kota dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan dan tempat tinggal para sahabatnya.

Tanah suci yang membuat umat islam selalu ingin mengunjunginya. Tercatat penting peristiwa yang terjadi di kota Mekkah dan bukti tempat dan bangunan yang membuat terkagum akan kedamaiannya bila berada di sana. Kota Madinah disebut sebagai kota suci kedua setelah Mekkah.

Sama seperti Mekkah, kota Madinah menyimpan peristiwa sejarah yang penting bagi umat Islam. Dua kota ini, menjadi tempat yang ingin aku kunjungi, merasakan atmosfer hati yang damai beribadah dan mengenang cerita sejarah yang pernah dipelajari waktu di bangku sekolah. Terbesit dalam hati, ingin bertandang ke tanah suci bersama keluarga. Memanjatkan doa yang tersimpan di hati dan memohon ampun pada-Nya. Mekkah dan Madinah, dua kota yang akan selalu ada di cerita tulisanku, keinginan, dan doaku. Berharap Allah SWT memberikan jalan dan mengizinkanku untuk berkunjung ke tanah suci dan beribadah pada-Nya di sana.

Advertisement

1. Kemegahan Masjidil Haram, tempat suci dan masjid terbesar di dunia

Majidil Haram photo by wehearit www.pinterest.com

Majidil Haram photo by wehearit www.pinterest.com via https://i.pinimg.com

Majidil Haram adalah tempat suci bagi umat Islam, karena di dalamnya terdapat ka’bah yang menjadi arah kiblat shalat bagi muslim di seluruh dunia. Menurut sejarah, sebelumnya arah kiblat berada di (Baitul Maqdis) Masjidil Al-Aqsha palestina. Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia dan menjadi tempat yang paling dituju umat Islam, saat melakukan ibadah haji ataupun umrah.

2. Jabal Nur dan Gua Hira: Tempat pertama kali Nabi Muhammad menerima wahyu

Jabal Nur photo by @rozzamli on instagram

Jabal Nur photo by @rozzamli on instagram via https://www.instagram.com

Dalam agama Islam wahyu pertama kali turun adalah surah Al-Alaq 1-5. Nabi Muhammad menerima wahyu dari malaikat Jibril, di Gua Hira Jabal Nur (Gunung bercahaya). Jabal Nur terletak di kota Mekkah, banyak dari umat Islam mendatangi Jabal Nur untuk melihat peninggalan sejarah religius saat menunaikan ibadah haji dan umrah.

Advertisement

3. Masjid Nabawi, masjid unik berkubah hijau

Masjid Nabawi photo on www.pinterest.com

Masjid Nabawi photo on www.pinterest.com via https://id.pinterest.com

Memiliki bagunan yang tak kalah megahnya dengan Masjidil Haram. Terletak di Kota Madinah, Masjid Nabawi menjadi salah satu tempat yang paling dituju oleh umat Islam. Dalam sejarahnya, masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad saat melakukan hijrah dari Mekkah menuju Madinah.

Dulunya, Masjid Nabawi adalah rumah dan juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Disekitar area Masjid Nabawi, terdapat payung hidrolik dan menambah kesan megah dari Masjid Nabawi.

4. Bangunan tinggi Zamzam Tower, jadi salah satu ikon kota Mekkah

ZamZam Tower photo by architecturaldigest on www.pinterest.com

ZamZam Tower photo by architecturaldigest on www.pinterest.com via https://id.pinterest.com

Menara jam mewah  atau Zamzam tower, terletak di komplek Albraj Al Bait. Bangunan dengan menara menjulang tinggi ini merupakan menara tertinggi ketiga di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai dan Shanghai Tower Cina.

Advertisement

5. Masjid Quba, sejarah dibangunnya masjid pertama kali

Masjid Quba photo by zaitoontravel on www.pinterest.com

Masjid Quba photo by zaitoontravel on www.pinterest.com via https://id.pinterest.com

Dalam sejarah Islam, masjid pertama kali dibangun adalah Masjid Quba. Pada saat itu Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah di kampung Quba. Sahabat Nabi mengusulkan untuk mendirikan tempat singgah untuk berteduh dan shalat. Masjid Quba, terletak di Kota Madinah memiliki kubah kecil yang mengitari sisi dari bangunan dan arsitektur yang indah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE