#DiIndonesiaAja-5 Tempat Wisata Terpencil di Kawasan Jakarta Utara, Masih Banyak yang Belum Tahu Nih!

JakUt terbaik!

Jakarta Utara adalah wilayah paling pinggir di ibukota. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Walaupun yang terkenal hanya Ancol dan Dufan, tapi kalian jangan salah. Di sini banyak tempat wisata yang belum sepenuhnya dijelajah oleh para traveller. Tempat wisata ini tak kalah eksotis dengan yang ada di luar ibukota. Nah, kalian sudah tahu belum di mana saja? Baiknya, langsung kita lihat yuk.

Advertisement

1. Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Jembatan Cinta (Limakaki.com)

Jembatan Cinta (Limakaki.com) via https://www.google.com

Pulau Tidung berada di Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Pulau Tidung bisa ditempuh melalui pelabuhan Marina Ancol dan bisa juga lewat Muara Angke Kali Adem.

Namun, yang membedakan pulau ini dengan pulau lainnya adalah terdapat dua pulau yang mempunyai jarak antara keduanya. Jadi, ada pulau Tidung besar dan pulau Tidung kecil yang dihubungkan oleh jembatan yang panjangnya sekitar 800 m.

Advertisement

Jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta. Air lautnya sangat jernih, jadi saat kita berjalan di jembatan Cinta, kita akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang sangat cantik, seperti terumbu karang, ikan-ikan, serta bulu babi. 

Selain itu jembatan Cinta menjadi sangat romantis untuk memandang sunset bersama pasangan. Pokoknya, kalian harus lihat sendiri sunset cantiknya.

2. Ekowisata Manggrove, PIK

Advertisement
Ekowisata Mangrove (Samudranesia.com)

Ekowisata Mangrove (Samudranesia.com) via https://www.google.com

Tempat wisata yang satu ini, masih banyak yang belum tahu. Jika kita menelusuri daerah Pantai Indah Kapuk, maka akan dijumpai ekowisata hutan mangrove yang sangat sejuk. Kawasan ini memiliki luas sekitar 100 hektar.

Taman ini baru dibuka sepuluh tahun yang lalu. Selain itu, di Ekowisata Mangrove juga ada tempat konservasi berbagai jenis burung. Nah, kalau kalian penat dengan udara panas ibukota, kalian bisa langsung ke sini dengan biaya tiket di bawah angka 50 ribu. Wah, sudah murah, tak jauh pula dari pusat kota.

3. Kampung Marunda

Rumah Si Pitung (Suara.com)

Rumah Si Pitung (Suara.com) via https://www.google.com

Kampung Marunda terdapat di Kecamatan Cilincing, daerah Jakarta Utara. Di kampung ini terdapat rumah bersejarah peninggalan pendekar zaman Belanda. Ya, siapa lagi kalau bukan Si Pitung.

Selain itu, di sini juga menyajikan kampung nelayan dengan aktivitas yang tak kalah seru, seperti memancing. Pengunjung dapat memancing dan menikmati aneka makanan lezat yang berasal dari tambak. Yuk, kita cobain ikannya!

4. Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa

Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa (Indonesiakaya.com)

Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa (Indonesiakaya.com) via https://www.google.com

Kawasan satu ini, merupakan tempat bersejarah bagi orang Jakarta. Bagaimana tidak, kawasan ini saksi bisu dari berdirinya kota Jakarta. Tempat singgah para saudagar mancanegara sejak zaman Belanda.

Di pelabuhan ini juga, terdapat berbagai macam kapal pinisi yang sudah berumur ratusan tahun. Jika kalian ke sini, cocoknya saat sore hari. Karena, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam di ujung pantai utara Jakarta.

5. Taman Kota Waduk Pluit

Taman Kota Waduk Pluit (JejakPiknik.com)

Taman Kota Waduk Pluit (JejakPiknik.com) via https://www.google.com

Berbeda dari sebelumnya, Taman Kota Waduk Pluit belakangan ini disulap oleh pemprov menjadi taman kota yang menyenangkan. Luas taman ini sekitar 10 hektar dan dilengkapi dengan fasilitas alat senam, lapangan basket, lintasan lari, teater, toilet, dan lapangan basket.

Nah, baiknya kalian jika ke sini bareng keluarga ya, sebab di taman ini sudah banyak tempat duduk dan arena bermain anak-anak. Tiap sore hari, tidak sedikit warga sekitar yang menghabiskan sore di taman ini. Wah, boleh nih dijelajah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku adalah aku yang ingin terus berkembang dan belajar banyak hal. Aku ingin mengenal dunia dengan terus bertumbuh.

CLOSE