Hai! Negeri yang dikenal sebagai negeri tirai bambu ini, memang enggak ada habisnya untuk dijelajahi. Enggak hanya Shanghai, Beijing, dan Guangzhou, Tiongkok memiliki beragam destinasi yang bisa kamu kunjungi. Nah, kalau kamu udah punya rencana buat pergi ke Tiongkok tapi bingung mau kemana, nih, satu kota rekomendasi yang bisa kamu masukin dalam bucketlist kamu. Tulis ya! Nama kotanya adalah Hangzhou.

Kamu tahu enggak, Hangzhou itu merupakan salah satu kota yang meraih Best Domestic Tourist Destination in China untuk yang keenam kalinya dari polling yang dibikin oleh Ctrips. Well, guys! Kalau kamu masih enggak percaya sama polling ini, kamu harus simak foto-foto di bawah ini yang ngebuktiin kalau Hangzhou is the best city to visit.

1. West Lake

West Lake. Photo Credit:CNTO via https://www.bernardthetraveller.com

Destinasi pertama adalah Danau XiHu atau biasa disebut sama West Lake. Danau ini umurnya udah beribu-ribu tahun, guys! Saking terkenalnya, danau ini sering diliput oleh berbagai saluran televisi. One of them, pasti kamu tahu deh, Legenda Siluman Ular Putih. Orang zaman dulu bahkan sering terinspirasi sama danau West Lake ini. Tahun 2011 Danau XiHu masuk dalam UNESCO World Heritage. Keren kan?

2. Longjing Tea Village

Longjing Tea Village via http://www.hangzhouplus.com

Longjin, dalam bahasa Indonesia artinya "Sumur Naga" atau disebut Dragon Well. tempat wisata ini terkenal banget sama tehnya. Ya iyalah, namanya juga kebun teh. Nah, kamu tahu enggak? Teh dari Longjin ini adalah salah satu teh terbaik di Tiongkok dan udah membawa nama kota Hangzhou ke kancah internasional. Wow banget kan? Kebun teh ini letaknya di Gunung Longjing yang ada di area Hangzhou, sebelah barat daya West Lake.

Advertisement

Saat ini, kebun teh Longjin sering dijadikan tempat enak buat nyantai dan ngeteh, guys! Selama perjalanan, kamu bakalan ngelewatin pegunungan yang hijau. Desa yang diapit oleh dua pegunungan ini, merupakan tempat yang sejuk dan enak buat jalan-jalan santai bareng keluarga, temen, atau ehm… pacar.

3. The Grand Canal

The Grand Canal Hangzhou adalah bagian hilir dari Grand Canal , yang dikenal dengan nama Beijing-Hangzhou (Jinghang) Grand Canal. Tahun 2014, UNESCO memasukkan kanal ini sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Tempat ini enggak kalah kerennya lho sama West Lake. Di sini, kamu bisa nyobain naik perahu kecil dan nikmatin pemandangan sekitar kanal ini kayak di Venice, Italia. Plus, tempat ini super instagramable, lho!

4. Jiuxi (Nine Streams)

Jiuxi (Nine Streams) via https://yingying.wordpress.ncsu.edu

Next ada Jiuxi. Jiuxi merupakan tempat yang oke banget buat kamu yang nyari tempat instagramable, tapi yang terlihat natural. Jiuxi ini adalah sungai yang mengalir melalui pegunungan bagian barat Hangzhou dan mengalir ke sungai Qiantang. Yang paling oke dari sungai ini adalah airnya yang jernih dan pohon yang hijau. Super cocok buat kamu yang pengen ngelepas penat kamu dari kerjaan dan deadline yang mematikan.

Di sini juga ada kuil namanya Kuil Li'an (Kuil Fayu), yang dibangun selama tahun 907-960. Can you imagine you will take a photo in an epic and vintage place like this? Plus, kuil ini free charge, lho! Hore!

Musim paling oke buat ke sana itu musim gugur. Di sana kamu bisa melepas penat dan istirahat di kuil sambil ngeteh. Enak banget deh!

5. Zhejiang Art Museum

Zhejiang Art Museum via https://yingying.wordpress.ncsu.edu

Museum ini harus jadi one of your toppest list in your trip, terutama bagi kamu pecinta seni. Kalau bingung letaknya di mana, Safe in your google map: Zhejiang Art Museum ini letaknya di 138 Nanshan Road. Museum ini dekat banget sama West Lake. Selain itu, museum ini adalah yang terbesar di Tiomgkok, dan bebas akses! WOOOOOOOWW!!

Museum ini punya gaya etnik lokal, dan dari bagian rooftop, kamu bisa menikmati pemandangan West Lake. Museum ini punya banyak macam seni rupa yang berasal dari semua kota di Tiongkok, beberapa karya representatif dari sekolah yang berbeda dan dari berbagai seniman. Kamu bisa menemukan koleksi seni modern, kuno, bahkan kesenian rakyat. Top banget deh pokoknya! Di sana, kamu bisa habisin waktu seharian buat jalan-jalan sekalian menikmati karya-karya seni etnik lokal.