5 Tips agar Ceritamu di Wattpad Banyak yang Ngelirik dan Penasaran. Cobain Yuk!

tips cerita banyak yang ngelirik wattpad

Holla hallo!

Zaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang memiliki hobi menulis. Tak sedikit juga dari mereka yang menuangkan ide ceritanya ke berbagai aplikasi menulis, atau bahkan yang memiliki uang lebih menerbitkan karyanya ke beberapa penerbit indie. Nah, untuk kamu semua yang ingin mencoba untuk menulis tapi takut tidak ada yang membacanya, jangan takut untuk terus menulis, ya!

Karena kali ini saya akan memberi beberapa tips untuk kamu semua yang memiliki aplikasi menulis salah satunya Wattpad, bagaimana caranya agar karyamu dilirik dan diminati banyak orang, apakah kamu penasaran? Yuk kita simak!

Advertisement

1. Buat judul semenarik mungkin

Buku Penutup Judul Buku

Buku Penutup Judul Buku via http://pixabay.com

Artinya, buat judul yang membuat orang terpukau dan penasaran ingin membaca karya kita. Menurut pengalaman pribadi, biasanya judul bisa kita dapat ketika sedang menyendiri, melamun, atau berkhayal. Jadi untuk kamu yang memiliki hobi seperti itu, boleh dicoba, ya!

Nah tapi, kamu juga jangan menyepelekan judul, ya! Karena judul adalah awal pandangan orang tertarik ingin membaca karyamu atau tidak.

2. Buat cover ceritamu sekreatif mungkin

Buku Timbul Kulit

Buku Timbul Kulit via http://pixabay.com

Nah, ini salah satu hal yang terkadang membuat kamu bingung. Bagaimana cara membuat cover yang bagus dan disukai banyak orang. Benar tidak? Tapi jangan khawatir, sekarang internet sudah semakin canggih, berbagai informasi dan kebutuhan ada di dalamnya.

Apalagi di Playstore sekarang sudah banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur-fitur book cover. Seperti PicsArt, Canva, Fotor, Snappa, dan masih banyak lagi. Di sana, tingkat kekreatifanmu diuji. Bagaimana cara membuat cover yang menarik dan indah? 

Tuangkan saja idemu. Karena tak sedikit orang yang menilai buku dari cover-nya dahulu. Nah oleh karena itu, pergunakan aplikasinya sebaik dan sekreatif mungkin ya! Selamat mencoba!

Advertisement

3. Tentukan genrenya dari awal

Eceran Perpustakaan Rak

Eceran Perpustakaan Rak via http://pexels.com

Maksudnya, sebelum kamu memulai untuk menulis, tentukan dahulu genrenya mau seperti apa. Jangan ketika sudah menulis beberapa bab, kamu lantas bingung menentukan genrenya. Misalnya, teen-fiction atau action ya?

Nah, selera setiap orang itu pastinya berbeda-beda. So, buatlah karya yang genrenya kamu sukai, yang selanjutnya akan menjalur dengan ide yang kamu miliki. Contoh, kamu menyukai cerita bergenre horror, buatlah cerita horror. Kamu menyukai spiritual, buatlah cerita religi. Atau kamu menyukai puisi, buatlah puisi. Dan oh iya, sertakan tag juga, ya. Karena tag bermanfaat agar orang semakin mudah mencari karyamu.

4. Jangan malu untuk saling bertukar pendapat ke beberapa penulis tentang karyamu

Saling diskusi

Saling diskusi via http://pexels.com

Biasanya, ada orang yang ingin sekali karyanya terkenal, tapi malu untuk dibaca oleh orang lain. Dengan alasan belum siap, belum percaya diri, ceritanya masih kurang, atau alasan yang lainnya. Intinya,  mulai hari ini buang jauh-jauh pemikiran seperti itu, ya!

Mulailah bangun rasa kepercayaan dirimu dan cobalah untuk mencari beberapa penulis yang kamu temui di Wattpad. Setelah itu, coba ajak mereka agar saling membaca karya, lalu beri kesempatan kepada mereka untuk berpendapat mengenai karyamu. Jika bagus, tingkatkan. Jika ada kritik, coba perbaiki, perlahan saja. Pasti bisa!

5. Perhatikan isi dan alur cerita

Buku Membaca

Buku Membaca via http://pixabay.com

Bagi saya, hal ini yang paling penting untuk diperhatikan. Sebab, orang akan menyukai karya kita jika ceritanya membawa kesan tersendiri bagi mereka. Buatlah cerita yang alurnya sulit ditebak orang lain, memiliki kesan dan rasa berlebih bagi para pembaca, juga buatlah karakter menurut gayamu sendiri dalam membuat karya.

Ingat, jangan meniru cerita orang lain, ya! Apalagi sampai nama, tempat dan alur yang sama. Buatlah karyamu sendiri, setidaknya mampu menerbitkan karya adalah hal yang membanggakan bagi diri sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE