5 Tips Agar Kerja, Hobi, dan Belajar Bisa Dilakukan Beriringan. Yuk Disimak!

Di tengah padatnya pekerjaan, seringkali muncul keinginan untuk tetap melakukan hobi dan mempelajari hal baru untuk meningkatkan kualitas diri. Melakukan hobi dan mempelajari hal baru di tengah kesibukan kerja bukan hal yang tidak mungkin. Semuanya tetap bisa dilakukan secara beriringan jika mampu mengatur waktu dan prioritas dengan baik. Berikut tips yang bisa dilakukan.

Advertisement

1. Tentukan target yang ingin dicapai

Photo by Jess Bailey Designs from Pexels

Photo by Jess Bailey Designs from Pexels via https://www.pexels.com

Tentukan target yang ingin kamu capai. Misalnya, jumlah tabungan yang ingin disisihkan dari gaji setiap bulannya, hobi untuk kepuasan diri sendiri, atau mempelajari hal baru untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan tertentu. Hal ini akan menjadi motivasi yang dapat membantumu menjalani semua kegiatan dengan senang hati.

2. Buat daftar kegiatan harian

Photo by Anete Lusina from Pexels

Photo by Anete Lusina from Pexels via https://www.pexels.com

Melalui daftar kegiatan harian, kamu dapat mengetahui kegiatan apa saja yang jadi prioritas pada hari itu. Dengan daftar ini, kamu tidak akan khawatir melewatkan hal-hal penting karena semuanya sudah tercatat dengan rapi. 

Advertisement

3. Utamakan hal-hal prioritas

Photo by Christina Morillo from Pexels

Photo by Christina Morillo from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu memiliki banyak hal yang harus diselesaikan hari itu juga, kamu bisa menunda hal-hal yang bukan prioritas. Pada saat seperti ini, kamu harus sangat bijak dalam menggunakan waktu jika tidak ingin kegiatan prioritasmu terbengkalai. 

4. Hindari multitasking

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Multitasking mungkin akan membantumu menghemat waktu. Namun untuk hasil yang maksimal, kamu perlu mengatur fokus dengan baik. Selesaikan kegiatanmu satu-persatu dan hindari distraksi. Jika hobimu melukis, jangan melakukannya disaat kamu harus bekerja. Fokuslah menyelesaikan pekerjaaanmu terlebih dahulu, agar kamu bisa segera melukis. Begitu pun saat sedang melakukan kegiatan lainnya.

5. Ambil jeda jika sedang tidak ingin melakukan banyak hal

Advertisement
Photo by Lisa from Pexels

Photo by Lisa from Pexels via https://www.pexels.com

Tak dapat dipungkiri, sesekali kita akan merasa lelah karena padatnya kegiatan yang dilakukan. Jika kamu sedang tidak ingin melakukan banyak hal pada hari itu, tak masalah! Beri dirimu jeda untuk beristirahat. Setelah energimu kembali, semangatmu pun akan kembali mengingat kamu telah menentukan tujuan dari serangkaian aktivitas yang kamu lakukan setiap hari.

Segalanya akan menyenangkan jika kamu memiliki motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri. Kerja, hobi, dan mempelajari hal baru tetap bisa dilakukan beriringan asal kamu memiliki manajemen waktu dan prioritas yang baik. Jangan dijadikan beban, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE