5 Tips Agar Nggak Jajan Takjil Buka Puasa Terlalu Banyak. Bedakan Lapar Perut dan Lapar Mata!

tips beli takjil

Ayo siapa yang di pikirannya sudah terlintas untuk membeli makanan buka puasa. Memang ya kalau sudah memasuki bulan ramadan, salah satu hal yang paling ingin dilakukan adalah ngabuburit, membeli takjil dan aneka makanan lainnya. Ingin rasanya memakan semua yang ada di sana, sebagai reward untuk diri sendiri yang sudah menahan lapar dan haus selama berjam-jam.  

Sebenarnya nggak ada yang salah kok dengan membeli takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Namun, seringkali beberapa makanan tersebut ujung-ujungnya nggak dimakan karena sudah terlalu kenyang. Mulai deh menyesal kenapa tadi sore beli makanannya terlalu banyak. Semuanya sudah pasti karena kita lapar mata.

Penyakit lapar mata ini memang susah sekali untuk dihindari selama bulan ramadan. Apalagi saat menjelang buka puasa. Perut yang kosong seharian membuat hasrat untuk membeli ini itu semakin menjadi-jadi. Tentu hal ini sangat tidak baik guys, karena selain nantinya membuang-buang makanan, isi dompet kita juga semakin menipis deh jadinya.

Sebenarnya, ada beberapa tips & trik yang bisa dilakukan untuk mengurangi yang namanya lapar mata loh. Simak yuk!

Advertisement

1. Belilah makanan yang sudah direncanakan saja

Gorengan

Gorengan via http://https

Guys ini pasti sulit, tapi usahakan sebisa mungkin untuk membeli makanan yang sudah direncanakan sebelumnya saja. Hal ini selain bisa menghemat pengeluaran, juga menghindari adanya jenis makanan yang double supaya nggak ada yang menjadi sampah. Misalnya, jika di rumah sudah ada takjil, maka kita nggak usah membelinya lagi di luar.
Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi kuantitas makanan yang akan dibeli. Contohnya hari ini hanya boleh membeli dua jenis makanan, besoknya hanya membeli takjil saja, dll.

2. Bawa uang pas-pasan

Rupiah

Rupiah via http://https

Ini luar biasa penting karena saat kita membawa uang dalam jumlah yang besar, keinginan untuk membeli ini itu tentu menjadi lebih besar pula. Oleh karena itu, bawalah budget yang sesuai saja guys. Hitung-hitung bisa menghemat juga kan?

Advertisement

3. Ajak teman atau keluarga

Teman

Teman via http://https

Tips ini sangat sesuai buat kita yang nggak bisa menahan diri sendiri ketika sedang membeli makanan untuk berbuka puasa. Perlu adanya kehadiran teman atau anggota keluarga yang bisa mengingatkan disaat belanjaan kita sudah melewati batas. Perlu diingat, teman atau keluarga yang dibawa haruslah yang bisa mengingatkan ya, bukan malah sama-sama jatuh dalam perangkap hawa nafsu.

4. Kurangi melihat foto atau video makanan

Makanan

Makanan via http://https

Salah satu hal yang mendorong kesuksesan terjadinya lapar mata adalah terlalu sering melihat foto atau video makanan ketika berpuasa. Bayangkan, di saat tidak berpuasa saja kita dibuat ngiler tatkala melihat konten-konten tentang makanan. Apalagi disaat perut sedang kosong. Bisa-bisa efeknya akan dua kali lipat kan?

5. Ingat kembali tujuan utama berpuasa

Al-Quran

Al-Quran via http://https

Kita pasti sudah tahu bahwa yang namanya berpuasa bukan hanya menahan diri dari lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu. Lapar mata termasuk salah satunya. Jangan sampai bulan Ramadan kita hanya diisi dengan makan dan beli ini beli itu saja ya. Alangkah baiknya bulan spesial ini menjadi waktu yang tepat untuk mengisi iman kita kembali dengan memperbanyak ibadah seperti membaca Al-Quran dsb.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Someone who loves Science and Art. An Environmental Engineering student with a passion for content writing and copywriting. Poetry and Singing are also the things that he likes.

CLOSE