Bagi kamu yang suka dengan musik barat, pasti akan mengalami sedikit kesulitan dalam menghafal lagunya. Itu karena lirik yang dipakai menggunakan bahasa inggris yang notabene bukan bahasa sehar-hari kamu. Terutama kalau kemampuan bahasa inggris kamu masih pas-pasan.

Apalagi lagu-lagu barat didominasi dengan musik bertempo cepat. Jangankan bergenre R&B, lagu berirama ballad saja bisa jadi kamu masih kewalahan menghafalnya. Untuk mengatasi masalah itu, ada 5 hal yang perlu kamu lakukan.

1. Gunakan bantuan aplikasi pemutar musik

banyak pilihan lagu via http://jalantikus.com

Cobalah unduh aplikasi pemutar musik yang tersedia di Plasytore atau Appstore kamu. Ada banyak pilihan aplikasi yang menyediakan lagu-lagu barat sekaligus penampilan lirik yang diputar secara bersamaan.

Biasanya lirik akan muncul sesuai dengan tempo lagu. Dengan begitu akan sangat memudahkan kamu belajar menguasai lagu barat dan menyesuaikan dengan irama lagu yang dimainkan.

2. Putar lagu secara berulang-ulang

di play trus ya lagunya! via http://maxpixel.freegreatpicture.com

Advertisement

Teknik menghafal yang baik adalah dengan menghafal lagu secara terus-menerus. Aktifkan mode ‘turn repeat on’ pada aplikasi musikmu agar lagu yang ingin kamu hafalkan diputar ulang secara otomatis.

Tidak perlu sambil membaca lirik, cukup dengarkan saja menggunakan earphone agar tidak mengganggu orang di sebelah kamu.

3. Hafalkan per-kalimat dan ulang dari awal

jangan lupa dihafal ya via http://alhambra-instituto.org

Kamu bisa hafalkan lirik sedikit demi sedikit dimulai dari kalimat pendek. Pastikan lirik dan lagam lagu yang kamu nyanyikan pas. Jika belum dirasa pas, coba putar dari awal.

Lakukan seperti itu sampai kamu menemukan ‘feel’ lagunya. Ya, Selain menghafal lagu, kamu juga perlu mendapatkan feel lagunya agar kamu pun ikut menikmati setiap beat yang ada.

4. Ketahui arti dari lirik lagunya

jadi tahu isi lagunya via http://www.iphonehacks.com

Lagu adalah salah satu bahasa universal. Selain memberikan hiburan ketika kamu mendengarnya, lagu menyimpan pesan yang dalam kepada penikmatnya. Kamu harus tahu arti dari setiap liriknya karena ini cukup membantu kamu agar lebih cepat menghafal lagu berbahasa inggris.

Dengan mengetahui arti dari lirik lagunya, kamu akan lebih cepat mengingat kata per-katanya. Ini juga baik buat menambah kemampuan bahasa inggris kamu loh!

5. Nyanyikan bersama-sama

lebih seru kan? via http://congtydirect.com

Percaya atau tidak, seseorang akan lebih cepat menghafal lagu bahasa inggris jika didengarkan bersama dengan orang lain. Misalnya kamu dan teman-temanmu pergi ke tempat karaoke dan menyanyikan sebuah lagu favorit berbahasa inggris bersama-sama.

Orang yang menyanyikan lagu denganmu akan membawa suasana yang lebih asik dan tentu kamu mengingat lirik lagu lebih cepat. Disana kamu juga bisa saling memperbaiki kalau-kalau ada lirik atau lagam yang salah.

Nggak cuma menghibur, menghafalkan lagu berbahasa inggris secara tidak langsung bisa belajar bahasa inggris juga!