5+ Tips Ini Bisa Bantu Kamu Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Kamu sering mengalami susah tidur meskipun sudah lelah?

Banyak orang mengalami sulit untuk bisa tertidur walaupun sudah dalam kondisi tubuh yang lelah dan akhirnya terjaga sepanjang malam di atas kasurnya. Matt Walker seorang Sleep Scientist dalam TED Talks menjelaskan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda sebagai berikut : 

Tidak ada yang terasa sulit jika kita memang memiliki niat yang kuat untuk merubah kebiasaan menjadi lebih baik.

Tidur bukan hanya satu hal sederhana dalam aktivitas manusia. Justru dimulai dari tidur yang baik maka harimu juga akan terasa lebih baik.

Advertisement

1. Biasakan tidur dan bangun di jam yang sama

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pixabay.com

Langkah pertama dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur Anda yaitu tetapkan jam tidur dan bangun tidur secara teratur. Sebenarnya otak kita juga memiliki jam yang terus bergerak selama 24 jam dan merekam kegiatan apa saja yang dilakukan. Oleh karena itu jika anda ingin memperbaiki kualitas tidur, bisa dimulai dengan cara membiasakan diri untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

Jika secara terus-menerus dilakukan otak akan merekamnya dan bisa membantu Anda untuk tidur dan bangun tanpa bantuan alarm yang justru bisa menggangu kualitas tidur Anda.

Advertisement

2. Suhu kamar tidur

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pixabay.com

Usahakan suhu ruangan atau kamar tempat anda akan tidur dibuat menjadi lebih dingin atau sejuk dibandingkan suhu di luar kamar yaitu sekitar 18 derajat celsius. Hal ini bisa membangkitkan keinginan untuk tidur, membuat anda merasa nyaman dan tidak mudah terbangun di tengah malam.  

3. Kurangi penggunaan cahaya kamar tidur

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pixabay.com

Ruangan yang gelap dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan hormon melatonin. Hormon ini diperlukan untuk membantu Anda agar bisa menetapkan jadwal tidur yang sama secara terus-menerus. Matt Walker juga menyarankan untuk bisa mengurangi bahkan lepas dari gadget satu jam sebelum waktu Anda tidur. Anda juga bisa menggunakan penutup mata untuk memberikan kenyamanan yang lebih. Semakin gelap semakin bagus.

4. Jangan terjaga di atas kasur terlalu lama

Advertisement
Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pixabay.com

Otak sebetulnya merupakan alat perekam yang sangat baik yang dimiliki tubuh. Kita disarankan untuk tidak melakukan aktivitas atau bahkan terjaga lebih dari 25 menit di atas kasur dan jika saat Anda sedang mencoba untuk tertidur namun tetap tidak bisa maka, Anda harus bangun dari tempat tidur Anda.

Biasakan untuk kembali ke tempat tidur hanya jika Anda merasa mengantuk. Seperti tips yang pertama, jika dilakukan secara terus menerus maka otak secara otomatis akan merekam bahwa kasur berfungsi saat Anda merasa ngantuk dan lelah.

5. Jangan konsumsi kafein secara berlebihan

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pixabay.com

Seperti yang kita tahu bahwa kafein bisa membuat kita terjaga dan tidak mengantuk. Maka itu kita harus kontrol konsumsi kafein yang masuk dalam tubuh kita pada pagi dan siang hari.

6. Konsisten untuk melakukan rutinitas tidur yang sudah dibuat

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pixabay.com

Kembali lagi ke langkah paling pertama, jadikan langkah-langkah di atas menjadi sebuah kebiasaan. Karena kita harus membuat tubuh kita terbiasa dengan jadwal yang sudah kita lakukan. Tidak ada yang terasa sulit jika kita memang memiliki niat yang kuat untuk merubah kebiasaan menjadi lebih baik. Tidur bukan hanya satu hal sederhana dalam aktivitas manusia. Justru dimulai dari tidur yang baik maka hari Anda juga akan terasa lebih baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE