Rasa sakit memang tidak bisa dihindari dalam hubungan yang serius. Tetapi, rasa sakit dan perselisihan tidak berarti hubungan akan segera berakhir. Banyak pasangan menyadari bahwa menyelesaikan masalah biasanya dapat membuat hubungan mereka lebih kuat dari sebelumnya. Yang mereka sadari adalah bahwa semua hubungan membutuhkan kerja keras, cinta, dan kesabaran untuk dapat berhasil, dan hal ini terbukti saat kamu mencoba memperbaiki hubungan yang hampir kandas.

Dalam memperbaiki hubungan yang hampir kandas tidaklah gampang. Karena banyak pertimbangan diantara keduanya yang sulit membangun kembali kepercayaan yang telah rusak. Tetapi kalau mau berusaha tidak ada salahnya. Dan semoga usaha kamu hasilnya tidak sia-sia dan bisa kembali melanjutkan hubungan kalian. 

Nah, daripada galau-galau lagi, kamu bisa praktekan beberapa hal ini agar tak sampai terucap kata “putus.”. Mau? Yuk simak!!!

1. Masalah yang ada tak hanya didiamkan atau dipendam, tapi dibicarakan bersama-sama

Membicarakan Masalah

Membicarakan Masalah via https://unsplash.com

Sering kali, hubungan berakhir saat komunikasi sudah tidak berjalan lagi di antara kedua pihak. Meskipun sulit, kamu harus mau menceritakan masalah-masalahmu dengan pasangan untuk bisa memperbaiki hubungan kalian berdua. Dan jangan pernah menyelesaikan masalah, dengan cara menghindari pasangan. 

Advertisement

Karena masalah akan bisa diselesaikan atau dicari jalan keluarnya ketika kedua belah pihak mau berkomunikasi

2. Mencari jalan keluar terbaik yang tak harus mengorbankan hubungan kalia

Lakukan Sesuatu dan Setelahnya Harus Berkomitmen

Lakukan Sesuatu dan Setelahnya Harus Berkomitmen via https://www.google.com

Tidak cukup dengan hanya membicarakan masalah ini berdua. Kamu harus melakukan sesuatu untuk menyelesaikannya. Saat kamu dan pasangan sudah mengetahui masalah yang sedang kalian hadapi, kalian harus memikirkan setidaknya  hal apa yang akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Jangan lupa untuk saling memberikan solusi. Dan jika solusi telah ditemukan dan masalah sudah selesai, kalian berdua bisa saling berkomitmen.

3. Saling memaafkan kesalahan pasangan yang lalu, sebab maaf bisa menjadi kunci dari semua masalah

Memaafkan Kesalahan yang Lalu

Memaafkan Kesalahan yang Lalu via https://unsplash.com

Advertisement

Memaafkan kesalahan pasangan bisa menjadi bagian yang paling sulit dalam memperbaiki hubungan. Tetapi, dengan memaafkan kesalahan akan melepaskan kemarahan, rasa sakit, dan emosi yang terpendam.

Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna, dan tanpa saling memaafkan, tidak akan ada hubungan yang langgeng di seluruh dunia ini.

4. Sama-sama belajar lagi untuk saling membuat satu sama lain merasa nyaman untuk selalu ada di sisinya

Kenalin keteman atau keluargamu

Kenalin keteman atau keluargamu via https://unsplash.com

Kamu nggak perlu ragu untuk membuat dia kembali nyaman berada di sisimu. Mungkin selama kalian pacaran, kamu belum pernah mengajaknya menemui orang-orang terdekatmu.

Nah, sekaranglah saatnya kamu mengenalkannya pada teman-temanmu, terutama pada teman-teman akrab dan sahabat serta keluarga. Sehingga, ia akan merasa dihargai dan dianggap sebagai seseorang yang spesial.

Dan jika kalian berdua kembali jalan bersama, kamu harus pandai-pandai menempatkan diri dan jangan pernah memaksanya melakukan sesuatu yang tidak ia inginkan, atau sesuatu yang mungkin saja membuatnya merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Karena dengan begitu, dia akan lebih nyaman berada di sisimu dan tidak ragu untuk kembali merajut cinta denganmu.

5. Hidari pikiran negatif terhadap pasangan, apalagi pikiran yang sifatnya hanya prasangka belaka

hindari pikiran negatif

hindari pikiran negatif via https://unsplash.com

Berpikir negatif terhadap pasangan yang dicintai itu sesuatu yang cukup wajar. Apalagi jika dilihat dari keadaannya sangat mungkin untuk macam-macam. Sepertinya hal apapun yang dia lakukan tidak sesuai dengan yang dia katakan. Memicu kegelisahan, rasa curiga dan bahkan cemburu yang berlebihan.

Jika kamu tidak bisa menghilangkan pikiran negatif terhadap pasangan, selamanya kamu akan merasakan kegalauan yang tiada akhirnya. Selalu curiga dengan apa yang dia lakukan di belakang kamu.

Bukan hanya itu, kenyamanan dia tidak akan lagi terasa. Dan yang lebih umum kalian sulit merasakan keceriaan ketika bersama. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghindari pikiran negatif terhadap pasanganmu.

Cobalah berpikiran positif dan mulailah kendalikan rasa cemburumu, agar hubungan kalian tidak jadi bubar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya