Siapa yang tak ingin menghabiskan waktu diluar rumah sembari menikmati eksotisme yang ditawarkan oleh destinasi-destinasi indah ala bentukan bumi nusantara? Semua mau pastinya, cuman ada tapinya, kebanyakkan saat liburan usai, hidup sehat mulai ditanggalkan, masalah berat badan meningkat mulai menghantui setiap orang, hingga tak jarang kamu terkaget-kaget akan hasil jarum timbangan yang terjun bebas.

Agar liburan kamu bisa sukses, berat badan harusnya tetap terjaga. Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berlibur sebagai rangkaian dari gaya hidup sehat, agar liburanmu semakin seru sekaligus membawa banyak cerita-cerita baru.

1. Jangan cuma kreatif memilah pasangan hidup aja, cobalah sedikit kreatif dalam mengatur asupan makanan

kreatif memilih asupan makanan via http://mysparkofmadness.com

Bagaimana pun keadaan daerah setempat yang anda kunjungi, sebisa mungkin pilihlah makanan yang segar dan khas daerah tersebut. Jika tubuh kamu tak mampu menolak gairah kelezatan dari wisata kuliner, maka jawabannya, atur porsi makan, agar kamu bisa menikmati berbagai makanan lain yang menggoda. Jikalau begitu kamu pun tak takut akan kekenyangan dan mager (malas gerak).

2. Kamu pasti enggak mau kan disebut ‘zombie’ selama liburan, makanya tidur yang cukup dong ahh..

tidur yang cukup via http://cdn.wittyfeed.com

Tak peduli rangkaian acara yang kamu lalui saat liburan sepadat kunjungan kerja Presiden RI, jangan pernah lupa untuk segera mengistirahat jiwa dan raga kamu dengan porsi yang cukup. Agar ketika nanti kamu bangun dipagi harinya, tubuh kamu telah siap untuk kembali mengeksplor ragam keindahan yang ditawarkan oleh daerah setempat.

3. Yang kamu butuhkan ialah bersenang-senang, bukan bermuram durja

Advertisement

bersenang-senanglah via http://medifastsouthernpa.com

Liburan takkan mampu berbicara banyak ketika anda sendiri tak dapat menikmatinya. Jika anda Malah memilih untuk menyendiri disudut ruangan penginapan, sembari berselancar mengarungi media sosial, maka buat apa berlibur jauh-jauh. Udah diam di rumah aja…

Paling tidak, nikmati setiap moment liburan anda, jangan lupa abadikan setiap moment bersejarah tersebut melalui kamera smartphone, Action Cam, Mirrorless ataupun DSLR anda, agar kemudian hari moment tersebut, dapat menginspirasi orang banyak untuk datang dan berkunjung ke tempat tersebut.

4. Membayar lunas latihan fisik sebelum liburan

bayar utang latihan sebelum liburan via http://lancepincock.com

Saat kamu dihadapkan dua buah pilihan, antara liburan dan melakukan aktivitas fisik merupakan pilihan yang sukar. Mau tak mau jawabannya agar memaksimalkan keduanya dalam satu waktu, atau bisa juga memilih untuk membayar lunas aktivitas fisik sebelum hari H.

Untuk itu, paling tidak perencaan didepan harus dibuat, semisal membayar latihan didepan terlebih dahulu dengan sedikit menaikkan porsi dan tempo latihan. Bisa dengan berlari, berenang ataupun bermain futsal bersama sahabat. Dengan begitu, saat liburan kamu pun merasa cukup bersantai menikmati lautan sembari menikmati segelas jus jeruk dalam genggaman. Asik kan?

5. Supaya liburan kamu lebih menarik dan semangat, segera susun playlist ala kamu

susun playlist via http://abileneopera.net

Sakit kala berlibur tak jarang disebabkan oleh kurangnya kamu dalam menikmati liburan. Diawal mungkin seru, tetapi diakhir malah membuat Anda kurang semangat, sehingga saat liburan pun stres tak pernah absen menyapa kamu.

Membiarkan hal itu terjadi begitu saja, bukanlah sebuah opsi, baiknya kamu melawan segera stres. Kalau tidak dilawan bisa-bisa kamu jatuh sakit. Makanya segeralah mengatur sembari memilah lagu-lagu favorit yang nantinya bersiap didengarkan ketika mood mulai menurun. Hal itu dapat membuat semangat kamu balik lagi, karena tanpa disadari, tubuh kamu melepaskan hormon bahagia (Serotin dan Dopamin).