5 Tips Kuliah Daring Anti Boring. Dijamin Kuliah Menjadi Lebih Menyenangkan!

Istilah daring sudah tidak asing lagi semenjak datangnya wabah Virus Covid-19 ini. Seperti yang telah kita tahu bahwa Virus Covid-19 ini mengakibatkan banyak bidang kehidupan terkena dampaknya, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Dunia pendidikan yang tadinya dilakukan secara tatap muka menjadi dilakukan secara online atau yang kita sebut dengan daring ini.

Tak jarang mahasiswa mengalami permasalahan ketika melaksanakan perkuliahan secara daring ini seperti tidak stabilnya jaringan internet, tidak dapat bertanya tentang materi yang belum dipahami kepada dosen secara langsung, dan tak jarang pula terdapat dosen yang gagap teknologi.

Advertisement

1. Mencari Tempat yang Menciptakan Suasana Nyaman Untuk Belajar

Foto oleh George Milton dari pexels

Foto oleh George Milton dari pexels via https://www.pexels.com

Carilah tempat yang membuat kamu nyaman ketika belajar, misalnya dengan mencari tempat duduk yang mempunyai busa dan tempat untuk bersandar agar kamu tidak cepat pegal.

Lalu, persiapkan juga meja yang sekiranya tidak mempunyai tinggi yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi dari tempat duduk kamu. Kamu juga dapat mendekor ruang belajar kamu agar kamu mempunyai perasaan ingin terus kuliah di situ.

Advertisement

2. Persiapkan Alat-alat yang Diperlukan Untuk Kuliah Daring

Foto oleh Katerina Holmes dari pexels

Foto oleh Katerina Holmes dari pexels via https://www.pexels.com

Sebelum perkuliahan dimulai, jangan lupa untuk mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk kuliah daring seperti buku, bolpoin, laptop, handphone, dan alat lainnya agar ketika perkuliahan berlangsung kita tidak perlu kesana kemari mencari peralatan yang diperlukan.

3. Menyediakan Cemilan dan Minuman

Foto oleh Ekaterina Bolovtsova dari pexels

Foto oleh Ekaterina Bolovtsova dari pexels via https://www.pexels.com

Meskipun hanya duduk dan menatap layar laptop atau handphone, namun kuliah daring ini juga menguras tenaga dalam berpikir. Agar tidak mudah lapar dan tidak kekurangan cairan ketika mengikuti perkuliahan maka kita juga perlu menyiapkan cemilan dan minuman.

4. Mendengarkan Musik di Sela-sela Pergantian Jam Mata Kuliah

Advertisement
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels via https://www.pexels.com

Ketika pergantian mata kuliah, perlulah kita merefresh otak kita agar tidak merasa tegang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mendengarkan musik.

Sehingga dengan mendengarkan musik fikiran kita akan menjadi rileks dan membuat mood kita juga menjadi bagus dan siap untuk mengikuti mata kuliah setelahnya.

5. Mencatat Inti Materi yang Dibuat Semenarik Mungkin

Foto oleh Amina Filkins dari Pexels

Foto oleh Amina Filkins dari Pexels via https://www.pexels.com

Tips yang terakhir yaitu mencatat inti materi yang disampaikan dosen dengan ditulis semenarik mungkin. Catatan ini dapat dihias secara warna-warni, sehingga memberikan kesan yang  mendorong kita merasa ingin membuka catatan tersebut secara terus-menerus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama saya Sefila. Saya tinggal di Pekalongan sedari kecil hingga sekarang. Saya anak ke tiga dari tiga bersaudara, sehingga saya memiliki 2 kakak, satu kakak perempuan dan satu kakak laki-laki. Sekarang saya masih menempuh pendidikan di IAIN Pekalongan dengan mngambil jurusan PGMI. Dari kecil saya tertarik dengan profesi guru, sehingga saya pun mengambil jurusan PGMI. Selain itu, saya juga tertarik dalam hal mendesain.

CLOSE