5 Tips Memulai Bisnis Jualan Baju Bekas. Mulai dari Memilih Distributor Hingga Produk yang Layak Dijual

tips bisnis thrift shop

Siapa di sini yang tertarik untuk memulai bisnis thrift? Nah kebetulan artikel ini akan membahas tips atau cara apa saja untuk memulai sebuah bisnis thrift. Bagi yang belum tahu, thrift merupakan barang second branded yang biasanya diimpot dari luar negeri. Sedangkan thrift shop merupakan sebuah bisnis yang menjual barang bekas berupa fashion. Barang bekas yang dimaksud yaitu barang yang kondisinya masih layak pakai, bukan barang yang kucel. Biasanya barang yang dipasarkan bisa berupa baju, jaket dan sepatu.

Buat kalian yang ingin membuka sebuah bisnis biar nggak minta duit terus ke orangtua, boleh mencoba bisnis yang satu ini. Karena tidak terlalu membutuhkan banyak modal dan bisa dilakukan secara daring.

Advertisement

1. Pilihlah jenis produk

Free-Photos

Free-Photos via https://pixabay.com

Dalam bisnis thrift shop, banyak berbagai macam produk yang dapat diperjual belikan. Misalnya seperti pakaian, sepatu, jaket, jam tangan, dan lain-lain. Kamu bisa memilih satu di antaranya. Tips supaya bisnis kamu lebih spesifik dan mudah dicari, pilih produk yang paling diminati. Contohnya pakaian, kamu bisa menjual berbagai model baju, hoodie, sweater, crewneck, dan atau yang sedang tren saat ini yaitu vest dan yang berkesan vintage.

2. Mencari distributor

Tima Miroshnichenko

Tima Miroshnichenko via https://pixabay.com

Membeli barang lewat distributor adalah tips untuk mendapatkan harga yang murah. Hal ini agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Biasanya harga yang ditawarkan mulai dari 500 ribu sampai satu jutaan ke atas. Untuk harga 500 ribu biasanya berisi 12-15 pcs baju. Sedangkan untuk yang satu juta sampai dua juta berisi 50-100 pcs baju.

Advertisement

3. Tentukan target pasar

Gustavo Fring

Gustavo Fring via https://www.pexels.com

Menentukan target pasar sangat penting dilakukan dalam memulai sebuah bisnis. Menentukan target pasar dapat dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan pendidikan. Tentukan segmen mana yang paling cocok dengan karakteristik thrift shop yang akan kamu bangun. Jika kamu menargetkan usia dari remaja sampai dewasa, maka produk yang dipasarkan harus mengikuti gaya perkembangan mereka.

4. Membuat akun sosial media untuk berjualan

 Tracy Le Blanc

Tracy Le Blanc via https://www.pexels.com

Bagi kalian yang ingin membuka bisnis thrift shop tapi tidak ada uang lebih untuk membuka toko, jangan khawatir karena kalian lakukan menggunakan media sosial. Instagram bisa menjadi salah satu pilihan untuk berjualan, karena Instagram salah satu media sosial yang banyak penggunanya dan jangkauannya sangat luas.

5. Promosi

Canva Studio

Canva Studio via https://www.pexels.com

Jangan lupa untuk mempromosikan jualan kamu. Bisa ke keluarga, teman, pacar, mantan barangkali mereka minat dengan produk yang kamu tawarkan. Jika kamu menggunakan Instagram atau media sosial lainnya untuk berjualan, gunakan fitur ads yang telah disediakan. Karena fitur ini sangat membantu produkmu untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

Nah, itu tadi beberapa tips atau cara untuk memulai bisnis thrift. Semoga membantu buat kalian yang ingin terjun di bidang usaha ini, dan semoga sukses menjalaninya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswi kupu-kupu Universitas Amikom Yogyakarta

CLOSE