5 Tips Menjadi Diri Sendiri yang Berkualitas Mulai dari Hal yang Sederhana

Semakin berkembangnya zaman membuat kamu harus sadar akan beberapa hal yang tentunya akan mengubah hidup. Hal ini, mungkin memberikan ketidaknyamanan untuk melangkah maju karena kurangnya persiapan, tapi kamu bisa mengupayakannya. Hal yang paling utama yang bisa kamu lakukan adalah menjadi diri kita sendiri. Kok, menjadi diri kita sendiri? Eittts, jangan salah, daripada kamu membanding-bandingkan diri dengan orang lain alangkah lebih baik jika kamu menjadi diri sendiri dengan meng-upgrade diri yang berkualitas. Penasaran? Yuk simak 5 tips berikut ini!

Advertisement

1. Berpikir Positif

Photo by George Milton from pexels

Photo by George Milton from pexels via https://www.pexels.com

Berpikir positif adalah kunci dari segala perilaku. Sesuatu hal yang ingin kamu lakukan selalu bersumber pada pemikiran. Hal-hal yang sebenarnya belum terjadi, tapi terlalu overthinking untuk memikirkannya justru malah tidak baik bagi kesehatan. Mulailah berpikir positif apa pun itu. Saat menghadapi masalah kamu dituntut untuk bisa berpikir positif, dengan berpikir positif kamu akan lebih mudah memperbaiki dan mengatasi masalah di kehidupan yang akan terjadi selanjutnya.

2. Mencari Tempat Berbagi Cerita

Photo by Askar Abayev from pexels

Photo by Askar Abayev from pexels via https://www.pexels.com

Sebagai makhluk sosial, kamu nggak mungkin hidup sendiri. Selain berdampingan dengan alam terkadang kamu butuh seseorang untuk ada di samping kamu sekadar berbagi cerita, menyampaikan pendapat dan berbagi kebahagiaan. Namun, pernahkah kamu berbagi cerita kepada orang yang tepat? Entah itu kamu bercerita kepada orang tua, kakak, sahabat, atau pasangan.

Advertisement

Terkadang sebagai manusia yang memiliki rasa akan merasakan nyaman jika berbagi cerita kepada orang yang kamu anggap tepat untuk bercerita. Dalam berbagi cerita, kamu butuh nasihat untuk saling bertukar pikiran atau sekadar meluapkan emosi yang ada di dalam diri. Meski apapun nanti saran atau nasihat yang diberikan, pada akhirnya yang paling tepat mengambil keputusan dan bertindak adalah diri sendiri.

3. Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Photo by Jessica Ticozzelli from pexels

Photo by Jessica Ticozzelli from pexels via https://www.pexels.com

Hal yang paling sering dilakukan atas kejadian atau peristiwa yang terjadi di dalam hidup adalah menyalahkan diri sendiri. Tanpa kamu sadari, segala sesuatu yang terjadi pada diri sendiri selalu ada alasannya itulah kenapa tidak sepenuhnya kamu melakukan kesalahan sehingga menyalahkan diri sendiri lain halnya jika kamu introspeksi diri. Instrospeksi diri membuat kamu bisa lebih menerima keadaan dan memaafkan diri sendiri untuk terus berkembang.

4. Jangan Takut untuk Memulai

Photo by George Milton from pexels

Photo by George Milton from pexels via https://www.pexels.com

Perasaan takut untuk melangkah kembali adalah hal wajar yang kadang dialami oleh sebagian orang. Padahal apabila kamu kilas balik, setiap kejadian selalu ada pelajaran dan hikmah yang bisa kamu ambil. Tentunya hal ini, sangat baik bagi kamu sebagai tanda kewaspadaan dalam memulai kembali. Percayalah selalu ada hari pertama di dalam setiap hal meski ada resikonya. Yuk mulai sekarang jangan takut untuk memulai hal-hal yang kamu inginkan sebagai bentuk meng-upgrade diri kamu.

Advertisement

5. Fokus pada Kehidupan Saat Ini

Photo by Ketut Subiyanto from pexels

Photo by Ketut Subiyanto from pexels via https://www.pexels.com

Apa kamu pernah membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain? Membanding-bandingkan diri dengan orang lain tidak akan pernah ada habisnya. Bukannya malah meng-upgrade diri justru melemahkan diri sendiri, tentu saja kamu gak mau terus-menerus melemah dengan membandingkan diri dengan orang lain. Hal yang harus kamu ingat adalah bahwa tidak ada orang yang sempurna masing-masing orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Menjadi diri sendiri saat ini adalah hal yang lebih penting, mulai sekarang stop membandingkan diri kamu dengan orang lain kamu berhak bahagia dengan apa yang kamu miliki saat ini. Fokus pada kehidupanmu saat ini, apapun yang sedang kamu lakukan itu adalah keputusan kamu yang membuat kamu merasa bahagia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE