5 Tips Mengatasi Burnout Agar Dapat Kembali Produktif. Yuk catat!

Burnout merupakan suatu Kondisi ketika tubuh merasa kelelahan dalam melakukan sesuatu yang terus menerus dan berulang tanpa henti. Gejala burnout ditandai ketika tubuh selalu kelelahan serta hilangnya motivasi dalam bekerja. Meskipun demikian, Tak jarang kondisi ini diabaikan Sebagian orang karena dianggap permasalahan sepele. Padahal, apabila kondisi ini terus diabaikan dapat menguras energi, mengganggu produktivitas sehari-hari bahkan juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan lho!. Tapi jangan khawatir, di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mengatasi burnout. Yuk, disimak!

Advertisement

1. Keluar rumah, mencari udara segar

Bersepeda/Photo by Pixabay

Bersepeda/Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Keluar cari udara segar tidak melulu harus pergi ke destinasi wisata dan menghabiskan banyak uang loh. Alternatif murah agar tidak menghabiskan uang yakni dengan jalan dan bersepeda keliling kompleks ataupun kalau ada kendaraan, bisa keliling kota tanpa tau arah dan tujuan. Serius, Its work.

2. Bermain dengan binatang

Bermain bersama hewan peliharaan/Photo by Blue Bird from Pexels

Bermain bersama hewan peliharaan/Photo by Blue Bird from Pexels via https://www.pexels.com

Binatang yang menggemaskan, juga bisa menjadi obat dalam mengatasi burnout lho!. Bercengkerama, bermain, atau sekadar mengamati binatang, dapat menjadi alternatif menghilangkan stress, terlebih bagi kamu yang introvert. Tidak hanya itu, binatang juga dapat dijadikan sebagai teman curhat dan  tempat mengeluarkan unek-unek kita. 

Advertisement

3. Memasak

Memasak/Photo by Michael Burrows from Pexels

Memasak/Photo by Michael Burrows from Pexels via https://www.pexels.com

Buat kamu yang hobi memasak, mungkin hal ini dapat dicoba dalam mengatasi burnout. Mencoba resep baru atau sekadar memasak masakan simple seperti telur dan mie, bisa menjadi kegiatan untuk menghilangkan stress kamu.

4. Olahraga

Olahraga lari/ Photo by Pixabay

Olahraga lari/ Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Olahraga juga sangat ampuh dalam mengatasi burnout. Selain dapat menyegarkan pikiran, olahraga juga dapat menyegarkan badan dan menciptakan perasaan fresh bagi raga.

5. Menonton Film

Advertisement
Menonton Film/ Photo by Ron Lach from Pexels

Menonton Film/ Photo by Ron Lach from Pexels via https://www.pexels.com

Menonton film juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam mengatasi burnout. Film ringan seperti film animasi ataupun komedi, dapat kamu jadikan sebagai alternatif untuk merefresh otak dalam menghadapi burnout

 

Itu dia, lima tips mengatasi burnout supaya dapat kembali produktif. Yuk, dicoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

young, wild, and free

CLOSE