Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Hampir semua orang yang telah menjamahi pasir Gunung Bromo sepakat bahwa gunung ini memiliki kecantikan yang mutlak. Cara menikmati paras cantik Gunung Bromo cukup berbeda dengan mayoritas gunung-gunung yang berada di Indonesia. Berikut 4 tips khusus untuk menikmati Gunung Bromo.

1. Pilih alat transportasi sesuai budget dan partner trip

Penanjakan, Bromo via https://instagram.com

Alat transportasi sangat menentukan nyaman tidaknya perjalananmu. Untuk kalian yang hendak berkunjung ke bromo, tentunya alat transportasi terbaik adalah menggunakan mobil jeep. Selain lebih nyaman, tentunya dapat mendapatkan sensasi lebih ala offroader. Tapi kalian harus merogoh kocek lebih dalam. Jika ingin menggunakan jeep, sebaiknya kalian datang beramai-ramai, agar dapat share cost. Harga sewa satu mobil jeep adalah 1250K dengan kapasitas maksimal 10 orang dan sudah termasuk tiket masuk+driver. Apabila kamu hanya ingin berkunjung dengan kekasih tercinta, tapi tetap ingin menggunakan jeep, dan kantong anda pas-pasan, sungguh anda tak tahu diri wkwk. Eits, tapi jangan khawatir, kalian bisa ikut open trip dari travel agent yang berkeliaran di website atau socmed, atau bisa juga hubungi saya (khusus cewek jomblo). Para travel agent rata-rata mematok harga sebesar 300K perorang, dan biasanya meeting point bebas ditentukan oleh kalian, asalkan tetap berada di area Malang Kota. Jika kalian benar-benar hanya ingin menikmatinya dengan kekasihmu seolah dunia milik kalian berdua dengan budget yang low, gunakan sepedah motor. Kalian hanya perlu mempersiapkan budget untuk bahan bakar 2 liter dan tiket masuk motor+2 orang pengunjung sebesar 35K. Namun dengan resiko kedinginan sepanjang jalan dan harus menahan kantuk sehari semalam. Nah bagi kalian yang memiliki jiwa-jiwa crosser namun tak memiliki sepedah motor trail, jangan khawatir. Di Kota Malang tersedia juga agent penyewaan sepeda motor trail. Kalian hanya perlu menyiapkan budget sekitar 160K-400K, dan anda sudah dapat menjelajah bromo dengan motor trail impian anda.

2. Gunakan pakaian yang tertutup dan aksesoris yang bisa menghangatkan tubuh

pakaian ala suku tengger via http://rooftopantics.com

Dinginnya gunung bromo sudah tak dapat terbantahkan lagi. Puncak suhu terendah gunung bromo adalah sekitar awal bulan agustus hingga akhir bulan november. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi dinginnya gunung bromo. Pakaian wajib yang harus kamu gunakan adalah jaket yang tebal dan celana panjang. Sebaiknya kalian menggunakan atasan berlapis, seperti mengenakan sweater lalu dibalut lagi dengan jaket. Selain itu, menggunakan sepatu juga merupakan pilihan terbaik dibanding sandal, dan tentunya dilapisi dengan kaos kaki untuk lebih mengahangatkan. Jangan lupakan aksesoris tambahan seperti sarung tangan dan syal. Kedua aksesoris tersebut sangat bermanfaat sekali untuk memrangi dinginnya gunung bromo. Untuk menambahkan kehangatan ekstra, kenakan juga penutup kepala seperti balaklava atau yang lebih dikenal dengan kupluk. Bagi kalian yang tidak memilikinya atau lupa untuk membawanya, jangan khawatir. Karena di Bromo juga banyak sekali warga sekitar yang menjajakan berbagai macam aksesoris tersebut. Harganyapun tak terlalu ekstrim, hanya berkisar antar 5K-15K. Tentunya kamu harus memanfaatkan keahlian tawar-menawar ala ibu-ibu wkwk.

3. Datang lebih awal untuk memburu sunrise

Menuju Sunrise via http://scientifist.com

Advertisement

Sunrise dari gunung bromo merupakan salah satu view terbaik yang pernah ada. Spot terbaik untuk mengabadikan atau menikmatinya adalah melalui penanjakan. Dari lokasi tersebut kita dapat melihat seluruh destinasi yang ditawarkan oleh gunung bromo. Mulai dari kawah gunung bromo, lautan pasir, padang savana, bukit teletubies, hingga puncak mahameru. Semuanya dapat kita nikmati dalam satu frame. Sayangnya, keadaan penanjakan saat ini sudah tak mampu lagi menampung seluruh pengunjung yang hendak menikmati sunrise. Biasanya di sepanjang jalan menuju penanjakan terparkir banyak mobil jeep yang menyebabkan kemacetan. Tak ayal pengunjungpun harus berjalan kaki untuk menuju lokasi. Namun bagi anda yang menggunakan sepeda motor, kalian dapat memarkir motor kalian tidak jauh dari lokasi. Penanjakan dikala matahari menyapa terlihat bak lautan manusia. Momen untuk mengabadikan sang mataharipun biasanya buyar oleh tangan-tangan yang sama-sama berebut memburu sunrise. Oleh karena itu, sebaiknya kalian datang lebih awal. Datanglah sekitar jam 03.00 dini hari dan amankan posisi kalian agar dapat menikmati sunrise dengan sempurna.

4. Ajak pasanganmu, agar mendapatkan penghangat alami

Tips ini tidak saya anjurkan bagi kalian para jomblo wkwk. Selain aksesori tambahan sebagai penghangat, tentunya ada kehangatan ekstra yang bisa kamu dapatkan dari pasanganmu. Sisi romantisme sunrise bromo tentunya sangat sayang dilewatkan bila hanya untuk membisu. Ajaklah pasanganmu agar kamu memiliki lawan bicara ketika menikmatinya, apalagi ditemani secangkir kopi. Eits, tapi bagi kalian para jomblo, jangan khawatir. Disinilah kalian dapat ciptakan momen untuk melepas kutukan jomblo itu. Mulailah berbaur dengan pengunjung lain, karena pengunjung bromo hampir dari sabang sampai merauke, bahkan banyak juga turis mancanegara. Siapatau kalian dapat menemukan jodoh impian di bromo.

5. Explore semua spot yang instagramable

Gunung Bromo memiliki banyak spot foto yang instagramable banget. Selain kawah Gunung Bromo dan penanjakan, masih ada banyak spot foto yang menarik untuk kamu jelajahi. Salah satunya adalah pasir berbisik, yang menyajikan hamparan padang pasir yang sangat luas. Jika kamu perhatikan dengan cermat, suara angin yang menghembuskan pasir menimbulkan sebuah suara yang tampak seperti bisikan, oleh karena itu spot ini dinamakan pasir berbisik. Ciri dari spot ini adalah sebuah gundukan batu yang berdiri sendiri diantara hamparan pasir. Selain itu, kamu juga bisa menikmati padang savana atau yang akrab disapa Bukit Teletubies. Warna padang savana yang sangat hijau membuat kalian tampak sedang berada di negeri dongeng.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya