5 Tips Menjalani Hubungan LDR Sampai Jenjang Pernikahan, Jarak Bukanlah Penghalang!

Tips menjalani hubungan jarak jauh hingga ke jenjang pernikahan.

Hubungan jarak jauh atau sering juga disebut dengan LDR (Long Distance Relationship) merupakan hubungan intim yang dijalani terhalang oleh jarak dan waktu antara 1 pasang kekasih yang saling mencintai, istilah ini tidak hanya berlaku dalam kisah cinta saja, namun dapat juga dalam hubungan lainnya yang mana mereka terpisah antara satu sama lain. Bisa dalam keluarga, yang salah satunya keluarganya berada di luar kota atau luar negeri.

Adapun makna dari hubungan LDR yaitu sedang berada jauh dari seseorang terdekat, entah itu kekasih, suami, keluarga, teman atau kerabat. LDR juga mengajarkan bagaimana rasanya hidup sendiri dan terpisah dari orang yang kita cintai. LDR juga mengajarkan kita untuk bersabar, kenyataanya kita hidup jauh dari orang yang kita sayangi, hati sangat rindu dan ingin ketemu, tetapi wkatu yang tidak memungkinkan. Bagaimana agar hubungan LDR sampai menikah sebagai berikut :

Advertisement

1. Komunikasi Terbuka dan Lancar

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu hal penting dalam menjalani hubungan LDR yaitu adanya komunikasi yang terbuka dan lancar. Ini merupakan tips agar hubungan LDR kalian langgeng, dengan membangun komunikasi yang rutin dengan pasangan, tetapi tidak perlu terlalu berlebihan sehingga menggangu aktivitas pasangan kalian. Saling berdiskusi dengan pasangan agar meluangkan waktu bagi kalian berdua untuk berkomunikasi secara rutin.

Dengan berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini dapat mempermudah kalian untuk saling berkomunikasi dengan pasanganya, dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Line dan media sosial lainnya. Kalian juga dapat merencanakan waktu yang tepat untuk bertemu agar dapat membangkitkan semangat dengan adanya sesuatu hal yang kalian berdua nantikan.

Advertisement

2. Terbuka dan Jujur

Foto oleh Samson Katt dari Pexels

Foto oleh Samson Katt dari Pexels via https://www.pexels.com

Dengan keterbukaan dan kejujuran kalian kepada pasangannya pasti menjadi hal yang utama. Hindari pikiran-pikiran negatif yang dapat memengaruhi hubungan kalian. Cobalah untuk berpikir positif dalam membangun hubungan, kalau ada masalah dibicarakan jangan egois agar permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat.

3. Kompromi

Foto oleh @thiszun (follow me on IG, FB) dari Pexels

Foto oleh @thiszun (follow me on IG, FB) dari Pexels via https://www.pexels.com

Kompromi dapat disebut juga dengan hubungan yang sehat karena adanya toleransi. Setiap masalah akan terselesaikan bila kalian mengerti keadaan satu sama lain. Maka dari itu tips ini bisa menjaga hubungan kalian sampai pernikahan. Meluangkan waktu untuk kompromi sebelum pasangan kalian pergi ke kota atau negara lain.

4. Hindari Perdebatan Tidak Penting

Advertisement
Foto oleh Vera Arsic dari Pexels

Foto oleh Vera Arsic dari Pexels via https://www.pexels.com

Hindarilah perdebatan yang tidak penting atau masalah sepele yang dibesar-besarkan karena saling egois tehadap pasanganya. Jika terjadinya perbedaan pendapat atau ketidak setujuan Ketika berkomunikasi, tahan diri untuk berdebat. Mengikuti nafsu amarah tidak ada habisnya sampai salah satu dari pasangan harus mengalah.

Maka dari itu, hindari sebisa mungkun percakapan-percakan yang mengundang konflik. Fokuslah pada satu topik ringan ketimbang topik berat dan pikirkan terlebih dahulu risiko apa yang kalian ucapkan kepada pasangan kalian.

5. Mendiskusikan Masalah Apapun

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Di setiap hubungan pasti ada masalah maka dari itu kalian harus sering berdiskusi dengan pasangan kalian tentang masalah yang lagi dihadapi. Mungkin ada kondisi dimana masing-masing dari kalian memilih untuk menghindar agar tidak membahas permasalahan. Tetapi jika kalian ingin hubungan yang baik dan sehat, kalian harus berdiskusi tentang masalah apapun terutama kekhawatiran dari kalian dan pasangan kalian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa

CLOSE