5 Tips Mudah Menghilangkan Bau Apek Pada Sofa

Biasanya, kita menggunakan sofa untuk bersantai sembari menikmati waktu luang dengan keluarga. Namun, sofa yang sering kita duduki lama-kelamaan akan menimbulkan bau apek atau tak sedap.

Bukan tanpa alasan, bau apek pada sofa bisa datang karena berbagai hal, seperti keringat, makanan yang jatuh, hingga bekas bulu dari hewan peliharaan. Bila kita diamkan, baunya dapat menyebar ke ruangan lain dan mengurangi rasa nyaman.

Namun jangan khawatir, ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bau apek pada sofa. Simak tipsnya berikut ini, Sobat Hipwee!

Advertisement

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat membunuh berbagai bakteri penyebab bau apek pada sofa. Jadi, kamu dapat menjemur sofa di halaman rumah agar bisa terkena sinar matahari langsung.

Bila tak ingin repot, kamu dapat meletakkan sofa di dekat jendela dan biarkan pantulan cahaya mataharinya menyinari permukaan sofa.

Advertisement

2. Segera Bersihkan Noda

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Sebagai perabot esensial, pastikan kamu selalu membersihkan sofa jika ada noda yang menempel. Noda tersebut dapat datang dari makanan ataupun kotoran lainnya. 

Jika didiamkan, noda dapat mengendap dan menimbulkan bakteri serta bau apek. Kamu dapat membersihkannya menggunakan tisu basah atau kain lembut. Kemudian, usap secara perlahan dengan gerakan melingkar.

3. Rutin Menggunakan Vacuum Cleaner

Meskipun sofa terlihat bersih, bukan berarti permukaannya tidak kotor. Apalagi, kalau kamu menggunakannya setiap hari. Oleh sebab itu, kamu harus rutin menggunakan vacuum cleaner setiap hari buat menyedot debu dan kotoran pada sofa. Soalnya, debu dan kotoran yang menempel dapat membuat sofa jadi kusam dan bau.

Advertisement

4. Bersihkan dengan Baking Soda

Baking soda atau soda kue merupakan bahan dapur alami yang memiliki kemampuan menyerap bau apek pada furnitur. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk soda kue dengan air hingga menyerupai pasta. 

Kemudian, oleskan pasta tersebut tepat di atas sofa dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah, kamu dapat menyedot sisa bubuknya menggunakan alat penyedot debu.

5. Pakai Cuka Putih

Terakhir, kamu bisa menghilangkan bau apek pada sofa menggunakan cuka putih. Caranya dengan membuat campuran air dan cuka putih di dalam botol semprot. 

Kemudian, semprotkan pada permukaan sofa dan gosok dengan kain microfiber yang lembut. Jika sudah, kamu dapat mendiamkannya hingga sofa kering.

Nah, itu dia lima cara yang bisa kamu lakukan buat mengatasi bau apek yang ada di sofa, Sobat Hipwee.

Tenang, kamu bisa menggunakan cara di atas buat membersihkan aneka jenis sofa, seperti sofa recliner, sofa bed, 1 dudukan, hingga sofa sectional. Bila kamu merawatnya dengan baik, maka sofa pun bisa digunakan hingga 50 tahun mendatang.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan lilin aromaterapi di dalam ruang keluarga untuk mengatasi bau tak sedap. Jadinya, kamu dan anggota keluarga dapat bersantai dengan lebih nyaman dan rileks.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ruparupa.com merupakan e-commerce resmi ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Grup Kawan Lama lainnya. ruparupa.com hadir untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik buat semua orang karena rumah adalah awal semuanya dimulai.

CLOSE