Kebanyakan orang dari kecil pasti bermimpi punya mobil banyak, rumah besar dan lain-lain. Semakin besar dan dewasa, semuanya sadar bahwa untuk memiliki itu semua sangat tidak mudah, bahkan bisa di bilang mustahil untuk kita yang gajinya berkecukupan saja. Masuk akal memang jika misalnya gaji per bulan kita hanya 3-4 juta, maka butuh paling tidak 5 tahunan untuk bisa membeli mobil, itu pun kalau sisa gaji 1 bulan bisa sisa minimal 1-2 jutaan, tentu saja hal ini sulit untuk diwujudkan meski sudah berusaha hidup hemat sekali pun.

Ada 1 cara pasti yang bisa kita lakukan untuk bisa membeli mobil, yakni perbanyak gaji perbulannya! Namun, jika kita posisinya sebagai karyawan biasa atau lebih rendah dari itu, rasanya tidak mungkin bisa menaikkan gaji kita dalam waktu sekejap. Tapi kamu tidak perlu risau, karena faktanya, ada banyak orang yang gajinya pas-pasan tapi tetap bisa beli mobil. Apa saja yang mereka lakukan? simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan egois, jika gaji kamu pas-pasan, beli saja mobil bekas, tidak harus baru

Dan hampir semua orang pasti beli mobil bukan karena kebutuhan, melainkan gaya hidup dan gengsi. Tapi, untuk kamu yang benar-benar membeli mobil untuk kebutuhan, tentu sangat setuju dengan poin pertama ini. Ya! belilah mobil bekas! Karena mobil tidak harus baru, asal mobil tersebut masih layak pakai, maka tidak ada masalah mau bekas atau pun baru. Tentu saja kamu juga perlu mempertimbangkan kualitas, jangan hanya soal harga saja.

2. Coba beli mobil dari saudara, orang tua atau pun teman dekat, pasti harganya jauh lebih bersahabat

Beli mobil tak harus ke dealer mobil via http://google.com

Masih berkaitan dengan poin-poin pertama mengenai bagaimana supaya kita bisa membeli mobil meski gaji kita hanya pas-pasan, yakni dengan cara membeli mobil ke saudara, orang tua, atau pun teman dekat. Tips ini memang banyak dilakukan oleh orang karena sudah pasti, harga yang harus kamu bayar nanti akan sedikit atau bahkan bisa jauh lebih murah di banding kamu beli ke orang lain.

3. Mulai sekarang, rajinlah berinvestasi, jangan cuma menabung

Advertisement

Investasi dari dini via http://google.com

Beda lho ya antara menabung dan investasi, memang sekilas sama saja di mana kita menyimpan uang kita sebagai tabungan di masa mendatang. Namun dengan investasi, kamu bisa menggandakan uang tabunganmu karena investasi itu sifatnya bisa menguntungkan, tidak seperti menabung yang seberapa banyak uang yang kita tabung, maka uang tersebutlah yang akan kembali ke kita suatu saat nanti. Untuk kamu yang bermimpi punya mobil di masa mendatang meski dengan gaji pas-pasan, cobalah untuk berinvestasi, tidak harus investasi rumah dan tanah, kamu bisa investasi untuk hal-hal kecil saja, asal tekun, maka uang tersebut dapat kamu gunakan di masa mendatang untuk membeli mobil.

4. Sisihkan gaji perbulan kamu, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit

Sisihkan gaji tiap bulan via http://lebihbaik.newstipsindonesia.com

Kebanyakan orang pasti akan mudah tergoda untuk membeli berbagai barang dan lainnya terutama saat setelah gajian. Jika kamu ingin punya mobil, gaji pas-pasan dan setiap bulan kamu tidak mengatur seberapa banyak kebutuhan yang harus dibeli dan tidak menabung, maka jangan mimpi deh bisa punya mobil! Sisihkanlah 15-25% uang dari total gaji kamu perbulannya secara rutin, percayalah dengan pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Percaya deh! Menabung itu nggak kerasa, suatu saat kamu justru akan heran bahwa jumlah tabunganmu dari hasil uang yang disisihkan dari gaji ternyata lebih besar dari perkiraan.

5. Bekerja sampingan untuk mendapatkasn uang tambahan, hasilnya untuk beli mobil

Bekerja sampingan via http://caraandroid.net

Tips terakhir, carilah pekerjaan sampingan, tidak harus yang menyita banyak waktu dalam seharinya. Misalnya saja kamu bisa bekerja sampingan dengan membuka warung makan setiap malam dan usaha tersebut kamu percayakan pada orang lain. Jadi, bisa di bilang ini ya investasi dalam bentuk usaha, di mana kamu akan mendapatkan keuntungan yang terus-terusan dan tak terasa. Jumlah uang dari hasil kerja sampinganmu dan kerja tetapmu sudah cukup untuk membeli mobil. Ini jelas lebih baik ketimbang maksa nyicil mobil dengan gaji yang hanya 3-4 jutaan saja perbulan.

Itulah beberapa tips dari saya bagaimana supaya bisa membeli mobil di usia muda meski gaji pas-pasan. Namun yang harus kamu pertimbangkan juga, apa benar bahwa kamu butuh mobil? Jangan-jangan kamu ingin punya mobil hanya karena ingin pamer dan gengsi saja, maka Tuhan sudah pasti tidak merestui hal tersebut terjadi. Pastikan bahwa kamu butuh mobil, memang untuk kebutuhan dan kepentingan keluarga dan kamu sendiri. Semoga bermanfaat ya.