5 Tips Travelling Ala Milenial dengan Budget Pas-pasan, Pokoknya Bisa Liburan~

Cocok banget buat kamu yang hobi travelling!

Travelling saat ini menjadi hobi bagi kebanyakan orang, terlebih untuk generasi milenial. Bagi milenial, berkunjung ke berbagai tempat yang memiliki spot foto menarik atau Instragammable sudah menjadi lifestyle mereka. Selalu ada saja tempat-tempat yang siap masuk bucket list. Secara finansial, generasi milenial mungkin belum sepenuhnya mapan. Nah, bagaimana tips travelling dengan budget pas-pasan?

Berikut ini tips yang dapat kamu ikuti :

Advertisement

1. Atur rencana perjalanan

Photo by Superadventure

Photo by Superadventure via https://www.superadventure.co.id

Buat list tempat yang akan kamu kunjungi, misalnya tour Jogja, tour Bali atau nge-backpacker keliling Indonesia. Kamu bisa menentukan waktu untuk travelling dari jauh-jauh hari, sembari mencari informasi tempat-tempat unik dari media sosial. Selanjutnya perlu juga ditentukan, apakah kamu akan pergi sendiri atau dengan teman dekatmu.

2. Menabung jauh-jauh hari

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Hal yang tak kalah pentingnya adalah dana. Jika kamu belum ada dana, kamu bisa mengumpulkan dana dengan cara menyisihkan uang jajan ataupun mencari tambahan dana misalnya dengan berjualan online atau dengan membuka jasa les privat. Lebih enaknya lagi kalau kamu travelling dengan mengajak teman yang bisa diajak patungan dana, selain bisa meringankan juga bisa membuat perjalanan kamu lebih seru pastinya.

Advertisement

3. Persiapan mental dan fisik

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Persiapan mental dan fisik sangatlah penting dalam melakukan perjalanan jauh. Pastikan kamu dalam kondisi sehat dan siap untuk melakukan travelling ke berbagai penjuru dunia. Karena jika kondisimu tidak fit akan menambah pengeluaran biaya untuk berobat. Persiapkan diri sebelum keberangkatan misalnya dengan menjaga stamina tubuh agar saat melakukan perjalanan yang berbeda dari aktivitas sehari-hari, badan tidak kaget.

Mental kamu juga harus di jaga dengan baik untuk membuat mood perjalanan jadi lebih bahagia. Jangan pergi dengan kondisi marah, cemas, atau sedang meninggalkan masalah yang belum terselesaikan. Itu akan menambah beban kamu saat di perjalanan.

4. Bawa bekal dari rumah

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Jangan lupa bawa cemilan dari rumah, seperti roti, keripik atau buah untuk bekal selama perjalanan dan yang paling penting bawa air putih dari rumah. Kamu juga bisa bawa nasi dan mie instan buat mengganjal perut kamu yang lapar dit jalan. Mungkin muncul pertanyaan “Bagaimana masak mie instan di tengah perjalanan?.”

Nah, kamu bisa banget bawa kompor portable mini dan nesting. Jika tidak punya bisa pinjam ke teman atau bisa juga menyewa di tempat rental adventure, kamu bisa berhenti dari perjalanan sebentar dan mencari tempat yang aman untuk memasak. Kalau mau cari yang praktis, mie instan bisa diganti dengan pop mie dan tremos kecil untuk menyeduh. Jika mau mencari makan, usahakan jangan di restoran, carilah di warung pinggir jalan. Selain murah, kamu juga bisa mencicipi makanan khas daerah setempat.

5. Manfaatkan teman yang dekat dari destinasi yang kamu tuju

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu punya kenalan atau saudara di tempat tujuan kamu, manfaatkan hal itu. Dari pada kamu menginap di hotel, lebih baik menginap di tempat kenalan maupun saudara kamu. Selain bisa menghemat biaya nginap kamu juga bisa menghemat biaya makan. Pertanyaannya

“Jika tidak mempunyai saudara atau kenalan di tempat tujuan, bagaimana solusinya?”

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap menghemat budget yaitu mencari Masjid yang menyediakan tempat untuk beristirahat bagi musafir dan kamu juga bisa bawa tenda sendiri agar lebih terasa petualangannya.

Itu dia 5 tips travelling ala milenial dengan budget pas-pasan buat kamu yang hobi travelling. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk memilih teman yang pas untuk menemani perjalananmu agar lebih berkesan dan lebih membahagiakan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE