5 Tips yang bisa Membantumu ketika Menjelang UAS. Kalo Kamu Ngikutin Tips-tips ini, UAS-mu pasti Berhasil sih

Tips menjelang Ujian Akhir Semester

UAS atau Ujian Akhir Semester merupakan tes bagi siswa/i maupun mahasiswa/i yang bertujuan untuk menguji kemampuan akademik mereka selama 1 semester. Meski tidak begitu menyeramkan seperti UN, namun tetap saja sebagian dari mereka merasakan tegang yang tidak karuan. Terlebih, mereka harus memahami semua materi yang mereka ampu di semester tersebut, belum lagi tugas take home ataupun final project yang diumumkan hanya 1 minggu sebelum UAS tersebut dimulai.

Nah, agar kamu bisa belajar efektif dan tidak dikejar-kejar deadline saat UAS, 5 tips ini bisa membantu kamu loh!

1. Membuat Ringkasan atau Rangkuman Materi

memuat ringkasan yang mudah dipahami

memuat ringkasan yang mudah dipahami via https://pxhere.com

Advertisement

Hal ini dapat membantu memudahkan kamu dalam memahami materi tersebut. Ketika merangkum, kamu boleh dengan leluasa menggunakan dan memilih bahasa yang menurutmu mudah untuk dimengerti! Selain itu, merangkum juga memudahkan kamu mengingat materi tersebut dan juga menambah daya kreativitasmu loh!

2. Jangan Menggunakan Sistem Kebut Semalam

sistem kebut semalam itu efektif?

sistem kebut semalam itu efektif? via https://pxhere.com

Tau ga sih? Ketika kamu mengerjakan tugas sehari sebelum jadwal tersebut dimulai, kamu akan merasa tertekan dan stres karena menganggap waktu yang kamu butuhkan itu kurang, hal itu dapat mengganggu konsentrasimu juga! Sehingga membuat tugas tersebut menjadi tidak maksimal.

3. Datang Lebih Awal

usahakan jangan telat!

usahakan jangan telat! via https://pxhere.com

Ini merupakan poin yang penting nih! Karena ketika kalian telat, otomatis kalian akan tegesa-gesa dan merasa panik! Materi yang dipelajari dari semalam pun akan seketika hilang karna deg-degan. Nah, dengan datang lebih awal, kamu bisa memanfaatkannya untuk membaca kembali materi yang telah kamu ringkas! Hal ini beneran terbukti loh. Materi yang kamu baca lagi akan nempel di pikiran kamu. Sehingga ketika ujian tersebut dimulai, kamu akan lebih tenang dan percaya diri.

Advertisement

4. Memanfaatkan Waktu Dengan Sebaik-baiknya

ketika tidak sedang sibuk, nyicil nugas

ketika tidak sedang sibuk, nyicil nugas via https://pxhere.com

Menjelang UAS, kamu pasti akan dihadapkan dengan berbagai tugas yang berbeda-beda di setiap pelajaran ataupun mata kuliahnya. Hal ini tentu membuatmu merasa terbebani. Padahal tidak juga loh! Dengan kamu menyicil tugas satu persatu di waktu senggangmu, dijamin, tanpa kamu sadari kamu akan meringankan tugas yang menumpuk tersebut. Dan kamu akan merasa lebih santai jika mengerjakannya jauh-jauh dari tenggat jangka waktunya.

 

5. Mintalah Restu dan Doa Orang tua

berdoa

berdoa via https://pxhere.com

Tidak ada usaha yang akan berhasil tanpa doa! Selain rutin berdoa sendiri, jangan lupa untuk meminta restu pada orang tua kamu. Restu yang tulus dari orang tua, akan memberimu kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soal UAS. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan pesan teks pada orang-orang terdekat untuk turut mendoakan demi kelancaran UAS-mu. Semakin banyak doa yang dipanjatkan, semakin tinggi kemungkinanmu untuk mendapatkan hasil UAS yang memuaskan. Terlebih, berdoa akan membuatmu merasa lebih tenang dan tidak gugup.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE