MRT di Indonesia baru saja di launching dan mulai dilakukan pengujian untuk penumpang. Pembahasan tentang berapa tarif yang sebaiknya di patok oleh pemerintah untuk dikenakan kepada masyarakat Indonesia menjadi suatu perdebatan tersendiri. Banyak masyarakat yang menginginkan agar harga untuk tranportasi canggih ini bisa murah meriah seperti transportasi umum lainnya. Sempat juga masyarakat membandingkan kecepatan dari transportasi ini dengan ojek online.

Beberapa waktu yang lalu di Instagram VOA Indonesia tim jurnalisnya membandingkan kecepatan ojek online dengan MRT, hasil akhirnya memang berbeda namun MRT hanya lambat 1 menit. Pada akhirnya reporter pun menambahkan walaupun MRT lebih lambat 1 menit namun kenyamanan yang diberikan lebih banyak dibandingkan naik ojek yang bisa membuat kamu kepanasan dan juga terpapar polusi udara di Jakarta.

Nah tapi kamu tahu nggak sih, ternyata ada beberapa transportasi kekinian yang hanya di luar negeri adanya dan kemungkinan besar Indonesia belum punya, apa aja itu? Simak artikel berikut ini ya!

 

1. Utonomous Rail Rapid Transit

Utonomous Rail Rapid Transit from Tribunnews

Utonomous Rail Rapid Transit from Tribunnews via http://travel.tribunnews.com

Transportasi yang satu ini berasal dari negeri Tiongkok lho. Sekilas kalau dilihat dari sebuah foto, transportasi yang satu ini mirip dengan kereta kan. Tetapi, uniknya, kereta yang satu ini tidak memiliki jalur seperti kereta pada umumnya. Karena jalur dari transportasi ini hanyalah berupa garis putih yang berada di aspal.

Advertisement

Transportasi yang mirip dengan kereta ini adalah Smart Bus yang memiliki sistem seperti kereta jadi memiliki beberapa gerbong gitu busnya yang bisa mengangkut 300 orang dan juga mempunyai kecepatan 40km/jam selain itu transportasi ini menggunakan sensor untuk penggeraknya jadi tidak memerlukan pengemudi. Seru kan, jadi kalau ke Tiongkok jangan lupa untuk mencoba transportasi ini ya!

2. Shinkansen

Shinkansen di Jepang

Shinkansen di Jepang via https://takaitu.id

Siapa sih yang belum pernah dengar transportasi yang satu ini? kereta ini bernama Shinkansen dan beroperasi di Negara Jepang. Kereta ini menjadi pilihan penulis karena Shinkansen merupakan trendsetter dari inovasi kereta cepat di dunia. 

Kereta ini memiliki kecepatan 320km/jam. Walaupun sudah tidak menjadi negara dengan kereta tercepat di dunia Jepang saat ini telah mengembangkan inovasi transportasi modern lainnya untuk tahun 2027. Wah, kira-kira seperti apa nih yah kecanggihannya? Semoga bisa menjadi saksi peluncuran transportasi keren ini nantinya.

3. Tokyo No Kaba / Amfibi Bus

Amphibi Bus

Amphibi Bus via http://en.kaba-bus.com

Advertisement

Transportasi ini sangatlah unik dan menarik, selain canggih transportasi ini tentulah belum dimiliki di Indonesia. Bus Amfibi ini sepertinya mampu untuk beroperasi dari daratan maupun lautan. Bus ini tampak nya beroperasi khusus untuk wisatawan yang ingin menyusuri teluk buatan yang bernama Odaiba di Tokyo.

Harga dari bus inipun berfariasi tergantung dari paket apa yang nantinya kamu pilih. Harga termurah mulai dari 3,200 Yen dan bus ini mampu menampung setidaknya 32 orang.

4. Nerpa 550

Nerpa 550 - Youtube

Nerpa 550 – Youtube via https://i.ytimg.com

Nerpa 550 adalah alat transportasi yang dikembangkan oleh Rusia, untuk menaklukan salju di kutub Utara nih. Selain bisa berfungsi diatas salju yang keras dan dingin, transportasi yang satu ini juga berfungsi selayaknya kapal diatas perairan.

Gimana nih, keren banget kan? Emang sih kalau modal transportasi yang satu ini nggak di butuhkan oleh Indonesia mengingat keadaan alam kita yang tidak memungkinkan adanya salju di Indonesia.

5. Kereta Gantung

Kereta Gantung di Rusia dari IDN

Kereta Gantung di Rusia dari IDN via https://www.idntimes.com

Nah kereta gantung sebenarnya sudah ada sih seperti di TMII maupun di Irian Barat karena freeport membangunnya. Namun untuk transportasi masal Indonesia nampaknya belum berminat untuk membangunnya, mungkin karena kondisi alam yang tidak memungkinkan.

Kereta gantung sudah sangat lazim untuk didapati di negara-negara maju yang memiliki pegunungan maupun perbukitan yang sangat banyak di wilayahnya seperti Rusia, Swiss dan Hong Kong. Sudah pernah mencoba kereta gantung ini ?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya