5 Trik Jitu Jualan Online. Ternyata Ada Teknik-tekniknya, Nggak Cuma Asal Unggah Produk

tips berjualan online

Di era yang serba canggih ini, semua dapat dilakukan dengan cara daring. Salah satunya yaitu dengan berjualan online. Semua kebutuhan dari ujung rambut hingga ujung kaki sekarang dapat kamu temukan di internet. Keuntungan berjualan online adalah tidak adanya batasan ruang dan waktu. Lewat online, bisnismu dapat menjangkau ratusan, bahkan ribuan orang sekaligus. Sehingga potensi pembelinya akan semakin besar.
Namun, meskipun banyak kesempatan, tidak semua orang bisa berjualan online. Berjualan dengan model ini tidak sembarang jualan saja. Ada tips dan triknya. Maka dari itu, berikut aku bocorkan jurus jitu jualan online agar usahamu semakin sukses.

Advertisement

1. Wajib menguasai product knowledge

Hal yang paling utama adalah kamu harus mempelajari dulu produk yang akan dijual sebelum mempromosikannya ke media sosial. 
Contohnya, produk yang kamu jual adalah produk kecantikan. Sebagai penjual, kamu harus menguasai produk tersebut. Mulai dari manfaat, bahan yang digunakan, efek sampingnya, dan lain-lain.

2. Menentukan target penjualan

Poin ini adalah yang paling dasar dan harus dipahami serta dilakukan oleh penjual. Ingat ini, tidak akan ada pencapaian jika tidak ada target. Lalu bagaimana caranya membuat target penjualan? Kamu perlu membuat target jualan harian, mingguan dan bulanan. Contohnya, kamu harus menargetkan dalam satu hari itu harus menawarkan produk ke 10 orang dengan cara pendekatan atau iklan di media sosial pada jam-jam yang sesuai dengan para pengguna media sosial. Kamu juga perlu memperhatikan target pasar dan memperbanyak teman di media sosial yang sesuai dengan target penjualanmu.
 

Advertisement

3. Pelajari media sosial dengan tujuan untuk berjualan

Pinterest

Pinterest via http://pin.it

Pemahaman penting dalam media sosial adalah tentang membangun kolam. Kolam yang dimaksud adalah sekumpulan followers atau teman di media sosial. Teman-teman dan followers ini pada dasarnya adalah calon pembeli. Supaya calon pembeli semakin banyak, maka kamu harus memperbesar kolam. Mengapa ini penting? Anggap saja seperti ini, kamu lebih mudah memancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih mudah di kolam sendiri kan? Mengapa? Sebab ikannya sudah berkumpul dan tinggal dipanen. Beberapa media yang bisa dipakai untuk memperbesar kolam seperti Instagram, Facebook, atau Telegram.

Nah, sekarang bagaimana agar followers dan temanmu semakin banyak dan kolam makin besar? Kunci suksesnya adalah kamu harus sering memberikan sesuatu yang mereka sukai serta bermanfaat terlebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Misalnya, produk yang kamu jual ada produk kesehatan, maka kamu harus rutin membagikan tentang tips-tips hidup sehat dan lain-lain. Ketika kolam itu sudah besar, kamu akan lebih mudah memanen pesanan.

4. Gunakan copywriting untuk jualan

Advertisement

Apa itu copywriting? Copywriting adalah segala bentuk tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan produk agar omset melesat.
Tujuan copywriting di antaranya :
1. Membuat penawaran lebih menarik
2. Meyakinkan calon pembeli
3. Mengubah calon pembeli menjadi pembeli
4. Meningkatkan omset

Kamu harus membuat judul promo semenarik mungkin, bahkan sampai membuat penasaran. Beberapa teknik yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memberikan bukti bahwa toko online– mu amanah, gratis bonus, diskon, limited offer (penawaran terbatas), garansi, voucher, memberikan testimoni, cashback, dan lain-lain.

5. Kuasai teknik closing

Teknik ini sangat penting, karena tanpa ini penjualanmu tidak akan besar. Tujuan dari teknik closing ini adalah agar calon pembeli menjadi benar-benar membeli produkmu. Teknik ini berguna agar calon pembeli tidak merasa dipaksa untuk segera membeli.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama Lengkap Nur Wahidah. Mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan, Jurusan Pendidikan Agama Islam.

CLOSE