5 Trik Menghadirkan Desain Unfinished yang Elegan di Rumah

Ruangan jadi tampil beda!

Penggunaan material unfinished saat ini sedang digemari. Bisa kamu lihat, gaya desain ini kerap diaplikasikan oleh berbagai restoran, kafe, hingga rumah melalui penggunaan material ekspos pada sejumlah elemen. Meskipun konsep interior design ini tampak sederhana, namun ada banyak perhitungan yang perlu kamu lakukan agar hunian tampil apik dan artistik. Berikut ini terdapat 5 trik dari Dekoruma yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan desain unfinished yang elegan di rumah.

Advertisement

1. Penerapan material unfinished

Material Unfinished pada Kamar Tidur

Material Unfinished pada Kamar Tidur via http://houzz.com

Penerapan material unfinished erat kaitannya dengan gaya industrial. Kamu bisa mengekspos area dinding dan lantai yang dibiarkan polos dengan plesteran semen tanpa dilapisi cat atau dilapisi dengan keramik. Agar tampak estetik, padukan penggunaan material besi atau metal misalnya pada jaringan utilitas yang terdapat di area plafon.

2. Finishing interior unfinished

Ruang Tamu dengan Finishing Unfinished

Ruang Tamu dengan Finishing Unfinished via http://freshome.com

Perlu kamu ketahui, konsep unfinished yang berlaku pada gaya ini hanyalah sebuah istilah dan bukan berarti bahwa penerapannya benar-benar belum selesai. Dalam proses pembuatannya, kamu tetap harus melakukan finishing dengan memberikan lapisan atau cairan khusus (coating) agar rumah tampak rapi, tahan lama dan mudah dibersihkan.

3. Lakukan dekorasi agar hunian tampak menawan

Dekorasi Pada Ruang Tengah Unfinished

Dekorasi Pada Ruang Tengah Unfinished via http://urdesignmag.com

Material unfinished biasanya didominasi oleh penggunaan warna netral seperti abu-abu sehingga penerapannya kerap terkesan membosankan. Sebaiknya, lakukan dekorasi secara cermat dengan memadukan warna dan elemen tertentu sehingga tampilan interior menjadi lebih hidup. Kamu bisa menempatkan furniture seperti sofa, meja serta penggunaan kasur lantai atau kasur busa yang diberikan cover berwarna cerah seperti kuning atau merah.

4. Tonjolkan karakter material unfinished

Kamar Tidur dengan Sisi Unfinished yang Menonjol

Kamar Tidur dengan Sisi Unfinished yang Menonjol via http://nimvo.com

Saat mendekorasi ruangan, usahakan kamu tidak berlebihan dalam memadukan warna-warna cerah supaya karakter utama dari material unfinished tetap menonjol. Pastikan, penggunaan warna cerah tidak terlalu mendominasi warna dasar seperti abu-abu yang terdapat pada dinding, plafon atau lantai.

5. Seimbangkan dengan nuansa natural

Advertisement
Kamar Tidur Unfinished dengan Nuansa Natural

Kamar Tidur Unfinished dengan Nuansa Natural via http://pinterest.com

Penggunaan material unfinished cenderung memberikan kesan kaku dan dingin pada ruangan. Agar suasana interior menjadi lebih hidup dan nyaman, kamu bisa memadukan elemen natural seperti menempatkan pot tanaman indoor seperti sukulen. Selain itu, kamu pun bisa memakai pelapis lantai berupa parket kayu pada lantai yang sangat cocok dipadukan dengan dinding beton ekspos.

Lima tips di atas bisa kamu lakukan untuk menciptakan desain unfinished yang tampil elegan. Yuk, percantik hunian kamu agar makin nyaman untuk ditinggali!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE