5 Trik Menghias Ruangan Menggunakan Rak Dinding Unik

Aneka Model Rak Dinding yang Unik dan Keren

Enggak cuma sebagai dekorasi yang hemat ruang, rak dinding atau rak gantung juga membantu menambah kapasitas ruang penyimpanan. Cuma karena barang-barang yang ditaruh di atas rak dinding kelihatan dari luar, enggak semua barang bisa ditaruh. Setidaknya benda-benda dekorasi yang emang sengaja dipajang.

Buat barang-barang yang lebih pribadi, jarang dipakai, atau enggak pengin terlihat sama penghuni rumah lainnya atau tamu, ada rak dinding tertutup yang lebih rapi dan privat. Pada dasarnya, rak dinding jadi solusi space-saving buat hunian yang enggak terlalu besar karena memanfaatkan ruang vertikal jadi ruang penyimpanan.

Pasang kabinet atau lemari pakaian 2 pintu terlalu banyak bisa bikin ruangan jadi terasa makin sempit lagi. Ruang gerak malah jadi terbatas dan enggak leluasa. Membersihkan lemari atau kabinet tertutup juga bakal lebih repot. Apalagi dibanding rak dinding terbuka yang tinggal dilap permukaannya.

Kebanyakan rak dinding berbentuk persegi panjang dengan berbagai macam variasi. Ada yang hanya lempengan aja buat kasih kesan floating, rak gantung dengan rangka besi buat tampilan yang lebih industrial, atau kalau ditelusuri lebih banyak kalian bisa nemuin rak dinding yang unik dan menarik.

Baik dari bentuknya, cara pemasangannya, tata letaknya, dan masih banyak lagi. Kalau kamu enggak pengin pasang rak dinding yang bentuknya gitu-gitu aja dan mau tampil beda, coba, deh, lihat beberapa ragam bentuk dan trik rak dinding gantung yang unik ini.

Dekoruma udah ngumpulin lima trik menghias ruangan menggunakan rak dinding unik, supaya rak dinding juga bisa jadi dekorasi yang bikin hunian jadi lebih berkarakter dan menarik untuk dilihat.

Advertisement

1. Pasang Rak Gantung di Bawah Tangga Biar Enggak Mubazir. Ruang Kosong yang Bisa Difungsikan Jadi Ruang Penyimpanan Tambahan

Sumber: Suvaco

Sumber: Suvaco via https://suvaco.jp

Sering kali rak dinding dipasang di tembok polos biasa yang memang sebagaimana mestinya. Namun, dengan cara memasang rak dinding di bawah tangga, kalian enggak membuang ruang kosong secara percuma dan punya ruang penyimpanan dan pajangan tambahan.

Mengikuti bentuk bagian bawah tangga, rak dinding ini punya bentuk segitiga yang berundak. Hasilnya, kalian punya ruang penyimpanan tambahan buat menaruh barang-barang dekorasi seperti vas, lilin, buku dekorasi, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Lalu, terlihat bagaimana bagian kiri dibiarkan hanya punya satu ambalan untuk menaruh tanaman hias. Kalian bisa alih fungsikan bagian itu, pasang rel gantungan baju dan jadikan tempat untuk menggantung jaket atau mantel yang dipakai keluar rumah. Multifungsi dan hemat ruang, kan?

2. Atur Rak Gantung Floating Paling Sederhana Ini dalam Bentuk Pola Tertentu. Hasilnya Unik dan Keren Banget Pas Dilihat!

Sumber: Livspace

Sumber: Livspace via https://www.livspace.com

Lupakan meja TV yang bentuk dan tampilannya gitu-gitu aja dan kreasikan rak dinding paling standar jadi pola seperti ini. Rak ambalan polos ini dipasang di dinding mengelilingi televisi yang ditempel di tembok. Seolah-olah layar TV adalah pusatnya dan rak dinding ini adalah cabang-cabang yang keluar.

Seperti yang dilihat, kalian bisa menaruh berbagai dekorasi tanaman hias dalam pot, botol dekorasi, berbagai ornamen, dan masih banyak lagi. Penempatan rak dinding ini pun tentunya bebas sesuai kreativitas dan keinginan pemilik rumah yang pasti akan kelihatan unik dan menarik. 

Advertisement

3. Rak Gantung Bundar Sebagai Variasi. Tampilan Ruangan Jadi Lebih Dinamis dan Lebih Ramah Buat Anak-anak

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Sekarang lanjut ke variasi bentuk rak dinding. Dimulai dengan rak dinding bundar yang lebih jarang dipakai di kebanyakan hunian. Rak yang terlihat di gambar pun juga cuma satu dari banyak jenis rak dinding bundar yang bisa dipilih. Kalian bisa temukan rak dinding bundar yang punya lebih banyak rangka dan ambalan. 

Karena enggak bersudut, rak dinding bundar ini bikin tampilan dinding jadi lebih dinamis dan menarik. Apalagi dengan latar belakang warna cerah kayak gini. Lebih lanjut, rak dinding bundar juga lebih aman buat anak-anak karena enggak ada sudut tajam.

Gambar di atas merupakan pemakaian rak dinding bundar di kamar anak yang relatif lebih aman, kalau sampai anak kurang jeli dan kepala atau badannya membentur rak dinding. 

4. Perkembangan dari Rak Dinding Bundar. Rak Gantung Segi Enam Atau Honeycomb yang Stylish, Unik, dan Menarik Perhatian

Sumber: A Beautiful Mess

Sumber: A Beautiful Mess via https://abeautifulmess.com

Bukan cuma bundar, rak dinding juga punya bentuk segi enam atau sarang lebah (honeycomb) kayak gini. Kamu bisa beli jadi rak dinding yang berbentuk demikian, tapi rak dinding segi enam seperti ini juga bisa dibuat sendiri pakai lempengan papan kayu yang dipotong pendek dan disatukan.

Bagaimanapun metodenya, rak dinding honeycomb ini bikin tampilan ruangan kelihatan unik, menarik, dan bergaya. Apalagi kalau sudah ditaruh berbagai dekorasi seperti buku-buku, bingkai foto, atau tanaman hias. 

5. Hadirkan Suasana Rustic dan Alami di dalam Ruangan. Rak Gantung Berbingkai Papan Kayu yang Menawan

Sumber: Happho

Sumber: Happho via https://happho.com

Kalau kamu suka sama furnitur atau perabot dari kayu, rak dinding ini enggak boleh terlewatkan ada di tempat tinggalmu. Kasih tampilan rustic dan klasik, variasi rak dinding yang satu ini memanfaatkan papan kayu yang bentuknya abstrak dan memang kelihatan unik dan menarik.

Dibandingkan papan kayu biasa yang bentuknya kotak atau persegi panjang, papan kayu yang bentuknya enggak beraturan ini justru menambah estetika dari rak dinding ini.

Warna dan material kayunya pun bisa disesuaikan dengan selera dan budget. Mulai dari plywood yang terjangkau sampai kayu jati yang kuat dan tahan lama. Pastinya, tampilan kuat dan rustic seperti ini cocok buat desain interior rumah modern klasik yang eklektik dan banyak referensi.

Rumahmu akan jauh lebih unik dan menarik kalau ada rak dinding seperti ini. Kalian juga bisa rancang dan buat sendiri rak dinding sesuai kebutuhan yang mungkin juga enggak kalah unik dari yang ada di daftar ini. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE