Siapa yang tidak mengenal United Kingdom? United Kingdom atau Britania Raya ini di pimpin oleh seorang Ratu Elizabeth II. Oh iya guys, tahukah kamu? Seiring arus globalisasi yang menggila, United Kingdom tetap menjadi negara yang memiliki kekuatan besar yang berpengaruh dalam bidang ekonomi, budaya, milier, sains, dan politik dunia.

Selain itu, negara ini pun memiliki banyak sekali pesona yang menakjubkan, dimulai dari sejarah, nilai budaya, hingga berbagai destinasi menarik yang begitu memukau. Aku akan tunjukan padamu destinasi-destinasi paling menarik di antara yang menarik itu, check this out 4 destinasi yang wajib banget kamu kunjungi, ketika liburan di UK.

1. BIG BEN

Big Ben atau jam raksasa ini merupakan satu tempat di UK yang berada di ujung utara Istana Westminster di London. Pada mulanya, bangunan ini diberi nama The Clock Tower. Karena nama BigBen sendiri, sebenarnya adalah nama untuk lonceng besar yang ada di dalam menara jam itu, yang beratnya lebih dari 13 ton. Selain terkenal sebagai Big Ben Tower, bangunan ini juga kadang disebut sebagai St. Stephen Tower, yang bisa kamu temukan di tengah sisi barat House of Parliament.

Lonceng Big Ben pertama kali disiarkan oleh BBC pada tanggal 31 Desember 1923. Kemudian pada Juni 2012, House of Commons mengumumkan bahwa menara jam tersebut harus berganti nama menjadi Menara Elizabeth (Elizabeth Tower) untuk menghormati Ratu Elizabeth. Selain menjadi landmark kota London, Big Ben pun menjadi menara jam terbesar di dunia setelah Royal Clock Tower di Mekkah. Hal menarik lainnya dari menara jam ini adalah ketepatan waktu yang sangat bisa diandalkan, Big Ben berdenting 15 menit sekali.

Advertisement

Bahkan bunyi loncengnya bisa terdengar hingga sejauh 8 km. Jika kamu dapat kesempatan datang ke London, jangan lewatkan untuk mengunjungi menara ini. Sebuah menara yang mulai berdetak di tanggal 31 Mei 1859. You would be impressed atau mungkin jatuh cinta berkali-kali dengan pemandangan menara setinggi 96,3 meter itu. Apalagi kalau kamu datang ke tempat ini pada malam hari, kamu akan semakin terpesona dengan keindahannya karena sinar lampu kuning keemasan dari Istana Westminster.

Diandalkan, Big Ben berdenting 15 menit sekali. Bahkan bunyi loncengnya bisa terdengar hingga sejauh 8 km. Jika kamu dapat kesempatan datang ke London, jangan lewatkan untuk mengunjungi menara ini. Sebuah menara yang mulai berdetak di tanggal 31 Mei 1859. You would be impressed atau mungkin jatuh cinta berkali-kali dengan pemandangan menara setinggi 96,3 meter itu. Apalagi kalau kamu datang ke tempat ini pada malam hari, kamu akan semakin terpesona dengan keindahannya karena sinar lampu kuning keemasan dari Istana Westminster.

2. LONDON EYE

London Eye atau yang sering juga disebut Millennium Wheel adalah bianglala paling besar di dunia. Kincir raksasa ini memiliki tinggi hingga 135 meter. Berlokasi di tempat yang sangat strategis, yaitu terletak di tepian Sungai Thames, tepatnya berada di samping Gedung Parlemen dan menara jam Big Ben.

Advertisement

The London Eye dirancang oleh arsitek David Marks dan Julian Barfield. Kincir raksasa ini terdiri dari 32 buah kapsul dan berputar dengan kecepatan 0,26 meter per detik. Jadi, ketika kamu menaikinya kamu tidak akan merasa mual karena guncangan yang keras, dan waktu yang kamu habiskan yaitu 30 menit untuk satu kali putaran.

Kamu akan sepuasnya melihat pemandangan kota London yang begitu memukau dari ketinggian The London Eye ini. Misalnya, dari sisi timur kamu bisa melihat Stasiun Waterloo, yang merupakan rumah bagi kereta Eurostar yang bisa mengantar ke Paris dan kota-kota lain di Eropa. Lalu di sisi barat, kamu akan melihat Istana Buckingham dan Katedral Westminster dari kejauhan.

Kemudian, ketika kamu melihat ke sisi utara, kamu akan menemukan Royal Opera House, Alexandra Palace, dan British Museum. Sedangkan di sisi selatan, kamu akan melihat bangunan-bangunan penting seperti Westminster Bridge, Big Ben, Westminster Abbey, House of Common, dan lainnya. Kalau kamu memiliki kesempatan datang kesini, sebaiknya datang saat langit sedang dikuasai oleh Sang Penguasa Malam, karena lautan cahaya Kota London di malam hari merupakan sebuah pemandangan yang tidak akan terbayarkan

3. SUNGAI THAMES

SUNGAI THAMES

SUNGAI THAMES via https://www.instagram.com

Sebuah sungai di selatan Inggris yang menghubungkan kota London dengan laut ini mengalir sepanjang 356 KM dan bermuara di laut Utara. Yang menarik dari tempat ini adalah bahwa di sepanjang Sungai Thames kamu akan menemukan berbagai macam tempat wisata yang menjadi highlights dunia. Seperti Games of The XXX Olympiad, pada tahun 2012. Waktu itu Pasukan Royal Marine Inggris mengantarkan api olimpiade menuju Tower of London dengan melintasi Sungai Thames menggunakan helikopter.

Selain itu, Sungai Thames juga menjadi tempat Perayaan 60 tahun Ratu Elizabeth, sekitar seribu perahu hias memenuhi sungai sepanjang 11 KM tersebut. Dan diperkirakan sebanyak satu juta warga Inggris memenuhi sisi Sungai Thames untuk menyaksikannya. Selain terdapat London Eye juga Big Ben, ditepian Sungai Thames juga terdapat Shakespeare’s Globe Theatre. Sebuah teater yang memiliki taman bermain terbuka, konon katanya sastrawan Inggris terbesar, William Shakespeare’s, banyak menulis naskah dramanya di taman ini.

4. BUCKINGHAM PALACE

BUCKINGHAM PALACE

BUCKINGHAM PALACE via https://www.instagram.com

Buckingham Palace merupakan kediaman Ratu Inggris di London. Dirancang seluas 77.000 meter persegi, istana ini merupakan karya kolaboratif beberapa arsitek, yaitu John Nash, Edward Blore, Aston Webb, Thomas Cubitt, dan Willian Winde. Biasanya para wisatawan datang ke tempat ini adalah untuk melihat Upacara Changing The Guardian. Kalau suatu saat kamu mengunjungi Buckingham Palace, kamu pasti akan melihat beberapa prajurit Inggris yang berseragam jas militer merah, lengkap dengan ciri khas topi hitam dari kulit beruang sambil menenteng senapan. Para prajurit tersebut menempati beberapa pos jaga di beberapa sudut istana.

Upacara changing the guardian dimulai pada pukul 11.30 waktu setempat, sehingga kalau kamu mau menyaksikannya, kamu harus datang pagi-pagi. Saat upacara dimulai, para prajurit tersebut akan beranjak dari pos mereka untuk melakukan upacara, pelaksanaannya berlangsung selama 45 menit di halaman istana. Sebanyak 20 prajurit berbaris kemudian datang 20 prajurit lainnya yang menggantikan prajurit sebelumnya. Lalu muncul pertanyaan, apa sih yang menarik dari upacara ini selain silih berganti prajurit? Nah, yang menarik dari upacara ini adalah, kamu akan melihat arak-arakan yang diiringi grup marching band. Musik yang dimainkan tidak hanya lagu-lagu militer yang sering dipakai baris-berbaris, tapi juga musik kenamaan. Keren ya?

5. TOWER BRIDGE

TOWER BRIDGE

TOWER BRIDGE via https://www.instagram.com

Tower Bridge merupakan salah satu jembatan paling terkenal di dunia. Menggabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung, membentang diatas Sungai Thames di London. Letaknya berdekatan dengan London Tower sehingga jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun tahun 1894. Selain menjadi ikon kota London, terdapat keunikan dari Tower Bridge ini, yaitu jembatan ini dipotong di bagian tengahnya sehingga menghasilkan dua sisi jembatan yang bisa diangkat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya