Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Batam di kelilingin oleh banyak pulau-pulau kecil yang berpenghuni maupun tidak. Oleh karena itu objek wisata yang dominan di Batam adalah pantai serta menjelajah pulau. Sama seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Batam memiliki ikon yang sudah terkenal yaitu jembatan baelang. Jembatan ini dibangun dibawah kepemimpinan Bapak B.J Habibie, dengan keberadaan jembatan ini menjadi penghubung untuk beberapa pulau yaitu Batam-Rempang-Galang. Nah, selain itu jembatan ini menjadi objek wisata yang nggak pernah sepi di datangin pengunjung, ada yang hanya selfie, menikmati kuliner di sekitar jembatan maupun yang hanya melihat pemandangan sekitar jembatan.

Selain jembatan Barelang, Batam juga memiliki objek wisata yang nggak kalah menarik lho. Batam di kelilingin oleh pulau-pulau kecil, nah beberapa pulau tersebut banyak menyimpan keindahan yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas. Padahal pulau-pulau tersebut bisa menjadi opsi liburan dari kepenatan aktivitas kamu di kota lho.

1. PULAU ABANG

Snorkeling di Pulau Abang via https://www.instagram.com

Pulau pertama yang bisa menjadi pilihan untuk liburan kamu adalah Pulau Abang, pulau ini berlokasi di Selatan Kota Batam. Pulau ini memang cukup kecil dan letaknya memang cukup jauh dari perkotaan, akan tetapi kamu tidak akan menyesal setelah perjalanan jauh ke objek wisata ini. Bagi kamu yang ingin berlibur kesini, kamu bisa mengajak sahabat, relasi maupun keluarga. karena lokasinya yang cukup jauh dan harus menyebrang dari jembatan 5 Barelang, kamu perlu mempersiapkan keberangkatan sebelumnya seperti memastikan sudah memiliki perahu yang akan digunakan untuk menyebrang ke Pulau Abang. Kamu bisa menyewa perahu para nelayan di sekitar, atau kamu juga bisa menggunakan jasa Open Trip ke Pulau Abang agar perjalanan kamu tidak ribet yahhh. Apa aja sih yang bisa kita lihat di Pulau ini?

Pulau Abang memiliki keindahan bawah laut yang kereen looh. Kalau kamu suka snorkeling, nah bisa jadi spot untuk kamu menjelajah kekayaan bawah lautnya. Tidak perlu pusing mengenai peralatan menyelam, karena di sini ada di sewakan perlatan lengkap lho, dan tentunya kamu juga di pandu kok jadi bisa menyelam dengan nyaman dan aman kan. Tapi, kalau tidak ingin menyelam kamu juga bisa bermain di pantainya lho, pasir pantai yang putih dan bersih menjadi nilai tambah untuk pulau ini.

2. PULAU MUBUT

Pasir putih pantai di mubut via https://www.instagram.com

Advertisement

Selanjutnya wisata pantai, nah pantai yang indah ini berlokasi di Pulau Mubut, Mubut dapat di jangka dari jembatan Barelang, kemudian kamu cukup mencari plang ke Pulau Mubut. Pantai di Mubut ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali deh. Walaupun perjalanan yang cukup melelahkan badan, tetapi akan terbayar ketika kamu menginjakkan kaki di atas pasir putih yang lembut dan hembusan angin laut serta melihat sekeliling dengan pohon-pohon kelapa muda.

Destinasi wisata Mubut ini sudah dikenal di Batam, sehingga apabila kamu mau berkunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena disini sudah disediakan pendopo kecil maupun WC dan fasilitas lainnya. Pantai ini selalu ramai dikunjungin wisatawan, ada yang mengajak keluarga, relasi kerja, maupun sahabat. Keindahan pantai ini instagram-able lho, jadi jangan lupa yahh kalau kamu berkunjung untuk mengambil foto lalu bisa kamu posting di instagram sebagai kenangan dan membuat feed instagram kamu makin ciamik dehh!

3. PULAU PETONG

pemandangan bawah laut Pulau Petong via https://www.instagram.com

Pulau Petong, pulau yang memiiliki keindahan bawah laut yang indah banget. Sama seperti di Pulau Abang, di sini kamu wajib banget menyelam lho, karena banyak jenis-jenis ikan dan indahnya terumbu karang yang bisa kamu lihat. Di sini juga ada spot foto bawah laut yang lagi hits itu lho, jadi semakin menarik untuk di kunjungin kan?

Advertisement

Nah, kalau kamu menjadikan ini destinasi wisata untuk liburan kamu bisa menggunakan jasa Reef Adventure, karena untuk kesini baru Reef Adventure yang menyediakan paket wisata yang lengkap untuk kamu mulai dari penginapan, snorkeling, diving, sampai penjemputan lho jadi kamu tinggal nyantai aja deh menikmati liburan, tentunya didukung dengan fasilitas yang lengkap dan di pandu oleh tenaga professional juga. Liburan yang menyenangkan bukan? apalagi jika ditemani oleh orang-orang tersayang.

4. PULAU SUBANG MAS

Pantai Permata di Subang mas via https://www.instagram.com

Siapa sih yang nggak suka sama pantai? Kebanyakan orang pasti suka dong yah berlibur di pantai bersama keluarga ataupun teman-teman. Indonesia itu terkenal dengan pantainya yang indah-indah, contohnya Bali yang pantainya selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tapi, bukan cuma Bali lho yang punya pantai yang kereen, Batam juga punya pantai yang indah yaitu Pantai Permata yang berlokasi di Pulau Subang Mas. Bagi kamu yang ingin ke pulau subang mas ini, kamu bisa lewat 2 jalur yaitu dari Pelabuhan Telaga Punggur, lalu kamu menyewa pompong kepada penduduk atau nelayan lokal di sekitar Pelabuhan Telaga Punggur atau kamu bisa jembatan 2 Barelang, kamu bisa membuat janji terlebih dahulu dengan nelayan atau pun penyedia pompong di sekitar yang dapat mengantar ke pulau Subang Mas.

Di Pantai ini kamu bisa berenang, berjalan-jalan di atas pasir putih yang bersih sambil melihat panorama yang indah di sekitar. Memang pantai ini masih sangat sepi pengunjung, sehingga fasilitasnya juga belum memadai. Akan tetapi , pantai yang seperti ini tetap kereen kan, kamu bisa mengambil foto untuk bisa kamu posting di sosial media, karena itu kalau kamu hendak berlibur ke pantai permata ini ajak teman ataupun keluarga yahh, berlibur ramai- ramai lebih mengasyikkan kan.

5. PULAU RANO

Pantai di Pulau Rano via https://4.bp.blogspot.com

Pulau Rano adalah opsi kelima untuk destinasi wisata kamu apabila sedang berada di Batam, Batam memang kaya akan wisata pantainya jadi kamu punya banyak pilihan deh. Selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan adalah Pulau Rano, pulau ini dapat dijangkau oleh pengunjung dengan menyebrang dari jembatan 6 Barelang lalu menggunakan perahu nelayan untuk sampai ke Pulau Rano. Pulau Rano adalah pulau kecil, dan objek wisata ini juga baru dikenal di Batam. Bagi kamu yang selalu kagum akan keindahan alam, dan suka menjelajah kamu bisa mengunjungi Pulau Rano. Di Pulau Rano, sama seperti pulau lainnya yaitu lokasinya yang masih bersih karena masih sepi pengunjung dan keindahan laut maupun pantainya yang buat kamu betah lama-lama bermain di Pulau Rano ini. Pasir pantai yang lembut dan putih, pohon kelapa yang menjuntai tinggi tentunya air laut yang jernih, makanya kamu pasti suka banget deh ke tempat ini. Walaupun belum ada fasilitas umum yang memadai, tidak mempengaruhi keindahan pantai di Pulau Rano. Keindahan alam memang mampu menghilangkan stres lho, apalagi dari polusi udara di perkotaan dan padatnya rutinitas yang kamu jalanin.

Nah, udah tau kan beberap objek wisata di Batam yang layak kamu kunjungin, sebenarnya masih banyak lagi lho objek wisata lainnya, jadi kamu akan semakin betah berlibur di Batam. Bagi kamu yang biasanya mengenal Pulau Batam dengan ikon jembatan Barelangnya, dengan tempat barang elektronik yang murah, atau dengan julukan kota industri ngak usah kaget deh, karena sekarang Batam lagi berbenah menjadi Kota Pariwisata yang ramah wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemerintah Batam sangat mendukung pariwisatanya sehingga sekarang ini lagi gencar-gencarnya melakukan perbaikan di berbagai sudut kota seperti jalan, penataan kota, dan fasilitas publik lainnya tentunya itu semua untuk menunjang kenyamanan kamu saat berkunjung ke Kota Batam.

So, tunggu apalagi. Jangan lupa masukkan Batam ke wishlist liburan kamu ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya