#DiIndonesiaAja-5 Wisata Alam Sentul yang Wajib di Datangi Bersama Keluarga atau Gebetan, Dijamin Nggak Nyesel!

Wisata Alam Dekat Jakarta

Selama pandemi pasti ngerasa bosen dirumah aja. Butuh asupan vitamin dari liat pepohonan. Ditambah lagi pandemi bikin kita kerjaannya tidur makan tidur makan! Daripada tidur makan doang, yuk masukin bucket list  5 wisata alam Sentul yang wajib didatangi. Dijamin nggak bikin nyesel! Cuma 1 jam-an dari Jakarta ternyata udah bisa liat alam sebagus ini tanpa jauh-jauh harus keluar kota!

Advertisement

1. Caving di Goa Agung Garunggang,

Goa Garunggang (Uda Indra) via autopost blog

Goa Garunggang (Uda Indra) via autopost blog via https://udaindra.blogspot.com

Emangnya Jogja aja yang punya goa? Di dekat Jakarta juga bisa kok caving di Goa Garunggang!

Gua ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor karna rute yang cukup sempit. Apabila mengunakan mobil, kurang lebih kamu harus tracking 1,5 km hingga ke parkiran motor. Selanjutnya melanjutkan tracking kurang lebih 2 km hingga sampai di Goa Garunggang. 

Advertisement

Perjalanan selama tracking akan disuguhkan dengan barisan perbukitan hijau, sawah, dan ladang warga. Pastikan kamu menggunakan sepatu yang safety untuk tracking. Tidak ada retribusi untuk mengunjungi daerah ini, namun kamu akan dipandu oleh tour guide yang tidak mematok tarif. 

Ditempat ini pula kamu bisa melakukan panjat tebing maupun camping. Buka pukul 08.00 – 16.30 WIB. Dijamin bisa memuaskan jiwa petualanganmu!

2. Berenang di Curug Bidadari

Advertisement
Curug Bidadari (Dewi) via https://travelspromo.com

Curug Bidadari (Dewi) via https://travelspromo.com via https://travelspromo.com

Curug Bidadari yang sudah cukup terkenal dari dulu ini terletak di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Curug yang satu ini sudah cukup friendly untuk dikunjungi bersama keluarga karena selain ada curug ada juga kolam renang, gazebo untuk berkumpul bersama keluarga, spot kuliner, bahkan flying fox untuk anak. 

Harga tiket masuk di hari biasa Rp 25.000 sedangkan di hari libur Rp 40.000. Untuk parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 4.000. Pintu masuk dibuka 06.00 – 17.00 WIB.

Di sini kamu bisa foto cantik bersama keluarga maupun teman teman karena fasilitas yang sudah sangat memadai dan safety. 

3. Tracking Susur Sungai ke Curug Ngumpet

Curug Ngumpet (Imron Saputra) via https://www.yukpiknik.com

Curug Ngumpet (Imron Saputra) via https://www.yukpiknik.com via https://www.yukpiknik.com

Curug yang lagi hits ini, dikatakan curug ngumpet karna letaknya memang ngumpet diantara bebatuan. Tidak telalu lebar seperti curug lain namun cukup tinggi dan alami. Untuk mencapai curug ini, kamu perlu tracking dengan beberapa rute. Terdapat rute melewati sungai ataupun jalan setapak kebun warga. Kalo penulis sih saranin susur sungai biar lebih berasa menikmati alamnya. Dijamin atmosfer selama tracking berasa lagi di pos pendakian awal naik gunung.

Curug Ngumpet terdiri dari beberapa spot curug. Terdapat 4 spot curug yang bisa disinggahi, semakin mendaki keatas kita akan semakin menemui curug  yang memiliki ketinggian yang lebih tinggi. Udah pasti semakin tinggi curugnya, pasti lebih bagus dong buat difoto!

Untuk tracking kurang lebih 3-7 jam tergantung rute yang dipilih. Harga masuk Rp 25.000 perorang + biaya biaya perintilan atau bisa lewat tourguide. Kemarin penulis sama tourguide all in dapat Rp 100.000 per orang. Penulis saranin untuk menggunakan sepatu anti-slip karna cukup licin untuk mencapai spot curug tertingginya. Buka pukul 07.00 – 16.00 WIB dan bisa untuk camping juga loh dekat curugnya.

Patut dicoba deh!

4. Sunset di Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang (Navia Azzahra) via https://travelandword.com

Taman Fathan Hambalang (Navia Azzahra) via https://travelandword.com via https://travelandword.com

Mau menikmati alam sambil ngopi cantik?

Ini tempatnya! Taman Fathan Hambalang terletak di Kecamatan Citereup, Sentul, Bogor. Ditempat ini kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan ditemani cemilan dan kopi mulai dari harga Rp 5.000 untuk kopinya. Murah banget! Selain itu disekitar taman ini menyediakan fasilitas kolam renang, outbound, jogging track, dan penginapan.

Untuk tiket masuk Rp5.000 per orang dan parkir mobil Rp10.000. Jika ingin menuju area rooftop pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 per orang. Taman Fathan Hambalang buka pukul 09.00 WIB – 19.00 WIB
 

5. Camping di Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar via https://www.brobali.com

Taman Wisata Gunung Pancar via https://www.brobali.com via https://www.brobali.com

Siapa yang belum tahu taman wisata Gunung Pancar?

Hits pada zamannya sampai sekarang, apalagi cocok banget buat camping happy happy. Atmosfernya udah kayak camping  di gunung dipenuhi pohon pinus, tapi nggak perlu tracking  udah nyampe spot camping. Udara di malam hari cukup dingin, cocok banget buat api unggun bersama keluarga atau bareng temen temen biar makin akrab.

Harga tiket masuk Wisata Alam Gunung Pancar adalah Rp 5.000 per orang. Tarif parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Harga tiket saat akhir pekan atau hari libur adalah Rp 7.500 per orang, serta tarif parkir mobil Rp 15.000 dan motor Rp 7.500. Pintu masuk dibuka pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Lulusan S1 Teknik Geologi yang sedang bekerja dibidang Teknologi Informasi. Senang menjelajah alam dan menikmati budaya serta kuliner yang tersimpan didalamnya.

CLOSE