6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Beralih Ke Menstrual Cup

Sehat, hemat, ramah lingkungan. Apa lagi yang kamu tunggu untuk beralih ke menstrual cup!

Menstrual cup adalah cup berbahan medical grade silicon yang digunakan untuk menampung darah menstruasi. Tersedia beberapa alternatif ukuran sesuai kebutuhan kamu. Aman digunakan bahkan sejak pertama kali menstruasi. Mungkin selama ini kamu sudah mengenal pembalut dan tampon? Nah, ini saat yang tepat untuk mengenal dan beralih ke menstrual cup. Berikut 6 alasan kenapa kamu perlu memakai (baca: beralih ke) menstrual cup.

 

Advertisement

1. Material Aman

Foto milik penulis

Foto milik penulis via https://www.dropbox.com

Menstrual cup bisa menampung lebih banyak darah daripada pembalut atau tampons. Material medical grade silicon membuat produk ini bisa digunakan berulang-ulang hingga 10 tahun. Kamu juga gak perlu sering ngecek seperti kalau pakai pembalut.

Bebas beraktivitas selama maksimum 12 jam tanpa kuatir bocor. Jika kamu mandi sehari 2x, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai rutinitasmu mencopot – cuci – pakai cup. Lakukan saja setiap mandi, selama periode menstruasimu.

Advertisement

2. Product dan Packing Ramah Lingkungan

Foto milik penulis

Foto milik penulis via https://www.dropbox.com

Ada banyak merek menstrual cup di pasaran. Kebetulan yang diposting ini adalah yang dipakai oleh penulis. Tak hanya produk, tapi kemasannya juga eco-friendly. Satu paket pembelian biasanya berisi 1 cup, 1 pouch, dan petunjuk bagaimana cup harus direbus selama beberapa menit pada pemakaian pertama.

Jangan menggunakan sabun yang mengandung minyak dan pewangi. Jika memang memerlukan sabun, gunakanlah sabun dengan pH rendah. Selain itu, petunjuk lengkap juga bagaimana cara memasukkan mens cup ke miss V, memastikan posisinya pas, dan melepasnya kembali.

3. Gimana Cara Pakainya?

Foto milik penulis

Foto milik penulis via https://www.dropbox.com

Ada beberapa metode untuk memakai mens cup. Penjelasan sederhananya adalah melipat bagian bibir cup sehingga lebih mudah masuk ke miss V. Setelah masuk, lipatan akan terbuka. Terkadang, kamu perlu memastikan posisi cup terbuka sempurna.

Lakukan itu dengan jari dan dengan posisi badan yang membuatmu nyaman. Ada yang nyaman dengan posisi berdiri dengan satu kaki di atas toilet, squad, atau posisi seperti mau poop. Ada petunjuk lengkap di dalam kemasan, ada link video juga supaya lebih jelas cara pakainya.

4. Keuntungan VS Kerugian

Foto milik penulis

Foto milik penulis via https://www.dropbox.com

Keuntungan utama tentu adalah masalah kepraktisan. Dalam kurun waktu 10-12 jam kamu bisa bebas beraktivitas. Mens cup juga membuatmu lebih sehat dan bebas iritasi. Bandingkan dengan penggunaan pembalut yang bisa membuat area selangkangan iritasi. Belum lagi dengan keringat yang ikut menempel di permukaan pembalut.

Keuntungan selanjutnya adalah kamu gak lagi nyampah pembalut dan tampons. Gak ribet juga dengan kewajiban mencuci pembalut sebelum dibuang takut nanti darahnya di jilat setan bla bla bla..

Secara ekonomis, harga yang ditawarkan 1 pack mens cup dibandingkan dengan biaya pembelian pembalut dan tampons selama 10tahun tentu mens cup jauh lebih hemat.

Kerugiannya? Gak ada. Bahkan jika kamu menstruasi untuk pertama kali (biasanya +/- usia 12) kamu sudah boleh menggunakan ini. Mens cup hanya berbahaya jika ia berada di dalam vagina lebih dari 12 jam.

5. Memilih Merek dan Ukuran

Foto milik penulis

Foto milik penulis via https://www.dropbox.com

Ada banyak merek dan ukuran yang beredar membuat bingung memilih? Ya, sedikit tips, ada 2 merek yang memiliki review sangat baik. Merek Divacup dan Organicup. Diva Cup buatan Kanada. Seperti kita ketahui, Kanada memiliki standard sendiri untuk alat-alat medis mereka. Kisaran harganya 500-800K. Organicup adalah produk Jerman. Harganya lebih terjangkau di kisaran 300-400K.

Untuk ukuran, ada 3 ukuran dengan tidak banyak perbedaan kapasitas tampung. Secara umum ada 3 ukuran saja, ukuran mini untuk remaja. Ukuran ini memiliki daya tampung paling minim. Lalu 2 ukuran lain adalah untuk wanita yang belum pernah melahirkan secara normal dan ukuran untuk wanita yang sudah pernah melahirkan secara normal (bukan sesar).

6. Beraktivitas seperti biasa

Foto milik penulis

Foto milik penulis via https://www.dropbox.com

Jika posisi pemasangan benar, kamu gak akan merasakan apa pun. Jika kamu masih bisa merasakannya, berarti posisinya kurang pas atau kurang dalam. Jangan takut untuk membetulkan posisinya. Apakah sakit memakainya? NO!! sama sekali enggak.

Hanya saja, wajar jika kamu merasa asing ada aktivitas tangan dan benda silikon di bawah sana. Tapi sekali mencoba dan berhasil, rasanya nyaman sekali. Dengan mens cup kamu bisa beraktivitas seperti biasa, bahkan bisa tetap berenang dengan aman.

Jika kamu berolahraga dan berpikir pada gerakan tertentu darah akan masuk kembali ke dalam tubuh, itu tidak mungkin. Darah adalah sel darah mati, beda dengan sperma yang hidup dan mampu bergerak melawan arah gravitasi. Jika darah sudah keluar dan berada di cup, bahkan jika kamu hand-stand, darah gak akan masuk lagi ke dalam tubuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sometimes I care, mostly I don’t.

CLOSE