Beberapa tahun belakangan Indonesia gak asing dengan semua hal yang berbau Korea, khususnya Korea Selatan. Banyak remaja dan anak muda yang mengikuti trend seputar korea mulai dari fashion, makanan,  bahasa, girl band dan boy band, dan gak ketinggalan serial dramanya. Umumnya para kaum hawalah yang menyukai itu semua. Bagi para cowok sebenarnya sedikit tau tentang boy band, serial drama atau apapun yang biasanya disukai cewek gak ada salahnya  juga loh. Lumayan buat jadi bahan obrolan ke gebetan pas lagi PDKT. Nah buat para cowok ataupun cewek yang baru mau tau hal-hal seputar korea khususnya drama, bisa mencoba untuk menonton serial drama 1988 sebagai permulaan. Drama ini mengambil setting waktu tahun 1988, dimana pada saat itu Korea Selatan menjadi tuan rumah pagelaran Olimpiade. Kenapa serial drama ini bisa banget ditonton sekalipun sama orang yang gak suka tentang korea, ini dia alasannya.

1. Tema anti-mainstream

Salah satu keluarga di Reply 1988 via http://google.com

Gak kaya kebanyakan drama korea yang kental banget kisah romansanya, drama Reply 1988 justru mengambil tema tentang keluarga. Meskipun tetap ada kisah romansa diantara tokoh-tokohnya tetapi itu hanya sekedar bumbu pemanis drama ini. Konflik yang kuat dan membekas justru sering kali muncul pada area keluarga. Drama ini membuat kita sadar bahwa masing-masing keluarga memiliki masalahnya sendiri, terlepas bagaimanapun kondisi keluarga tersebut.

2. Nilai-nilai dalam kehidupan yang kuat

Persahabatan para tokohnya via http://google.com

Saat menonton drama ini kita bisa mengambil nilai-nilai dalam kehidupan melalui kisah yang disajikan. Tidak melulu soal perasaan cinta antara laki-laki dan perempuan, drama ini menyuguhkan kisah dalam keluarga dan persahabatan yang cukup kuat. Tidak seperti drama lain pada umumnya, Reply 1988 mengambarkan kehidupan yang sederhana namun banyak kehangatan. Hubungan antara pasangan suami istri, orang tua dan anak, sampai hubungan sesama saudara kandung juga memberi pelajaran bagi para penontonnya.

3. Flashback masa remaja yang sangat berkesan

Advertisement

Indah, penuh semangat dan selalu energik. via http://google.com

Masa remaja pada saat SMA sering digambarkan sebagai masa yang paling indah. Begitu juga pada drama ini, tokoh-tokohnya merupakan 5 orang yang saling bertetangga dan sudah bersahabat sejak kecil. Kisah pada masa-masa SMA terasa begitu dekat dan sering kita alami di kehidupan nyata, mulai dari cinta pertama, kejadian menyebalkan sampai momen-momen yang membuat sedih dan haru. Bukan tidak mungkin drama ini membuat para penontonnya bernostalgia mengenang masa remajanya yang indah.

4. Memainkan emosi

kekonyolan salah satu tokohnya via http://hot.detik.com

Selama menonton serial drama ini emosi dan perasaan kita akan sering dibuat berubah-ubah. Tingkah laku konyol dari para tokohnya akan membuat kita tertawa geli. Selain itu momen-momen mengharukan yang sering terjadi di dalam keluarga juga turut memberi warna dalam drama ini. Belum lagi ditambah dengan kisah romansa sebagai pelengkapnya. Selama menonton drama ini cobalah untuk tidak menangis :).

5. Para pemain yang imut

Salah satu tokoh yang sangat menggemaskan. via http://google.com

Drama mengambil setting waktu 1988 yang tentunya style para pemainnya terkesan jadul, akan tetapi hal itu tidak mengurangi daya tarik pemainnya. Walaupun penampilan tokohnya tidak secantik Song Hye-kyo dan Kim Ji-won pada serial drama mereka, para tokoh dalam dram ini tetap terlihat imut dan manis. Apalagi terdapat tokoh seorang anak kecil lucu yang akan mebuat gemas bagi siapa saja yang menonton.

6. Ending yang sulit ditebak

Coba tebak mana yang akan jadi pasangan nantinya via http://inikpop.com

Bagaimana akhir dari kisah dalam drama ini banyak menjadi pertanyaan, terutama pada soal romansa diantara tokoh-tokohnya. Selama menyaksikan drama ini penonton akan merasa penasaran siapakah yang akan menjadi pasangan dari tokoh utama. Dari episode ke episode mau tidak mau kita akan menebak-nebak, mengingat setiap petunjuk untuk mengetahui akhir dari drama ini. Jangan membuat kesimpulan terlalu cepat mengenai bagaimana ending drama ini, karena bisa jadi perkiraan kita akan salah.

Gimana semakin tertarik kan untuk segera mencoba menyaksikan drama ini. Sedikit bersabarlah diawal bila memang tidak suka dan tidak pernah menonton drama, karena selanjutnya kita akan disuguhkan kisah yang cukup menarik. Selamat menonton :).