6 Rekomendasi Aplikasi Parenting Terbaik di Smartphone, Gratis !

Parenting atau mengasuh anak memang bukan hal yang mudah dan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Terus memantau pertumbuhan serta perkembangan anak adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai pola asuh sangat penting bagi para orang tua.

Berbagai macam aplikasi parenting tersedia di dalam smartphone dan dapat diunduh secara gratis, sehingga dengan bantuan aplikasi ini kecemasan orang tua terhadap perkembangan buah hati bisa diminimalisir. Beberapa aplikasi berikut bisa membantu orang tua untuk mengikuti perkembangan buah hati bahkan sejak masih dalam kandungan, lho!. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Advertisement

1. BukuBumil

Photo by Imperial Healthtech on Google Play Store

Photo by Imperial Healthtech on Google Play Store via https://play.google.com

Aplikasi parenting pertama adalah BukuBumil. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengetahui perkembangan buah hati sejak masih dalam kandungan. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti perkembangan janin per minggu, gejala kehamilan, tips kehamilan, kalkulator berat badan, hingga persiapan persalinan. 

BukuBumil juga menyediakan pilihan musik klasik dan murotal surat-surat pilihan Al-Quran yang direkomendasikan untuk membantu perkembangan otak janin. Pelajari bagaimana perkembangan janin dan bergabung bersama komunitas ibu hamil lainnya dengan mengunduh aplikasi BukuBumil di Google Play Store secara gratis.

Advertisement

2. Baby Led Kitchen

Photo by Baby Led Kitchen on Google Play Store

Photo by Baby Led Kitchen on Google Play Store via https://play.google.com

Aplikasi parenting selanjutnya yaitu Baby Led Kitchen. Aplikasi ini bisa digunakan oleh orang tua untuk membantu memenuhi gizi buah hati. Baby Led Kitchen menyediakan takaran resep makanan untuk anak-anak mulai usia 6 bulan hingga mereka bisa makan secara mandiri. Ibu bisa mencari resep berdasarkan jenis bahan makanan yang disukai buah hati. Setiap resep makanan juga dilengkapi dengan berapa lama waktu yang digunakan untuk membuatnya. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis. Namun, jika ingin melihat lebih banyak resep makanan, Ibu perlu membeli fitur premium. Cari tahu lebih banyak mengenai nutrisi untuk buah hati dengan mengunduh Baby Led Kitchen di Google Play Store.

3. Growth Book

Advertisement
Photo by Growth Book on Google Play Store

Photo by Growth Book on Google Play Store via https://play.google.com

Aplikasi yang satu ini memudahkan orang tua untuk melacak pertumbuhan dan perkembangan anak sejak lahir hingga usia 5 tahun. Aplikasi ini memiliki fitur rincian kelahiran buah hati serta menyediakan grafik pertumbuhan sesuai dengan skor WHO (World Health Organization). 

Orang tua akan diberikan rekomendasi terkait dengan cara pemenuhan gizi dan vaksinasi yang dibutuhkan oleh anak menurut usianya. Dalam aplikasi ini juga orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran secara gratis. Terus pantau pertumbuhan dan perkembangan buah hati melalui Growth Book yang dapat diunduh di Google Play Store.

4. Potty Whiz

Photo by Potty Whiz on Google Play Store

Photo by Potty Whiz on Google Play Store via https://play.google.com

Ada lagi aplikasi yang sangat bermanfaat dan bisa diunduh secara gratis. Potty Whiz dapat membantu orang tua dalam mengingatkan aktivitas toilet si buah hati. Ibu dapat mencatat aktivitas yang terkait dengan sesi toilet anak untuk memantau pencernaan buah hati, seperti buang air kecil dan buang air besar. 

Ibu bisa membuat jadwal toilet khusus pada aplikasi sebagai alarm pengingat, apakah anak ingin pergi ke toilet atau tidak. Unduh secara gratis Potty Whiz di Google Play Store sebagai pengingat aktivitas toilet buah hati.

5. Kiddy

Photo by Kiddy on Google Play Store

Photo by Kiddy on Google Play Store via https://play.google.com

Aplikasi ini dapat membantu anak untuk belajar bertanggung jawab. Memberikan hadiah bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk mendorong sikap tanggung jawab pada anak. Orang tua bisa membuat tantangan yang bisa diselesaikan oleh buah hati dan memberikan hadiah berdasarkan jumlah poin yang diperoleh oleh anak. 

Dalam aplikasi ini, orang tua bisa mengetahui bagaimana kinerja anak dalam menyelesaikan suatu tantangan. Terus latih sikap tanggung jawab buah hati dengan memanfaatkan aplikasi Kiddy yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

6. Montessori Activities

Photo by Montessori Activities on Google Play Store

Photo by Montessori Activities on Google Play Store via https://play.google.com

Bagi orang tua yang ingin mengembangkan kemampuan motorik anak, aplikasi Montessori Activities patut dicoba. Dalam aplikasi ini menawarkan permainan dan aktivitas di kehidupan nyata yang sesuai untuk anak dan membantu mereka belajar hal baru. 

Semua kegiatan dalam aplikasi ini dibagi ke dalam kategori untuk mengembangkan keterampilan dan minat yang berbeda. Orang tua hanya perlu memberitahu usia anak serta berapa banyak waktu yang dimiliki, dan aplikasi ini akan merekomendasikan aktivitas paling sesuai. Tingkatkan kemampuan motorik buah hati dengan mengunduh Montessori Activities secara gratis di Google Play Store.

Nah, itulah daftar aplikasi yang direkomendasikan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Dengan bantuan aplikasi tersebut tentunya sangat membantu orang tua khususnya Ibu untuk mengetahui dan memahami bagaimana pola asuh anak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Founded in the Netherlands starting as a personal project developing a pregnancy app for Indonesian women, Imperial Healthtech has grown into a team of 15+ and built 3 apps. Ever since our apps have been installed by 500,000+ users and transformed 20+ Indonesian health facilities.

CLOSE