Wisuda merupakan suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Kegiatan ini bisanya diadakan di sebuah aula hotel atau aula kampus.

Terkadang busana yang mereka pakai akan ditentukan oleh panitia. Namun secara umum tetap menggunakan baju toga.

Nah, pasti kamu akan sangat faham bila di Indonesia, kostum untuk wisuda pada umumnya adalah kebaya dan kain jarik. Dimana para wanita akan terlihat sangat elegan saat itu. Namun, bagaimana untuk negara-negara lain. Yang ternyata balutan busana saat wisudanya juga mampu membuat para wanita menjadi elegan lho! Penasaran seperti apa, kita lihat perbedaanya.

1. Indonesia

Kostum Wisuda

Kostum Wisuda via https://www.google.co.id

Yap, saatnya negara kita. Di Indonesia sendiri kostum untuk wisuda identik dengan kebaya dan kain jarik bagi wanita dan hem putih serta celana hitam untuk para pria. Zaman sekarang, kebaya modern pun menjadi pilihan kostum saat wisuda. Tidak hanya itu, bisa-bisa saat wisuda juga menjadi ajang fashion. Nah lho.. meskipun begitu, elegan dan keanggunan wanita Indonesia akan terlihat di saat seperti ini. Namun, tetap kostum toganya juga tak boleh terlewatkan.

2. Inggris

Kostum Wisuda

Kostum Wisuda via https://www.google.co.id

Negara yang memiliki berbagai kampus favorit dunia ini ternyata saat wisuda memakai kostum yang cukup lho. Paduan warna hitam dan putih membuat semua terlihat seragam. Serta pakaian toga yang bersambung dengan topinya membuat pakaian ini tidak rumit saat dipakai. Saat melihatnya pun teringat seperti berada di Film Harry Potter.

3. Korea

Kostum Wisuda

Kostum Wisuda via https://www.google.co.id

Advertisement

Yap, di Korea Selatan sangat terkenal sekali para wanita-wanita cantik dan pria tampan nya. Begitu pula untuk proses wisudanya. Dimana mereka hanya memakai baju yang sangat simple dan tidak berbelit-belit. Dan jubah panjang ditambah topi toga. Begitu saja sudah terlihat elegan ya.

4. Thailand

Kostum Wisuda

Kostum Wisuda via https://www.google.co.id

Salah satu negara Asia yang memiliki pasok pemuda pemudi yang begitu cantik dan tampan adalah Thailand. Busana wisuda mereka pun juga terlihat sangat simple, yaitu dengan memakai baju putih dibalut dengan jubah putih transparant dengan aksen garis-garis di berbagai tempat.

5. Amerika Serikat

Kostum Wisuda

Kostum Wisuda via https://www.google.co.id

Memang ada beberapa berbedaan kostum wisuda di berbagai universitas di Amerika. Namun, diantara semuanya kostum wisuda sangat simple, mereka juga hanya memakai riasan tipis. Sehingga terlihat sangat nyaman sekali.

6. Dubai

Kostum Wisuda

Kostum Wisuda via https://www.google.co.id

Advertisement

Hampir sama dengan negara lain yang memakai kostum wisuda simple. Dengan nuansa dubai yang begitu kental. Kostum ini hampir seluruhnya didominasi oleh warna hitam dan ada beberapa selendang dengan warna yang berbeda dari jubahnya.

Nah, itulah beberapa perbedaan balutan busana saat wisuda di belahan dunia. Semua tergantung diri sendiri ingin tampil seperti apa. Namun yang tetap harus diperhatikan adalah kenyamanan saat memakainya. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang bingung memilih kostum wisuda. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya