Tentu saja, setiap wisatawan cerdas tahu, bahwa membayar lebih adalah cara mudah untuk ‘menghancurkan’ perjalanan yang sudah direncanakan dengan sangat baik. Inilah yang harus Anda ketahui, yakni cara-cara untuk untuk berhemat tanpa harus mengurangi rasa nikmat saat berlibur..

1. Pesan Tiket dari Awal (Tapi Jangan Terlalu Awal)

Pesan Tiket Pesawat Murah Promo via https://www.pikniek.com

Tiket pesawat domestik umumnya paling murah sekitar dua sampai tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tiket bisa berfluktuasi secara liar, jadi ada baiknya untuk selalu memantaunya untuk mendapat penawaran yang bagus.

Jika Anda terlalu bersemangat dan memesan lebih awal satu tahun, mungkin akan ada penawaran penerbangan yang Anda lewatkan.

Advertisement

Jangan memesan terlalu dini dan juga jangan sampai terlambat untuk memesan tiket perjalanan hari libur dengan harga murah. Anda bisa mulai merencanakan libur untuk akhir pekan atau akhir tahun.

2. Mendaftar Untuk Mendapatkan Penawaran

Ikuti Promo dari Situs Online via https://www.pikniek.com

Jika Anda secara teratur melakukan penerbangan dengan maskapai penerbangan tertentu, Anda mungkin bisa mendapat keuntungan dari mengetahui kapan mereka memiliki penawaran atau diskon.

3. Hindari Hotel, Manfaatkan Situs Booking Penginapan

Hindari Hotel via https://pixabay.com

Situs seperti Airbnb, VRBO dan HostelWorld menawarkan kesempatan penginapan tradisional untuk tinggal seperti orang lokal.

Advertisement

Seringkali Anda mendapatkan lebih banyak tempat dengan sedikit uang dan Anda akhirnya tinggal di lingkungan di mana orang lain benar-benar hidup daripada tinggal di distrik komersial/turis yang mahal.

Plus, Anda sering bisa memasak beberapa makanan untuk diri sendiri, sehingga menghemat lebih banyak uang.

4. Hanya bawa barang yang Anda butuhkan

Simpel dan Teratur via https://www.ginibro.com

Untuk menghemat uang saat pengecekan barang bawaan, kemaslah barang-barang yang hanya Anda butuhkan. Bawalah barang-barang seperti pakaian, uang, dan barang penting yang sekiranya dapat berguna ketika Anda dalam perjalanan.

5. Jangan Begitu Kaku Dengan Tempat Baru

Keindahan wisata lokal via http://jeparasehat.com

Jika Anda ingin bepergian dengan harga murah, bersikaplah terbuka terhadap lokasi baru, kota dan bahkan negara-negara yang sebelumnya tidak ada di radar Anda.

Manfaatkan layanan seperti fitur "penelusuran di mana saja" di Skyscanner atau Kayak Explore untuk menemukan tujuan terjangkau yang mungkin belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.

Setelah menempuh tanggal yang ingin Anda tempuh, Anda mungkin merasa akan lebih murah untuk bepergian ke luar negeri daripada tetap tinggal di rumah.

6. Bicara Langsung Dengan Supir Angkutan

Taxi lokal via https://www.pexels.com

Ini membantu mengerjakan pekerjaan rumah Anda dan tahu berapa lama waktu Anda di jalan (dan juga harga yang bisa diantisipasi). Entah Anda masuk ke mobil dengan taksi atau mobil tumpangan, ini bisa membantu Anda untuk menghemat ongkos yang diharapkan dan berapa lama perjalanan harus ditempuh segera setelah Anda masuk ke mobil.

Dengan cara ini, Anda dan pengemudi berada di ‘halaman yang sama’. Jika pengemudi tidak setuju, dan jika menawar adalah kebiasaan setempat, sarankan harga yang berbeda atau katakan bahwa Anda harus menemukan mobil lain (yang dapat memotivasi pengemudi untuk menghasilkan harga yang lebih baik).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya