Selama dan secinta apapun kamu dengan pasangan, hubungan kalian tidak akan pernah aman dari yang namanya permasalahan. Itulah yang menyebabkan banyak orang mencari tahu cara untuk mempertahankan hubungan mereka. Sebenarnya memang ada banyak cara untuk mempertahankan hubungan, tergantung kebutuhan dari hubungan yang kalian jalani.

Beda hubungan dan permasalahan, beda juga cara penyelesaian dan solusinya. Dan 6 cara sederhana inilah yang paling umum dan mudah untuk kalian gunakan dalam mempertahankan hubungan kalian, agar terhindar dari rasa bosan dan ujung-ujungnya kalian harus mengakhiri hubungan kalian!

1. Tetap memberikan kebebasan pada pasangan dan menghargai kehidupan pribadi pasangan

2-people-sitting-with-view-of-yellow-flowers-during-daytime via https://www.pexels.com

Saat kamu sudah pasangan, kamu akan cenderung membatasi pasangan untuk berinteraksi dengan teman-temannya, karena kamu selalu menuntutnya selalu ada untukmu dan kamu tidak bisa memberikan kepercayaanmu pada pasangan.

Sehingga kamu pun mengekang mereka dengan selalu membuat laporan padamu apapun yang sedang mereka lakukan, tidak peduli dengan kesibukan mereka. Padahal justru inilah yang membuat pasangan tidak betah dengan sikap posesifmu ini.


Harusnya kamu belajar untuk memberikan kepercayaan pada pasanganmu dengan memberikan kebebasan pada pasangan untuk menjalankan dan menikmati kehidupan pribadinya sendiri tanpa kamu.

Advertisement

Kamu pun harus lakukan hal yang sama, nikmati kehidupan pribadimu sendiri bersama teman-temanmu. Bahagiakan diri kalian dengan cara kalian sendiri, bukan dengan menggantungkan kebahagiaan kalian pada pasangan.


2. Selalu memberikan perhatian pada pasangan

adult-blur-bouquet-boy via https://www.pexels.com

Awal hubungan mungkin kalian sangat mesra dan romantis. Tapi seiring berjalannya waktu dan lamanya kebersamaan kalian, kalian merasa tidak perlu melakukan hal ini. Kepedulian dan perhatian kalian semakin berkurang pada pasangan. Kalian merasa tanpa memberikan perhatian pun pasangan akan tetap mencintai kalian dengan lamanya hubungan kalian.

Pikiran itulah yang harus kalian hindari mulai sekarang, pasangan akan terus membutuhkan perhatian darimu tidak peduli berapa lama kalian menjalin hubungan.


Kamu harus tetap bisa menunjukkan kepedulianmu seperti di awal hubungan kalian, misalnya saja dengan memberikan hadiah dan kejutan pada pasangan, membawakan bekal untuk pasangan atau hanya sekadar meminjamkan bahumu saat pasangan sedang ada masalah.


3. Jangan pernah menyembunyikan rahasia apapun dari pasangan

adult-beverage-black-coffee-breakfast via https://www.pexels.com


Jangan pernah menyembunyikan rahasia apapun dari pasangan dengan niat baik kamu tidak ingin menyakiti pasanganmu.

Cobalah untuk berani jujur dan terbuka pada pasangan. Mungkin niat awalmu berbohong demi kebaikan, tapi kenyataannya tidak akan kebaikan dalam kebohongan.


Dengan bisa jujur dan terbuka pada pasangan, kalian juga bisa menjalin komunikasi yang sehat. Selain itu, kejujuran dan keterbukaan kalian ini akan menghindarkan kalian dari kesalahpahaman dan kecurigaan pasangan padamu.

4. Punya kesepakatan untuk bertemu sesibuk apapun kalian

love-couple-sunset-sunrise via https://www.pexels.com

Terkadang karena kesibukan kalian, kalian melewatkan waktu untuk bertemu dengan pasangan. Dan dengan kurangnya intensitas pertemuan kalian inilah yang memberikan kesempatan pada pasangan untuk bertemu dengan dengan orang lain untuk mengisi kekosongannya.


Jadi pastikan kalian membuat kesepakatan untuk bertemu sesibuk apapun kalian, minimal 3 kali dalam seminggu bertemulah dengan pasanganmu.

Kalian bisa melakukan hal-hal sederhana yang tidak mengorbankan banyak waktumu, misalnya saja pergi ke kedai kopi, menikmati sarapan atau makan siang bersama, memberikan kejutan pada pasangan dengan menjemputnya, nonton film di akhir pekan. Apapun itu selalu usahakan untuk meluangkan waktumu untuk pasangan.


5. Ambil kursus atau aktivitas yang bisa kalian lakukan bersama

sunset-beach-couple-love via https://www.pexels.com


Lakukan hal seru yang belum pernah kalian lakukan berdua. Misalnya saja dengan mengambil kursus memasak, ngegym berdua, muay thai, travelling ataupun melakukan hobi kalian masing-masing bersama dan bergantian.


Dengan sering melakukan aktivitas seru bersama, kalian juga lebih punya banyak waktu berkualitas yang kalian habiskan bersama. Dengan begitu secara tidak langsung juga kalian akan punya kedekatan emosional yang lebih dan belajar untuk saling mengerti dan memahami.

6. Berani mengakui kesalahan dan minta maaf pada pasangan

chicago-couple-date-hug via https://www.pexels.com

Terkadang saat terjadi permasalahan, kalian akan sama-sama memilih untuk egois dengan menyalahkan pasangan kalian dan tidak mau mengakui kesalahan kalian. Ini jugalah yang membuat pasangan melakukan hal yang sama padamu. Pasangan juga tidak mau mengakui kesalahan. Inilah yang membuat hubungan kalian tidak bisa bertahan.


Jadi, belajarlah untuk memaafkan dan menenangkan dirimu sendiri saat terjadi permasalahan. Dengan begitu kamu akan lebih berani untuk mengakui kesalahan dan minta maaf pada pasangan.

Pasangan juga akan menghargai usahamu untuk meminta maaf padanya, dengan begitu dia juga pasti akan melakukan hal yang sama denganmu. Tidak ada salahnya kok kamu yang mulai untuk kebaikan hubungan kalian.


Itu dia 6 cara sederhana yang kadang kamu lupakan untuk mempertahankan hubungan. Ingat, jangan beri celah sedikit pun untuk orang lain masuk ke dalam hubungan kalian!