6 Drama Korea yang Menginspirasimu untuk Menekuni Profesi Penulis!

Bikin tambah semangat menulis

Profesi penulis belakangan ini mulai banyak diminati oleh banyak orang, terutama setelah munculnya berbagai media online yang memudahkan orang-orang untuk membagikan tulisan mereka. Memilih karier sebagai penulis juga memiliki banyak peluang kerja pada bidang tersebut. Bahkan, beberapa orang menjadikan kegiatan menulis sebagai pekerjaan tetap mereka. Jika saat ini kamu tertarik menjadikan hobi menulis sebagai pekerjaan yang menghasilkan, ulasan drama Korea berikut dapat dijadikan referensi tontonan saat senggang dan dapat memberimu gambaran tentang suka duka kehidupan yang dilalui seorang penulis.  

Advertisement

1. Chicago Typewriter (2017) – Novelis

Chicago Typewriter

Chicago Typewriter via https://www.soompi.com

Han Se Joo seorang penulis novel terkenal di Korea yang sering melakukan book signing ke beberapa negara. Suatu ketika ia mendapatkan sebuah mesin tik kuno dari sebuah café di Chicago. Sejak saat itu, ia kerap mengalami writer's block. Namun bantuan tiba-tiba datang dari seorang ghost writer yang bernama Yoo Jin O. Menariknya, Yoo Jin O memang benar-benar sosok hantu yang terjebak di mesin tik itu. Tak hanya itu, Han See Joo juga dapat ‘berkomunikasi’ dengan tahun 1930-an melalui mesin tik tersebut. Jin O kemudian meminta Se Joo untuk menyelesaikan novel yang mengisahkan tiga orang sabahat yang berjuang untuk kemerdekaan Korea pada tahun 1930-an. 

2. How to Be Thirty (2021) – Seniman Webtoon

Photo by @arab_junginsun

Photo by @arab_junginsun via https://www.instagram.com

Drama yang diadaptasi dari webtoon berjudul Born in 1985 ini mengisahkan tentang kebimbangan  yang berpusat di antara pekerjaan dan kehidupan cinta pada wanita yang baru saja memasuki usia 30-an. Kehidupan Seo Ji Won berputar pada kesehariannya sebagai penulis webtoon yang selalu dituntut editornya agar karyanya selesai sebelum tenggat waktu. Suatu hari, ia beruntung karena salah satu karyanya akan diangkat menjadi sebuah film. Namun karena proyek tersebut, ia kembali bertemu dengan cinta pertamanya dari sekolah menengah. Lee Seung Yoo kemudian menyadari bahwa komik romansa tentang reuni dengan cinta pertama yang ditulis Seo Ji Won berdasarkan dirinya, akhirnya mereka terlibat dalam hubungan yang dimulai dengan suatu kebohongan. 

Advertisement

3. Because This is My First Life (2017) – Penulis Skenario

Alur cerita melibatkan seorang penulis naskah bernama Yoon Ji Ho (Jung So Min). Sebagai perempuan di awal usia 30-an, ia memiliki banyak hal yang tak berjalan baik dalam hidupnya. Terlepas dari kerja kerasnya untuk menjadi penulis naskah yang sukses,  Ji Ho bahkan belum bisa membeli rumah. Ia juga menyerah untuk berkencan karena kesulitan keuangan.  Dengan berbagai kenyataan pahit yang menghantamnya sebagai manusia dewasa, ia terus mengikuti mimpinya menjadi seorang penulis. Hingga di akhir cerita Ji Ho berhasil menjadi penulis utama sebuah drama. Melalui serial ini, kesulitan  yang dihadapi anak muda dewasa digambarkan secara nyata.

4. Radio Romance (2018) – Penulis Program Radio

Kim So Hyun

Kim So Hyun via https://www.soompi.com

Kim So Hyun memainkan peran sebagai penulis naskah program  radio yang bernama Song Geu Rim. Meskipun telah bekerja cukup lama, sayangnya kemampuan menulisnya tidak cukup baik. Karena itu, ia pun masih menjadi asisten penulis setelah 5 tahun kariernya. Seorang direktur produksi kemudian memberinya kesempatan untuk menjadi penulis naskah utama. Namun, syaratnya ia harus merekrut artis papan atas bernama Ji Soo Ho sebagai penyiar dalam program terbaru mereka. Seluruh upaya dikerahkan agar Ji Soo Ho mau bekerja sama dengannya hingga ia membuat kontrak yang merugikan dirinya. 

5. Doom at Your Service (2021) – Penulis Web Novel dan Editor Novel

Photo by @shindohyun

Photo by @shindohyun via https://www.instagram.com

Sukses menerima banyak cinta dari para penggemar drama Korea, dalam serial ini Park Bo Young (Dong Kyung) bekerja sebagai editor di sebuah perusahaan penerbitan web novel. Karena pekerjaannya itu, ia selalu mendorong para penulis agar tulisan mereka selesai tepat waktu. Na Ji Na, Seorang penulis yang juga teman dekat Dong Kyung, sering mengalami writer's block dalam proses penulisan novelnya. Karyanya bahkan tidak memiliki banya pembaca karena ia selalu membuat karakter yang cenderung mirip pada setiap novelnya. Namun, setelah ia memutuskan menerima saran dari editornya, ia membuat karakter baru bahkan mencoba genre lain dan hasilnya dia masuk deretan penulis terbaik.

Advertisement

6. Full House – Novelis

Song Hye Kyo

Song Hye Kyo via http://worththedrama.com

Serial drama legendaris ini juga mempunyai pemeran utama wanita bernama Han Ji Eun (Song Hye Kyo) yang bercita-cita sebagai penulis novel. Menjalani impiannya sebagai penulis novel tentu tak berjalan mulus, penerbit berkali-kali menolak tulisannya dan mengatakan bahwa tulisannya sangat buruk. Sementara itu, Han Ji Eun menemukan kenyataan bahwa rumahnya telah dijual oleh seorang teman tanpa sepengetahuan dirinya. Di drama ini kita akan menemukan alur pernikahan kontrak yang melibatkan dua orang yang tidak saling menyukai dan berakhir dengan jatuh cinta satu sama lain. 

Itulah beberapa ulasan drama korea yang mempunyai karakter penulis dalam ceritanya. Bagi kamu yang ingin berkarier sebagai penulis, drama di atas bisa dijadikan inspirasi untuk mendorongmu menjadi penulis sukses di masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE