6 Fakta Menarik Bu Tejo di Film Pendek Tilik

Ada apa di balik demam viral Bu Tedjo?

Karakter Bu Tejo di film pendek berjudul 'Tilik' ramai menjadi perbincangan warganet. Sosok yang selalu nyinyir dan biang gosip ini memang sangat sukses bikin penonton menjadi geregetan. Bahkan, berbagai cuplikan video yang memperlihatkan adegan 'Bu Tejo' tersebar di berbagai media sosial. 

Karakter di film pendek Tilik besutan Wahyu Agung Prasetyo ini digambarkan sebagai biang gosip, nggak berhenti kasak-kusuk, mengumpulkan informasi tentang orang lain sebanyak mungkin untuk dicari-cari keburukannya. 

Benci tapi rindu, ya… begitulah kira-kira hubungan kita dengan orang-orang seperti Bu Tedjo. 

Cerita yang ringan dan dekat dengan masyarakan membuat film pendek ini mudah diterima. Film ini sudah rilis pada 2018 dan mendapat penghargaan Piala Maya 2018 kategori Film Cerita Pendek Terpilih. Alhasil, film yang dibuat pada tahun 2018 itu mulai diputar di YouTube dan bertepatan dengan HUT ke-75 RI, 17 Agustus 2020. 'Tilik' dibuat oleh Ravacana Films dan akhirnya sukses menjadi perbincangan masyarakat sejak awal penayangannya.

Nah, buat kamu yang penasaran nih dengan karakter Bu Tejo, yuk simak fakta-faktanya berikut ini, guys!

Advertisement

1. Nama Asli Pemeran Karakter Bu Tejo

Kalian sudah tahu belum nih nama asli pemeran Bu Tejo? Nah, ternyata guys, perempuan yang menghidupkan suasana dan membangun konflik dalam film pendek 'Tilik' ini bernama asli Siti Fauziah Saekhoni.

Ternyata, Siti  juga pernah membintangi sejumlah film loh seperti film Mencari Hilal yang rilis pada 2015 hingga Talak 3, Sultan Agung, Mekah I'm Coming dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo.

Advertisement

2. Tiada Hari Tanpa Gosip

Film pendek yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini memang menceritakan sekumpulan ibu-ibu desa yang ingin menjenguk Ibu Lurah di rumah sakit. Dalam perjalanan, segerombolan ibu-ibu itu bahkan rela menaiki truk yang sudah disewa.

Namun, selama perjalanan menuju rumah sakit, Bu Tejo pun malah mengisi kegiatan dengan menyebarkan gosip kepada ibu-ibu lainnya. Mulai dari gosip ‘kenakalan’ Dian si kembang desa, gosip Bu Lurah, hingga memulai perkelahian dengan polisi.

3. Tak Mau Dinasehati

Advertisement
Tribunnews.com

Tribunnews.com via https://images.app.goo.gl

Saat menyebarkan gosip kepada teman-temannya, Bu Tejo pun terlihat sangat lihai dan tahu seluk beluk informasi yang akan disebarkannya. Bu Tejo juga bahkan tidak mau kalah jika ada yang tidak setuju dengannya.

Saat ditegur karena sering bergosip, Bu Tejo pun kerap memberikan alasan yang berbelit-belit. Pada intinya, ia sangat mewakili ibu-ibu yang membuat netizen Indonesia jadi mau bergosip ria. Tidak mau disangka penyebar fitnah, Bu Tejo pun beralasan informasinya itu hanya untuk jaga-jaga.

4. Bu Tedjo Sang Pemersatu

Tribunnews.com

Tribunnews.com via https://images.app.goo.gl

Kalau nggak ada sosok seperti Bu Tedjo, yang suka kasak-kusuk, obrolan di grup jadi nggak rame. Nggak ada sahut-sahutan. Serius macam di klub buku yang semuanya faedah, haha… Artinya, dalam kadar tertentu, gosip itu dibutuhkan untuk seru-seruan, playfulness, dan sarana menjalin kedekatan sesama member.   

 

5. Ujian Pertemanan

Beritabaik.id

Beritabaik.id via https://images.app.goo.gl

Saat kita bergosip dengan kenalan baru, sebetulnya kita sedang melewati ujian, apakah orang ini bisa dipercaya. Jika ia menyampaikan informasi yang masuk ranah pribadi, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain, berarti, bagi dia, kita sudah dianggap sebagai orang terpercaya. 

Dan, jika hubungan itu timbal balik, maka level kedekatan kita dengan kenalan tersebut naik menjadi setingkat lebih dekat.

6. Bu Tedjo Adalah Kita

Okezone celebrity

Okezone celebrity via https://images.app.goo.gl

Jika diibaratkan, jiwa kita itu seperti sebuah negara, di situ ada bermacam karakter rakyat. Nah, Bu Tedjo ini adalah rakyat yang selalu ‘berisik’ ingin mendominasi. 

Di dalam diri kita atau semua orang, terdapat sisi Bu Tedjo! yang haus gosip, dan hobi menyebarkannya. Kita benci pada sosoknya, karena itu membelejeti sisi terdalam kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nikmati lezatnya rasa dan peristiwa yang terbalut kata-kata

CLOSE