Kampung Inggris terletak di Desa Singgahan dan Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kediri Jawa Timur. 3 jam perjalanan darat dari Surabaya, kalian juga bisa menggunakan transportasi pesawat, kereta, maupun bis untuk sampai kesana. Banyak hal yang akan kalian dapatkan jika memilih datang ke Kampung Inggris Pare, mulai dari suasana yang tenang dan dikelilingi sawah serta ladang jagung.

Sejarah berdirinya Kampung Inggris ini berawal dari sebuah lembaga kursus yang didirikan oleh Pak Kalend Osen (lebih dikenal dengan nama Mr. Kalend) pada tanggal 15 Juni 1977. Lembaga tersebut bernama Basic English Course atau yang dikenal dengan sebutan BEC. Namun, sebelum lembaga kursus BEC berdiri, Pare sudah terkenal dan menjadi tempat favorit mahasiswa dari luar kota yang kebanyakan sedang persiapan untuk ujian Skripsi. Orang yang paling dicari oleh orang-orang tersebut adalah Ustad Yazid, seorang ahli bahasa asing di Tulungrejo - Pare yang konon menurut cerita masyarakat dan keluarganya beliau menguasai hingga 7 bahasa asing.

Kampung Inggris sudah memakan waktu selama 39 tahun hingga saat ini, sudah sewajarnya tempat ini bisa seperti sekarang, yaitu menjadi pusatnya belajar bahasa inggris di Indonesia.

Berikut 6 fakta unik tentang Kampung Inggris Pare yang harus kamu ketahui, sebelum datang kesana.

1. Terdapat lebih dari 300 tempat kursus

Bagi kalian yang ingin mempelajari dan memperbaiki bahasa inggris dan bahasa asing lainnya, tenang saja, di sini ada kurang lebih 300 lembaga kursus yang menawarkan banyak kelebihan dengan harga yang terjangkau seperti BEC, Elfast, The Daffodils, dan sebagainya.

Kalian akan belajar tentang speaking, grammar, vocab, pronoun, maupun untuk persiapan tes TOEFL & IELTS. Periode awal kursus setiap tanggal 10 dan 25 perbulannya. Kalian bisa kursus per 2 minggu maupun sampai 6 bulan. Semua tersedia sesuai dengan pilihan dan kebutuhan kalian.

2. Harga makanan yang murah dan banyak pilihan

https://www.instagram.com/p/BDR56inJ3QK/

https://www.instagram.com/p/BDR56inJ3QK/ via https://www.instagram.com

Advertisement

Jangan tanya lagi, di sini makanan sangat murah dan banyak pilihannya. Kalian tidak perlu takut kekurangan asupan gizi karena jauh dari orang tua, karena dengan Rp. 4000 kalian sudah bisa makan nasi pecel khas daerah sini dan dengan Rp. 10.000, kalian sudah bisa makan dengan ayam maupun seafood. Makanan khas seperti pentol dan tansu juga wajib kalian cicipi. Kurang apalagi coba?

3. Sepeda adalah transportasi utama selama di Kampung Inggris

http://kampung-inggris.co.id/wp-content/uploads/2013/12/sepeda-kampung-inggris.jpg

http://kampung-inggris.co.id/wp-content/uploads/2013/12/sepeda-kampung-inggris.jpg via http://kampung-inggris.co.id

Ke mana-mana naik sepeda? Cupu? Eits, tunggu dulu, di Kampung Inggris Pare, kalian akan terbiasa melihat banyak orang menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-harinya. Mulai dari warga sekitar maupun para kursusan lainnya. Sangat bersahaja dan jauh dari polusi udara kota, lho!. Biaya sewa sepeda beragam mulai dari Rp. 50.000-90.000/bulan. So, selain bahasa asingnya lancar, tubuh juga sehat, kan? Yakin nih, nggak mau coba?

4. Warga yang ramah dan rata-rata bisa menggunakan bahasa Inggris

Warga sekitar kampung Inggris rata-rata adalah orang Jawa asli. Mereka sangat ramah dan welcome kepada para pendatang, lho. Terkadang para pedagang sering berbahasa Inggris. Ya walaupun nggak semuanya juga. Its so great time and great experience for you, If you come to Pare.

5. Tinggal bersama di camp/asrama

Advertisement

Buat kamu yang ingin punya banyak kenalan dan relasi, ini kesempatannya. Kalian bisa tinggal bersama dalam satu camp maupun asrama. Pengalaman saya pribadi tinggal satu camp dengan 15 orang, ini adalah pengalaman berharga buat saya, belajar memahami berbagai karakter dan kepribadian teman-teman, berbagi cerita, suka-duka bersama, serta belajar toleransi. Biaya camp cuma Rp 200.000-300.000 perbulan, sudah termasuk program tambahan (morning expression, debate, maupun listening). Bagi kalian yang ingin tinggal mandiri tanpa gangguan banyak orang, juga bisa kok tinggal dikos-kosan.

6. Bertemu dengan bermacam-macam teman dari seluruh Indonesia, maupun mancanegara

Nggak usah kaget deh, kalo awalnya bakal bertemu dengan bermacam-macam logat dan suku bangsa. Itu normal kok, karena yang datang ke Kampung Inggris pare itu hampir dari seluruh wilayah Indonesia, lho. Ada juga yang dari mancanegara seperti dari Thailand maupun Malaysia juga banyak yang datang kesini untuk belajar bahasa Inggris. Lumayan kan, dapat kenalan dari berbagai wilayah ibu pertiwi tercinta, hitung-hitung tabungan kalian kalau mau jalan-jalan sudah ada temen dan kenalan.

Gimana? Tertarik ke Pare, kawan? Ayo,datang dan rasakan sensasi belajar di Kampung Inggris Pare!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya