6 Grup Musik yang Menggemparkan Dunia dari Masa ke Masa

Berbakat, Terkenal dan Berprestasi. Apakah ada idolamu di sini?

Setiap tahun selalu ada grup musik baru yang hadir mewarnai keberagaman di industri musik. Tak sedikit yang kehadirannya langsung mendapat antusias dari masyarakat hingga popularitasnya bertumbuh dengan pesat di seluruh penjuru dunia.

Lagu yang bertengger di peringkat satu di setiap tangga lagu, penjualan album yang laris manis dan rangkaian tur keliling dunia pun dilakoni untuk memenuhi keinginan penggemar seluruh dunia yang menantikan penampilan mereka. Kehadiran mereka benar-benar memberikan pengaruh besar bahkan hingga di luar industri musik tersebut. Siapa saja ya kira-kira? Yuk scroll terus ke bawah!

Advertisement

1. The Beatles

photo by @thebeatles on Instagram

photo by @thebeatles on Instagram via http://www.instagram.com

Grup yang terdiri dari John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr ini dianggap sebagai band paling berpengaruh sepanjang masa. Grup asal Inggris ini hadir sebagai fenomena dan berkembang seperti menjadi sebuah budaya baru pada era 60an karena merevolusi banyak aspek industri musik dan sering dipublikasikan sebagai pemimpin gerakan pemuda dan sosial budaya di era tersebut.

Popularitasnya berjalan lurus dengan prestasi yang mereka raih hingga akhirnya mendapat predikat grup musik terlaris sepanjang masa, salah satunya total penjualan album sampai 600 juta kopi di seluruh dunia. The Beatles merupakan band terlaris di AS, dengan penjualan bersertifikat 183 juta kopi. Dan pastinya beberapa penobatan legendaris lainnya yang diakui dunia.

Advertisement

Seluruh merchandise yang berhubungan dengan The beatles selalu laris manis terjual. The Beatles pun juga telah banyak menginspirasi musisi lain untuk memulai karir mereka. Meskpiun telah bubar tapi sejak puluhan tahun lalu dan hanya tersisa personelnya yaitu Paul McCartney, kita masih bisa terus merasakan popularitas The Beatles yang tak lekang oleh waktu.

2. Queen

photo by @Officialqueenmusic on Instagram

photo by @Officialqueenmusic on Instagram via http://www.instagram.com

Band rock asal Inggris ini terbentuk pada tahun 1970. Grup yang terdiri dari vokalis Freddie Mercury, gitaris Brian May, bassist John Deacon dan drummer Roger Taylor membentuk Queen yang kemudian dikenal hingga ke beberapa penjuru dunia. Band ini menjadi populer di Masyarakat karena lagu-lagu hits mereka, pertunjukan live, orisinalitas, dan stage performance.

Advertisement

Banyak lagu hits Queen yang tentunya masih sangat akrab di telinga kita seolah tak lekang oleh jaman, seperti “We Will Rock You”, “We Are The Champion”, dan “Bohemian Rhapsody”. “Bohemian Rhapsody” merupakan salah single yang terdapat di album A Night at the Opera, yang kemudian menjadi lagu simbolis untuk Queen dan tetap terkenal sampai sekarang.

Queen pun hingga saat ini masih eksis dengan empat personel dan beberapa waktu lalu melaksanakan tur bersama Adam Lambert yang mengisi posisi mendiang Freddie Mercury sebagai vokalis.

3. Backstreet Boys

photo by @Backstreetboys on Instagram

photo by @Backstreetboys on Instagram via http://www.instagram.com

Boy band asal Orlando, Florida ini dibentuk pada tahun 1993 dengan formasi Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, AJ McLean, dan Kevin Richardson. Sejak kehadiran mereka di industri musik, Backstreest Boys telah membius jutaan anak muda dunia dengan lagu-lagu berkonsep pop, eurodance dan pop rock.

Total 10 album dan puluhan single hits yang telah diluncurkan sepanjang 27 tahun karir Backstreet Boys. Salah satunya adalah “I Want it That Way” yang dirilis tahun 1999 dan menjadi sukses besar diseluruh dunia. Lagu ini berhasil mencapai posisi puncak pada banyak tangga lagu di negara-negara, termasuk diantaranya Inggris, Jerman, Swiss, Austria, Norwegia, New Zealand, dan Asia.

Lagu ini pun menjadi salah satu single ikonik hits mereka. Album ketiga mereka, “Millenium”, yang dirilis pada bulan Mei 1999 merupakan album tersukses dengan jumlah penjualan mencapai 40 juta keping, 12 juta diantaranya terjual di Amerika Serikat.

4. One Direction

photo by @onedirection on Instagram

photo by @onedirection on Instagram via http://www.instagram.com

Bermula dari ajang pencarian bakat ‘The X Factor’, One Direction meramaikan industri music dengan menjadi sebuah grup vocal di bawah naungan kontrak rekaman miliki Simon Cowell, Syco Records pada tahun 2010. Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles, Louis Tomlinson dan Zayn Malik langsung mencuri perhatian dunia dengan ketampanan dan bakat yang mereka miliki.

Debut dengan single “What Makes You Beautiful”, secepat kilat grup yang sering disebut 1D ini meraih popularitas. Prestasti demi prestasi pun juga mengiringi kesuksesan karir musik pelantun “Best Song Ever” ini. One Direction berhasil memuncaki pasar dibanyak negara, dan menghasilkan single hit. Pada tahun 2015, Forbes menempatkan mereka di posisi empat Selebritas dengan Pendapatan Tertinggi di dunia,dan kedua pada tahun 2016.

Namun, sayang One Direction memutuskan untuk bubar pada tahun 2016, setelah lebih dulu ditinggal oleh Zayn  Malik setahun sebelumnya. Hal ini sangat disayangkan oleh Directioners atau penggemar One Direction. Banyak penggemar yang menantikan kemungkinan ke lima cowok ganteng tersebut bisa comeback sebagai One Direction.

5. BTS

photo by @bts.bighitofficial on Instagram

photo by @bts.bighitofficial on Instagram via http://www.instagram.com

Ditengah sensasi Kpop yang tak pernah luntur, BTS atau juga dikenal sebagai Bangtan Boys, merupakan salah satu dari grup Kpop yang paling bersinar dan menjadi pembicaraan dunia lewat prestasinya yang tidak perlu diragukan. Karir dunia nya melesat naik meskipun memang butuh banyak perjuangan di awal. Dibentuk oleh Big Hit Entertainment, BTS debut dengan lagu “No More Dream” pada 12 Juni 2013.

Mereka memenangkan New Artist of the Year atas lagu “No More Dream”, di banyak ajang penghargaan. Kemudian disusul oleh prestasi membanggakan lain untuk album-album mereka di tahun berikutnya hingga menjadi grup Kpop pertama yang masuk nominasi di ajang penghargaan musik kelas dunia Grammy Awards 2021 untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance lewat lagu “Dynamite”.

Pada tahun 2018, BTS berada di nomor satu daftar Forbes Korea Power Celebrity, yang menempatkan mereka sebagai selebritas paling kuat dan berpengaruh di Korea Selatan, dan juga menjadi artis termuda yang dianugerahi Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan.

BTS menjadi simbol kesuksesan dan inspirasi bagi banyak anak muda modern saat ini. Pada bulan September 2018, BTS memberikan sebuah pidato di PBB sebagai duta dari UNICEF. Dikutip dari Wikipedia, pada bulan Oktober 2018, BTS menjadi fitur di sampul majalah Time, dengan Time menyebut mereka sebagai ‘Pemimpin Generasi Berikutnya’. BTS juga sudah banyak melakukan kolaborasi dengan musisi-musisi kelas dunia dan menghasilkan karya-karya yang populer.

6. Blackpink

photo by @blackpinkofficial on Instagram

photo by @blackpinkofficial on Instagram via http://www.instagram.com

Blackpink sepertinya merupakan girl group pertama yang sangat berpengaruh di dunia. Debut pada tahun 2016 di bawah naungan YG Entertainment, Blackpink sudah menunjukkan popularitasnya dengan menempati posisi atas tangga lagu dengan “Whistle” dan “Boombayah” , dan berhasil masuk ke dalam deretan girl group tercepat setelah debut yang mendapat kemenangan pertama di program musik Korea Selatan.

Popularitas semakin menjadi disusul perilisan single “Ddu Du Ddu Du” pada tahun 2018. Lagu ini menjadi sebuah fenomena baru dalam musik Kpop dan membuat nama Blackpink semakin bersinar. Selain prestasi berupa penghargaan dan penjualan album yang laris manis. Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa juga mengukir sejarah sebagai girl group korea pertama yang berhasil tampil di festival musik terbesar dunia, Coachella pada tahun 2019. Blackpink berhasil mendobrak batasan bermusik dan menyatukan Kpop dengan Dunia ke level yang lebih berbeda.

Tak berhenti disitu, tahun 2020 bisa dibilang juga sebagai tahunnya Blackpink dimana akhirnya mereka merilis full album setelah empat tahun debut, yang bertajuk “The Album”. Album berisi 8 lagu ini juga banyak dinobatkan sebagai album girl group dengan penjualan terbaik di tahun 2020. Blackpink juga banyak memecahkan rekor penjualan dan streaming untuk MV dan lagu-lagu mereka di berbagai platform online resmi.

Mereka pun juga telah melakukan kolaborasi dengan banyak musisi dunia seperti Dua Lipa, Cardi B, Selena Gomez hingga Lady Gaga. Belum lagi popularitas individu tiap member yang banyak menjadi Global Ambassador dari brand dunia seperti Dior, Channel, YSL dan Celine.

Itu dia beberapa grup musik dan vokal yang menjadi perbincangan seluruh dunia dari masa ke masa, adakah grup favoritmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE