6 Hal Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Diri Kamu untuk Mencapai Tujuan Hidup

Terus belajar dan meningkatkan kualitas diri

Seseorang yang hebat pastinya selalu mencoba untuk terus meningkatkan kualitas diri yang dimiliki. Orang yang sukses tidak akan mudah merasa puas meskipun dirinya sudah berada di puncak karir. Memangnya sepenting apa sih peningkatan kualitas diri?

Ini menjadi proses perkembangan fisik, sosial, psikologis dan spiritual seseorang untuk mengembangkan pembelajaran di bidang yang disukai. Dengan terus belajar dan meningkatkan kualitas diri, seseorang akan memiliki kehidupan berkualitas dan kepribadian yang bagus. Namun, semua orang tentu mengalami kesulian untuk melakukan hal tersebut. Hingga pada akhirnya, bertahan menjadi pilihan yang sebenarnya tidak tepat untuk dilakukan.

Nah, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kualitas diri menjadi lebih baik. 

Advertisement

1. Hadir 15 menit lebih awal

Photo by Gettyimages

Photo by Gettyimages via http://www.gettyimages.com

Disiplin waktu menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan untuk meningkatkan kualitas hidup. Ingat kembali apa tujuan utama yang ingin kamu capai dalam kehidupan. Semua tujuan ini tentunya tidak akan bisa dicapai dengan mudah jika kamu masih berleha-leha dan menyepelekan soal waktu. 

Dalam pekerjaan atau apapun itu, cobalah untuk membiasakan diri dan menerapkan disiplin waktu. Salah satunya dengan hadir 15 menit lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Disiplin waktu bukan hal yang memberatkan. Tapi nikmatilah waktu yang kamu miliki sebaik mungkin. 

Advertisement

2. Stop relasi toxic (bad vibes)

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Lingkungan dan orang-orang di sekitar kita mempunyai peranan besar dalam mendukung perjalanan yang dilalui untuk mencapai pertumbuhan diri. Semakin banyak berkumpul dengan orang-orang yang memberikan energi positif, semakin mudah untuk meyakinkan kamu untuk mencapai tujuan hidup. Jadi, stop relasi toxic yang bisa membawa pengaruh besar pada hal buruk dalam diri kamu. Hindari orang-orang yang pesimis, senang mengeluh dan kurang percaya diri. Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang bersemangat sehingga membantu kamu untuk meningkatkan kualitas diri.

3. Kurangi junk food

Photo by Gettyimages

Photo by Gettyimages via http://www.gettyimages.com

Junk food menjadi salah satu pilihan makanan yang mudah ditemukan di kalangan masyarakat. Hampir dalam semua kondisi, makanan satu ini bisa mudah dicari dan harganya sangat terjangkau. Namun tahukah kamu ternyata banyak mengonsumsi junk food bisa mempengaruhi kualitas diri seseorang?

Dalam sebuah penelitian, junk food terbukti banyak menjadi penyebab utama masalah kesehatan. Jika kesehatan kamu terganggu, bagaimana bisa mengembangkan kualitas diri? Inilah alasan utama kenapa kamu harus mengurangi konsumsi junk food dari sekarang.

Advertisement

4. Perbanyak baca

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Untuk bisa mengembangkan kualitas diri kamu, cara termudah yang dapat dilakukan adalah belajar. Dari sekarang, mulailah penuhi waktu luang kamu dengan membaca buku. Setiap bulannya, pastikan kamu punya target buku yang ingin dibeli. Buku adalah gudang ilmu yang mana semua ilmu kehidupan bisa kamu temukan dengan mudah disana.

5. Ciptakan value

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan kualitas diri. Yaitu memiliki wawasan luas yang bernilai dan berani mencoba hal tersebut. Semakin banyak wawasan dan nilai-nilai yang dimiliki, semakin banyak ide fantastis yang bermunculan. 

Ide yang dimaksud disini tidak harus selalu menciptakan hal yang baru. Disini kamu bisa melakukan improve hal-hal yang sudah ada untuk menjadi lebih baik. Selain itu, jangan pernah takut untuk mencoba. Jika kamu gagal, jadikanlah kesalahan ini sebagai salah satu proses pembelajaran diri. 

6. Jangan yang penting selesai

Photo by Gettyimages

Photo by Gettyimages via http://www.gettyimages.com

Mulai dari sekarang, hindari penggunaan kata-kata ‘yang penting selesai’. Tidak semua hal berkualitas bisa kamu selesaikan dengan pemikiran seperti itu. Sebaliknya, lakukan dengan bertanggung jawab, penuh komitmen, dan tuntas. Nikmati semua proses yang ada. Dan kejarlah kesempurnaan karya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saat kata menari-nari dalam benak, itu tanda Tuhan ingin agar engkau menuliskannya ツ

CLOSE