Peran ibu dalam kehidupan anaknya sangatlah besar dan kompleks. Bayangkan saja ibu merupakan sosok yang berada di samping anaknya sejak bayi hingga beranjak dewasa. Dalam menjalankan peran dan tugasnya tersebut, seorang ibu kerap kali berselisih dengan anaknya dalam banyak hal. Hal tersebut dikarenakan perbedaan pemikiran dan kemauan dari masing-masing pihak.

Anak yang bertumbuh remaja biasanya memiliki tingkat egosentris yang cukup tinggi yang suka memaksakan kehendak termasuk terhadap ibunya. Seorang ibu biasanya memiliki intuisi terhadap beberapa hal yang dirasa tidak baik atau baik untuk anaknya, sehingga kebanyakan dari para ibu memiliki sifat yang konservatif terutama untuk pergaulan anaknya.

Dalam masa transisi tersebut, biasanya sering terjadi konflik antara ibu dan anaknya, yang membuat sang anak kerap kali berfikir seandainya sang ibu tidak ada. Pemikiran tersebut biasanya terlintas pada anak yang memasuki usia remaja karena memiliki pemikiran yang masih labil.

Namun terdapat beberapa hal yang tidak akan kita rasakan apabila sosok ibu benar-benar sudah tidak ada lagi di samping kita yang tentunya membuat kita menyesal dan berfikir untuk memutar waktu. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai beberapa hal yang akan terjadi ketika seorang ibu tidak ada lagi di samping kita.

1. Saat masalah datang silih berganti, kehadiran sosok ibu pasti kamu rindukan pertama kali

Kehadiran sosok ibu

Kehadiran sosok ibu via https://unsplash.com

Seiring dengan bertambahnya usia, maka semakin bertambah pula masalah yang akan dihadapi baik dalam hal pekerjaan, asmara, maupun kesehatan. Untuk melewati dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut, biasanya seseorang membutuhkan sosok yang mampu menenangkan dan menyemangati untuk menyelesaikan semua masalah yang menghampiri yaitu sosok ibu.

Advertisement

Bercerita dan meminta solusi mungkin dapat kita lakukan terhadap orang terdekat kita lainnya seperti teman atau suami. Namun, feedback dan masukan dari orang lain atas masalah yang kita alami tak akan memiliki ketulusan yang sama dengan yang diberikan oleh ibu.

2. Bukan hanya kasih sayangnya saat kamu sakit, tapi segenap perhatian dan caranya merawatmu hingga pulih

Saat sakit hanya ibu yang selalu setia menemani

Saat sakit hanya ibu yang selalu setia menemani via https://unsplash.com

Terdapat pepatah bahwa orang yang benar-benar peduli dan menyayangi kita akan terlihat ketika kita dalam masalah atau sedang jatuh sakit. Pada saat kecil orang yang selalu merawat dan menjaga anaknya dengan sepenuh hati ketika sakit adalah ibu.

Namun setelah kita beranjak dewasa dan memutuskan untuk merantau, maka kasih sayang ibu tidak akan kita rasakan ketika sakit. Kita dituntut untuk mandiri dan merawat diri kita sendiri

3. Kecekatan ibu dalam menjaga kerapian dan kebersihan rumah, jelas membantumu tinggal nyaman di sana

Sentuhan ajaib tangan ibu di rumah

Sentuhan ajaib tangan ibu di rumah via https://unsplash.com

Advertisement

Salah satu tugas dan kewajiban seorang ibu adalah merawat dan membersihkan tempat tinggal atau rumah setiap hari. Maka tidak heran setiap kali kita pulang, kita akan melihat rumah dalam keadaan bersih dan rapi. Bayangkan saja jika sehari saja ibu kita tidak ada, maka rumah akan dalam keadaan berantakan dan tak terurus.

4. Tak ada lagi sambutan hangat dengan secangkir kopi atau camilan buatannya setiap kali kamu pulang ke rumah

Minum teh bersama ibu

Minum teh bersama ibu via https://unsplash.com

Rumah adalah tempat di mana berkumpulnya orang-orang yang saling menyayangi dan melindungi satu sama lain, yang tak lain adalah keluarga. Maka dari itu, tidak semua tempat tinggal dapat dinamakan rumah, meskipun dapat melindungi dari panas matahari maupun hujan. Salah satu penghuni rumah yang mampu memberikan kasih sayang kepada kita adalah sosok ibu.

Salah satu bentuk kasih sayang ibu ditunjukan dengan selalu menyambut dan menyapa anaknya ketika lelah setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Tak jarang ibu juga langsung menyuguhkan segelas kopi atau teh hangat agar penat kita segera sirna.

Bayangkan saja apabila sosok ibu benar-benar tidak ada, maka kita tidak akan dapat merasakan hangatnya sapaan dan kenikmatan secangkir kopi buatan ibu.

5. Tidak ada lagi suara ibu di ujung telepon atau di setiap sudut rumah yang bisa menghapus kerinduan

suara ibu

suara ibu via https://unsplash.com

Bagi kita yang merantau, tentu akan selalu rindu dengan orang tua dirumah, seringkali untuk mengobatinya yaitu dengan menelepon atau video call. Namun biasanya suara ibu yang selalu ingin didengarkan sekarang sudah tidak ada.

Dulu ketika ibu masih ada, suaranya mampu menenangkan disaat ada masalah kerjaan. Cerita ibu tentang masakannya yang asin atau kurang pedas mampu membuat kita tertawa. Curhat beliau tentang kegelisahannya membuat kita ingin segera membahagiakan orang tua

6. Dekapan ibu dalam segala kondisi dan situasi, jelas jadi hal yang paling dirindukan

Dekapan Ibu

Dekapan Ibu via https://unsplash.com

Ibu yang selalu mengerti perasaan kita, siap menampung keluh kesah kita disaat kita sedih tidak akan pernah kita rasakan kembali. Ibu yang mau mendengarkan kita curhat, yang siap memberikan pencerahan ketika orang lain tak ada yang peka kini semua itu hanyalah angan belaka yang tidak pernah terwujud.

Untuk kalian yang masih memiliki orang tua lengkap, sayangilah mereka. Cintai mereka sepenuh hati, jangan membantah, jangan mengeluh jika diperintah. Jika kalian bekerja, bahagiakan sebisa kalian.

Orang tua tidak pernah menginginkan harta kita, ibu tidak menginginkan uang pemberian kita. Mereka hanya ingin melihat anak-anaknya bahagia dengan hasil kerja kerasnya. Mereka ingin melihat anaknya bisa memiliki masa depan yang cerah. Bahagiakan kedua orang tua kita sebelum mereka kembali pada Tuhan.

Itulah sedikit ulasan mengenai hal-hal yang akan terjadi apabila ibu tidak ada. Semoga artikel ini dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menyayangi dan menjaga ibu selagi masih ada. Terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya