6 Hal yang Bakal Dikangenin Fan Sepakbola di Masa Pandemi Corona

Fan Sepakbola

Dua bulan lalu, teriakan “goaaal!” baru saja menggema di berbagai stadion di Indonesia. Atribut-atribut yang lama terpajang di lemari mulai dikenakan. Tak sedikit yang sudah mempersiapkan tabungan untuk berburu jersey original tim kesayangannya. Yap, tepat awal Maret, Liga 1 2020 meniupkan pluit pertamanya.

Tentu saja ini menjadi momen yang paling ditunggu bagi pecinta sepakbola di tanah air. Mereka berbondong-bondong ke stadion dan menyatu dalam kecerian yang sudah lama hampir tidak dirasakan sejak berakhirnya liga 1 di musim lalu. Namun sayang belum lama berselang negeri ini kedatangan tamu yang tak diharapkan. Negeri ini kedatangan virus mematikan bernama Corona atau COVID-19.

Virus ini berimbas pada banyak hal, seperti ditiadakannya pertandingan sepakbola di berbagai negara termasuk Indonesia. Sebagai virus yang mudah menyebar dari satu manusia ke manusia lainnya, maka berbagai kegiatan yang mampu mengumpulkan banyak orang di satu tempat tidak boleh dilakukan untuk mencegah penularan. Mengingat sepakbola adalah salah satu olahraga yang popular dan dicintai berbagai kalangan, pastinya setiap pertandingan dapat mengundang banyak orang ke stadion.  

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya penularan maka pertandingan sepakbola tidak boleh digelar di masa pandemi ini. Demi kebaikan bersama, para pecinta sepakbola harus puasa sepakbola sampai virus Corona benar-benar tiada. Pastinya kondisi ini bakal bikin bete, karena aktivitas penuh ceria yang dimunculkan dari sepakbola harus ditunda sementara waktu. Tapi gak apa-apa, kita harus menabung rindu, setidaknya untuk enam hal ini.

Advertisement

1. Bernyanyi dan Menari di Tribun Stadion

Fan Timnas memberikan dukungan di stadion

Fan Timnas memberikan dukungan di stadion via http://striker.id

Saat pertandingan sepakbola berlangsung, sudah pasti tujuan kita datang ke stadion demi mendukung tim kebanggaan lewat nyanyian dan tarian penuh semangat. Kita bebas teriak sekencangnya karena memang stadion selalu jadi tempat paling nyaman untuk berkreasi bagi para fan sepakbola.

Apalagi kalau suporter lawan bertandang ke stadion tim kebanggaan kita, adu lantang suara dukungan pasti semakin membuat stadion bergemuruh. Pemandangan ini tidak bisa kita temui di masa pandemi ini. Kursi-kursi tirbun kosong dan tak ada lagi suara teriakan kala penyerang favorit kita berhasil menggetarkan gawang lawan.

Advertisement

2. Kuliner Khas di Sekitar Stadion yang Ngangenin

Lunpia Surabaya disantap di stadion

Lunpia Surabaya disantap di stadion via http://picuki.com

Percaya gak percaya, bagi sebagian fan sepakbola, berburu kuliner jadi agenda wajib kala ke stadion. Ada yang bilang sih isi tenaga biar ketika masuk tribun semangatnya bisa makin bergelora. Tidak jarang juga adanya jajanan khas di stadion bagi banyak fan sepakbola bikin setiap obrolan bareng teman-teman saat menanti waktu kick-off tiba jadi hal yang punya kesan tersendiri.

Satu bungkus makanan disantap di depan stadion dan ditemani obrolan penuh canda harus ditunda untuk sementara waktu. Saat ini lebih baik menikmati kuliner di rumah bersama keluarga demi kesehatan dan keselamatan kita semua.

3. Awayday ke Kandang Lawan Padahal Ingin Jalan-Jalan Keluar Kota

Advertisement
Awayday pendukung timnas

Awayday pendukung timnas via http://garudaisme.com

Bagi fan fanatik sepakbola, kurang lengkap rasanya kalau tidak mengawal tim kebanggaan berjuang di kota orang. Meski sebenarnya terdengar klise karena banyak juga yang menjadikan awayday sekadar ajang jalan-jalan alias wisata sepakbola. Awayday ini bisa jadi cerita manis untuk diceritakan kepada keluarga di rumah.

Nyanyi bareng, tertawa bareng, dan segala keseruan yang dilakukan bersama-sama saat di bus, di rest area, bahkan hingga di dalam stadion bisa jadi kenangan yang sulit dilupakan. Apalagi gak jarang bagi para fan sepakbola yang melakukan awayday, mereka justru mendapat jodoh dari suporter tim lawan. Seru banget bukan?

4. Nobar Bola di Kafe Sembari Begadang

Fan Sepakbola Nobar Premier League

Fan Sepakbola Nobar Premier League via http://sport.detik.com

Kita bisa cek kalender teman-teman kita yang suka sepakbola, pasti banyak yang sudah melingkari kalendernya dengan jadwal pertandingan-pertandingan besar tim Eropa di UEFA Champions League. Ada juga yang menjadikannya sebagai wallpaper HP supaya tidak kelewatan jadwal nobar.

Bahkan bisa jadi ada yang sudah membuat rencana jauh-jauh hari untuk nobar bareng orang spesial. Tapi apadaya bukannya pertandingan sepakbola yang disaksikan di televisi, yang ada hanya berita tentang corona. Sementara kegiatan nobarnya ditunda dulu ya teman-teman.

5. Ngevlog di Stadion

Presiden Jokowi ngevlog di GBK

Presiden Jokowi ngevlog di GBK via http://liputan6.com

Gak sedikit Youtuber yang mendadak jadi fan sepakbola atau sebaliknya, gak sedikit fan sepakbola yang akhirnya menjadi Youtuber karena bikin konten di stadion itu dijamin seru. Beragam wajah dan ekspresi dari yang usianya muda hingga yang sudah tidak muda, membuat konten vlog kita di stadion jadi menarik. Biasanya buat yang gak sempet ke stadion, konten-konten dari para vloger bola ini selalu diburu seusai pertandingan.

Ya demi biar bisa ngerasain keseruan di stadion dengan menonton vlog para Youtuber Bola ini bikin mereka yang gak sempet ke stadion hilang rasa penasarannya. Namun sekarang gak hanya Youtuber bola, hampir banyak youtuber lainnya membuat konten #dirumahaja saat masa pandemi ini. Nanti kalau Corona sudah pergi, kita ngevlog lagi di stadion, yuk!

6. Berburu Tanda-Tangan Pemain Idola

Fan sepakbola cilik meminta tanda-tangan pemain Persija

Fan sepakbola cilik meminta tanda-tangan pemain Persija via http://jakarta.tribunnews.com

Berhubung Liga 1 baru memainkan laga di pekan-pekan awal, jadi kebiasaan berburu tanda-tangan jadi hal yang juga dinantikan banyak fan sepakbola. Di musim yang baru banyak perpindahan pemain, termasuk pemain bintang yang sudah lama kita idolakan akhirnya bisa berseragam tim kebanggaan kita. Ditambah jersey original di musim baru rasanya kurang lengkap kalau tidak dibubuhi tanda-tangan pemain idola kita yang namanya terpajang di balik jersey.

Tidak adanya agenda latihan maupun pertandingan, membuat kesempatan berburu tanda-tangan itu menjadi sirna. Tapi mungkin setelah Corona berakhir, tidak hanya jersey saja, mungkin atribut lain dari fan sepakbola sudah dipersiapkan saat pertandingan sepakbola kembali digelar dan bisa bertemu pemain kesayangan mereka untuk meminta tanda-tangan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Ilmu Politik yang gemar menari di tribun

CLOSE